Jumat, 18 September 2009

“Manfaat Warna Buah dan Sayuran” plus 1 more

“Manfaat Warna Buah dan Sayuran” plus 1 more


Manfaat Warna Buah dan Sayuran

Posted: 18 Sep 2009 12:39 AM PDT

BUAH dan sayuran dengan warna-warna yang menggoda tak hanya enak dijadikan camilan sehat. Namun, warna-warma buah pun memiliki kandungan penting untuk kesehatan. Apa saja?


Buah warna jingga


Contohnya buah melon jingga, pepaya, dan jeruk. Zat yang terkandung: betakaroten untuk mencegah penuaan sel (radikal bebas).

Betakaroten dalam tubuh berubah menjadi vitamin A untuk kekebalan tubuh. Vitamin A bagus untuk kesehatan mata.

Buah warna merah

Contohnya stroberi, tomat, jambu biji merah, dan semangka. Zat yang terkandung: antosianin untuk mencegah infeksi dan kanker kantung kemih. Juga zat likopen untuk menghambat kemunduran fungsi fisik dan mental, mencegah pikun, serta bermacammacam kanker.

Sayur warna merah

Contohnya terung, kol merah, dan bayam merah. Zat yang terkandung: pigmen merahnya mengandung flavonoid sebagai antikanker. Warna merah pada kol merah mengandung fitokimia dan vitamin C dua kali lebih banyak dari kol putih.

Buah warna kuning

Contohnya belimbing, nanas, dan pisang. Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan jantung koroner. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.

Warna buah hijau

Contohnya melon, alpukat, dan anggur hijau. Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang ampuh menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah, sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B kompleks.

Selain itu, juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan seratnya. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik. Contoh sayur berwarna hijau adalah bayam, sawi, brokoli, dan daun singkong.(Koran SI/Koran SI/nsa)


image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menu Komplet Ketupat Lebaran

Posted: 18 Sep 2009 12:35 AM PDT

LEBARAN kurang lengkap tanpa hadirnya ketupat dan opor ayam di meja makan. Tak hanya di rumahrumah, restoran di hotel pun menawarkan menu lengkap khas Lebaran. Lebaran sudah di depan mata.

Beragam persiapan menyambut hari kemenangan pun dilakukan, tak terkecuali di sejumlah restoran yang berlokasi di hotel. Selain menyediakan menu prasmanan reguler, umumnya terdapat tambahan menu khas Lebaran, seperti ketupat dan opor ayam. Sebut saja Restoran Kafe Teluk Jakarta (KTJ) yang berlokasi di Hotel Santika Premiere Jakarta.

Turut memeriahkan Lebaran, restoran yang terletak di mezanin floor hotel ini menawarkan sajian ketupat beserta beberapa item menu pelengkapnya. Mulai opor ayam, sambal goreng kentang, semur daging, godog labu siam, hingga telur balado.

"Saat Lebaran, menu ketupat dan opor ayam paling banyak dicari para tamu hotel," sebut Sous Chef KTJ Jajang Sumpena.

Opor ayam merupakan menu berkuah (biasanya kuah santan) dengan isi daging ayam dan bumbu rempah seperti bawang, ketumbar, lengkuas, kemiri, merica, dan jahe. Menu ini sangat identik sebagai pendamping menyantap ketupat saat Lebaran.

Untuk daging ayamnya, Jajang memilih ayam jantan tanpa tulang yang dagingnya dianggap lebih padat (tidak lembek). Selain opor ayam, godog labu siam juga cocok dipadankan dengan ketupat Lebaran. Selain labu, kacang panjang, dan tempe, penambahan ebi giling (sejenis udang kering) menyumbang rasa gurih tersendiri. Sajian sambal goreng kentang, juga tidak kalah menggoda.

Selain bahan utama kentang yang dipotong kotak dan digoreng, biasanya menu favorit ini dibauri potongan daging ataupun hati sapi. Sebagai hiasan, Jajang menambahkan ercis, sejenis kacang kapri.

"Daging untuk campuran kentang direbus dulu, lalu digoreng sebentar sebelum dicampurkan ke dalam kentang," imbuhnya.

Beranjak ke menu balado, Jajang menawarkan telur balado yang bisa diolah dengan bumbu balado kering ataupun basah. Selain telur, bumbu balado kering juga cocok dicampurkan bersama teri pakang, teri jambrong, dan keripik.(Koran SI/Koran SI/nsa)


image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: