Selasa, 15 September 2009

“Kedelai dan Khasiatnya” plus 1 more

“Kedelai dan Khasiatnya” plus 1 more


Kedelai dan Khasiatnya

Posted: 15 Sep 2009 01:16 AM PDT

KEDELAI, merupakan tanaman pangan berupa semak yang tumbuh tegak. Di Indonesia, kedelai di budidayakan sejak abad ke-17 sebagai tanaman makanan dan pupuk hijau. Kacang kedelai dianggap sebagai salah satu sumber protein nabati yang paling baik.

Selain kandungan proteinnya yang cukup tinggi (35 persen), mutu protein kedelai juga cukup baik karena mengandung semua jenis asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Hasil olahan kacang kedelai berupa tempe, tahu, tauco, dan kecap mendapat kedudukan penting dalam menu makanan Indonesia. Berikut beberapa jenis kedelai dengan beragam khasiatnya:

1. Kedelai kuning adalah kedelai yang kulitnya berwarna kuning, putih, atau hijau. Apabila dipotong melintang akan memperlihatkan warna kuning pada irisan keping bijinya. Kedelai kuning biasanya dijadikan tempe.

2. Kedelai hitam adalah yang kulit bijinya berwarna hitam. Kedelai hitam mengandung antisianin. Antisianin sangat potensial untuk mencegah proses oksidasi yang terjadi secara dini dan menimbulkan penyakit degeneratif.

3. Kedelai hijau, adalah kedelai yang kulit bijinya berwarna hijau. Apabila dipotong melintang memperlihatkan warna hijau pada irisan keping bijinya. Banyak dijadikan sebagai minuman susu kedelai yang bisa menyehatkan kulit.(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beef Ngohiong Empuk dan Gurih

Posted: 15 Sep 2009 01:12 AM PDT

MASIH mengusung konsep hidangan Chinese Sichuan, restoran Lemon Kitchen memperkenalkan menu-menu teranyar yang lezat.

Salah satunya sajian daging sapi berlumur saus ngohiong yang menggoyang lidah. Saat pertama kali mengunjungi Lemon Kitchen setahun silam, Seputar Indonesia (SI) terkesan dengan nuansa homy restoran yang berlokasi di kawasan Tebet Barat I, Jakarta Selatan, itu.

Interior bergaya modern minimalis, sedikit aksen polkadot, serta dominasi warna ungu dan merah tua membawa suasana teduh dan santai. Kini, restoran semi fine dining itu telah dilengkapi dengan mini lounge, reading corner, dan ruangan private meeting yang dapat menampung 12-15 orang.

Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung juga bisa melakukan browsing ataupun sekadar mengecek e-mail melalui sebuah komputer dengan fasilitas internet yang memang disediakan khusus untuk tamu restoran. Kemajuan tak hanya dalam hal kelengkapan interior.

Kepala Operasional Lemon Kitchen Camelia bersama tim dapur Lemon Kitchen pun rajin bereksperimen untuk menghasilkan menu-menu baru yang inovatif. Adapun konsep menunya tetap berkiblat pada menu-menu oriental fusion, utamanya hidangan Chinese Sichuan yang dikenal pedas.

"Kami berupaya membuat menu modifikasi yang 'beda' dan tidak ditemui di tempat lain. Misalnya udang telur asin mungkin sudah biasa, tapi di sini dibuat beda dengan kulit udang sehingga lebih renyah. Atau, kami mengkreasikan kurma yang di dalamnya berisi keju," tutur wanita yang akrab disapa Amel itu.

Pada bulan Ramadan seperti saat ini, orang cenderung menaruh perhatian lebih terhadap makanan dan minuman. Amel pun menganggapnya sebagai momentum tepat untuk memperkenalkan menumenu baru yang menggoda selera.

Salah satu yang terbaru adalah menu beef ngohiong. Menu ini mungkin penampakannya mirip semur daging sapi biasa, namun siraman saus ngohiong-lah yang membedakannya. Benar-benar perpaduan yang pas antara empuknya daging sapi tenderloin dengan rasa manis cenderung gurih dari saus ngohiong.

Menurut Amel, saus ngohiong kental dengan warna kecokelatan ini diolah dari campuran rempah yang biasa digunakan dalam Chinese food.

Nah, mengingat pengunjung rata-rata menyukai menu paket yang dianggap praktis, selama Ramadan ini Lemon Kitchen juga menyediakan dua set menu Ramadan dengan harga Rp35.000-Rp39.000 (belum termasuk pajak). Menu tersebut meliputi sajian pembuka teh hangat dan kolak, serta dua pilihan menu utama, yakni beef ngohiong dengan nasi putih atau ayam sechuan dengan nasi putih. Tak lupa air mineral sebagai penghilang dahaga.

"Walaupun sebagian besar menu disajikan ala carte (satuan), kami juga menyediakan prasmanan yang bisa diatur sesuai pesanan," kata Amel.

Lebih lanjut wanita berkulit putih itu mengungkapkan asal mula pemberian nama Lemon Kitchen. Menurut dia, lemon identik dengan kesegaran, tampilannya juga terlihat eye catching.

"Sebagai ciri khas, semua menu makanan diberi hiasan irisan jeruk lemon, begitu pun dengan minuman. Beberapa bahan seperti mayones juga diberi perasan lemon," tuturnya. (Koran SI/Koran SI/nsa)




image

Tidak ada komentar: