Jumat, 25 September 2009

Add Images to any RSS Feed

Add Images to any RSS Feed


Macam-Macam Penggurih Alami

Posted: 25 Sep 2009 02:11 AM PDT

PENGGURIH merupakan salah satu bumbu yang penting untuk membuat masakan menjadi sedap, baik aroma maupun rasanya.

Sering kita jumpai penggurih masakan olahan, namun sebenarnya ada banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan dan diracik menjadi penggurih, misalnya:

1. Gula pasir

Rasa manis pada gula dicampur dengan garam yang asin -bila porsi timbangannya seimbang- bakal menimbulkan rasa gurih yang sangat baik. Juga memberikan after taste yang sangat melekat dan tidak mempunyai banyak akibat sampingan seperti haus, pusing, migrain, sakit perut, jantung berdebar, dan lain-lain.

2. Bawang putih

Apabila kita menumis bawang putih dengan baik hingga kekuningan, kemudian kita memasukkan air sedikit, niscaya bawang putih itu bisa mengeluarkan aroma serta rasa yang sangat sedap bahkan gurih. Setelah itu, baru kita masukkan bahan masakan yang lain.

3. Ebi

Udang kering juga bisa punya andil menggurihkan masakan jika digunakan secara tepat dan tidak berlebihan, setelah rasa asinnya dihilangkan terlebih dahulu. Cara menghilangkan rasa asin itu adalah dengan direndam, ditiriskan, lalu dijemur. Kemudian disangan dengan api kecil hingga menimbulkan aroma gurih, lalu dihaluskan dan dicampur dengan bumbu yang halus.

4. Udang basah

Udang basah bisa digunakan untuk menggurihkan masakan, dengan cara dihaluskan dengan bumbu dan ditumis. Masakan berbahan udang basah hanya akan mengeluarkan rasa gurih jika bumbunya ditumis terlebih dahulu.

5. Terasi

Terasi paling tepat digunakan untuk masakan yang tidak mempunyai kuah. Contohnya sambal atau jenis tumis-tumisan.

(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

Tidak ada komentar: