Rabu, 21 Oktober 2009

Add Images to any RSS Feed

Add Images to any RSS Feed


Percantik Nasi Tumpeng Anda

Posted: 20 Oct 2009 10:40 PM PDT

JIKA Anda ingin membuat nasi tumpeng, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Bahan utama: beras. Sebaiknya pilih beras yang pulen dan dicampur dengan beras ketan. Perbandingannya 10:1. Mengolahnya sama saja seperti menanak nasi pada umumnya. Untuk membuat tumpeng nasi kuning, bahannya sama, hanya ditambah kunyit, air jeruk nipis, dan santan. Agar nasi kuning berwarna menarik, bakar dulu kunyitnya, kupas lalu parut, dan campur dengan santan. Setelah nasi diaron dengan santan, baru campurkan air jeruk nipis agar nasinya berkilat. Langkah berikutinya, setelah nasi kuning tumpeng matang dan masih panas, langsung cetak dalam cetakan tumpeng (kerucut) sambil ditekan-tekan sampai padat.

2. Wadah atau alat saji untuk nasi kuning tumpeng sebaiknya dipilih yang permukaannya lebar dan datar karena di atasnya akan diberi masakan nasi kerucut dengan lauk-pauknya. Misalnya tampah.

3. Untuk dasar tampah, umumnya dialasi daun pisang atau janur. Di sisi tampah bisa diberi hiasan kacang panjang atau lipatan daun pisang dengan aneka bentuk seperti segitiga. Tambahkan juga hiasan bunga atau binatang yang terbuat dari wortel, lobak, bengkuang, mentimun, tomat, kelapa, labu parang, atau cabai untuk mempercantik tumpeng.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: