Selasa, 29 September 2009

“Membuat Puding” plus 1 more

“Membuat Puding” plus 1 more


Membuat Puding

Posted: 29 Sep 2009 01:01 AM PDT

BENTUKNYA yang menarik dan rasanya yang segar, tentu membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinya. Demikian pula untuk membuatnya. Berikut tip membuat puding agar puding yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

1. Sebelum dipakai, wadah untuk puding sebaiknya dibasahi dulu dengan air matang, agar puding mudah lepas dari wadahnya.

2. Rebus air, gula, dan agar-agar sekaligus. Memasukkan agar-agar bubuk saat air sedang panas, akan membuat puding menggumpal.

3. Jika campuran puding berupa jus buah, sebaiknya jus dicampur setelah agar-agar mendidih. Jika jus buah dimasak bersama agar-agar bubuk, hasilnya puding tidak akan mengeras.

4. Jika campuran puding terdiri dari susu dan air koktail, masaklah susu lebih dulu dengan agar-agar bubuk sampai mendidih, kemudian baru campurkan air koktailnya. Kalau air koktail dicampur sejak awal, susu akan pecah.

5. Jika menggunakan kuning telur, sebaiknya tidak dimasak bersamaan dengan agar-agar karena kuning telur akan matang dan menimbulkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit agar-agar panas, aduk hingga rata, baru dicampur ke agar-agar mendidih.

6. Bila campurannya putih telur, kocok dulu hingga kaku, baru dicampurkan ke agar-agar yang sudah tidak terlalu panas. Dengan demikian, agar-agar dan putih telur akan tercampur rata.

7. Agar-agar yang terlanjur mengeras sebelum dipakai bisa dicairkan kembali dengan jalan di tim. Atau di masak ulang dengan tambahan sedikit air matang dan aduk sampai mencair kembali. (Koran SI/Koran SI/nsa)




image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puding Manis yang Unik

Posted: 29 Sep 2009 12:29 AM PDT

PUDING bagi masyarakat modern dikonsumsi sebagai pencuci mulut usai bersantap. Rasanya yang manis dan bisa dikombinasikan dengan aneka buah juga roti, membuat puding menjadi salah satu hidangan penutup yang paling digemari.

Berbagai macam puding sekarang sudah bisa dinikmati dengan mudah. Bukan hanya di restoran mewah saja, di kafe ataupun di tempat-tempat umum, seperti di mal, puding bahkan bisa dipesan untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga.

Puding kemudian menjadi semakin familier di keluarga Indonesia. Selain rasanya yang menyegarkan, puding juga disajikan dengan presentasi yang sangat menarik.

Puding cokelat misalnya, dengan menggunakan cetakan sesuai selera, puding bisa dibentuk menyerupai binatang seperti ikan, bunga seperti melati hingga bisa dicetak dengan bentuk hati, yang melambangkan cinta dan kasih sayang. Tambahan vla yang identik dengan warna krem keputih-putihan, membuat puding cokelat menjadi salah satu puding favorit banyak orang. Selain puding cokelat, ada pula puding yang terbuat dari buah pisang.

Puding itu dikenal dengan nama banana pudding atau puding pisang. Puding ini memiliki rasa khas ala buah pisang, karena memang bahan bakunya didominasi oleh pisang. Sedangkan untuk topping-nya bisa menggunakan buah seperti stroberi, blueberry atau redberry. Sehingga tampilannya benar-benar menarik dan mengundang selera untuk segera mencicipinya.

Walaupun bisa langsung dikonsumsi setelah selesai dibuat, namun puding akan sangat segar jika dikonsumsi dalam keadaan dingin.

"Tekstur puding biasanya sangat lembut. Selain bisa dikonsumsi sebagai hidangan penutup, puding juga bisa dimakan pada sore hari ketika bersantai bersama keluarga," kata Executive Chef Pudding Special Outlet, Irwan Hamid dihubungi beberapa waktu lalu.

Bagi mereka yang sangat menyukai buah mangga, tidak usah khawatir. Karena buah mangga pun bisa diolah menjadi sebuah puding yang enak dan menyegarkan. Mangga yang biasa digunakan untuk puding adalah buah mangga yang benar-benar manis dan sangat matang.

"Biasanya kita menggunakan mangga arum manis. Selain rasa mangganya lebih manis, warna kuningnya juga sangat menarik. Kalau warnanya menjadi agak pucat, bisa kita tambahkan pewarna makanan yang sehat," katanya lagi.

Selain terbuat dari aneka buah-buahan, menurut chef berpengalaman internasional tersebut, puding juga dibuat dengan menggunakan roti tawar sebagai bahan utamanya. Caranya tentu saja roti dihancurkan terlebih dahulu dengan blender agar puding yang dihasilkan teksturnya lembut.

"Membuat puding itu sangat unik. Selain mengutamakan rasa, yang penting lagi adalah bagaimana memunculkan sisi keindahan sebuah presentasi puding. Itu membutuhkan kreativitas yang tinggi," terang chef yang pernah bekerja di Timur Tengah tersebut.

Menurutnya lagi, pada zaman dulu, puding hanya dikenal di kalangan bangsawan dan keluarga kerajaan di Eropa. Namun seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, puding bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja.

"Puding bagus bagi mereka yang sehat, juga baik dikonsumsi oleh mereka yang sakit. Itu karena puding sangat bagus untuk pencernaan," tambahnya.

Untuk mendapatkan puding yang nikmat, menurut Irwan, bahan-bahan yang digunakan haruslah bahan yang berkualitas tinggi. Karena akan mempengaruhi rasa puding secara keseluruhan.

"Puding mangga misalnya, jika mangga yang digunakan adalah mangga yang agak asam, maka puding yang dihasilkan asam, walaupun telah ditambah gula atau susu," katanya menerangkan.

Agar kualitas puding benar-benar terjaga, Irwan mengatakan tidak ada salahnya jika mencicipi rasa mangga terlebih dahulu sebelum menjadikannya puding.

"Belum tentu mangga yang bentuknya bagus, matangnya sempurna memiliki rasa yang manis. Sebaiknya buah untuk puding dicoba dulu sedikit untuk mengetahui rasanya," tutur dia.

Jika sudah dipastikan kalau buah tersebut manis, barulah bisa dibuat menjadi puding. Demikian pula dengan susu. Menurut dia, gunakanlah susu yang tidak terlalu manis untuk puding. Karena jika terlalu manis puding akan cepat membuat orang bosan.

"Puding terbaik adalah dengan rasa yang tidak terlalu manis karena biasanya dimakan bersama vla yang sudah manis," terangnya.(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: