Kamis, 01 Oktober 2009

“Membuat Dessert Sehat” plus 2 more

“Membuat Dessert Sehat” plus 2 more


Membuat Dessert Sehat

Posted: 01 Oct 2009 03:03 AM PDT

KUE-KUE ataupun dessert yang terlalu manis menjadi pantangan bagi mereka yang mengidap suatu penyakit, semisal diabetes.

Lantas, bagaimana menyiasati masakan manis agar tetap sehat? Simak beberapa tip berikut:

1. Tambahkan sirup maple, madu, kayu manis, kurma, dan kismis pada dessert yang kurang manis. Kalau kurang asin, tambahkan keju atau sedikit keripik kentang panggang.

2. Sebaliknya, jika Anda mendapati dessert yang terlalu manis, cobalah tambahkan perasan jeruk lemon, yoghurt tawar, susu, atau bubuk kopi. Jika sirup, gula, ataupun selai terlalu manis, cobalah mengoleskan margarin pada roti bakar atau pancake yang hendak Anda santap.

3. Pilihlah minuman rendah gula seperti jus buah segar, jus lemon, minuman jahe, dan yoghurt.

4. Tempatkan makanan sesuai temperatur yang aman. Jangan biarkan bahan makanan terpapar suhu berlebih lebih dari dua jam.(Koran SI/Koran SI/nsa)


image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kolaborasi Anggur dan Keju

Posted: 01 Oct 2009 03:00 AM PDT

WINE kurang terasa nikmat bila dinikmati tanpa ada pendamping makanan. Menikmati wine tidak hanya bersama cokelat atau roti, bisa juga dengan sepotong keju.

Perpaduan keju bercita rasa gurih bercampur wine berasa manis hingga asam akan menghadirkan sensasi rasa baru. Godaan rasanya yang gurih, aroma khas, dan rasa yang lembut menjadikan keju selalu dicari penggemarnya. Sama dengan wine, keju juga memiliki tekstur yang unik. Belum lagi kandungan nutrisinya, mulai dari protein, vitamin, kalsium, zat besi, kalori dan lemak.

Di luar negeri sudah menjadi hal yang biasa menikmati keju bersama wine. Keju itu cocok dimakan sembari minum anggur pada acara kasual petang hari. Sedangkan di Indonesia, menikmati keju bersama minuman anggur masih termasuk budaya baru. Wine dan cheese merupakan suatu pelengkap untuk menikmati waktu senggang.

Daripada menikmati wine dengan makanan yang berat seperti spageti atau pasta, lebih baik dinikmati bersama camilan seperti keju. Seperti halnya wine, keju juga mempunyai jenis yang beragam. Memadupadankan wine dengan keju tertentu merupakan pekerjaan yang menyenangkan.

Hasil dari keharmonisan tersebut akan tercipta sensasi rasa baru. Misalnya, keju parmigiano-reggiano atau lebih dikenal sebagai keju parmesan.

Keju asli Italia itu termasuk hard cheese. Aromanya sangat tajam dan cocok disandingkan dengan red wine. Atau brie, keju lunak yang berasal dari Prancis. Keju dengan tekstur lunak, lembut, dan beraroma netral ini juga bisa dinikmati bersama red wine.(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelezatan Kue Keju

Posted: 01 Oct 2009 02:37 AM PDT

SEPOTONG cheesecake lembut nan legit,siapa tak tergoda menjilatnya. Kue keju memang senantiasa menyisakan kelezatan tiada akhir di tiap gigitannya. Cheesecake atau kue keju merupakan sejenis sajian untuk dessert yang cukup populer dan digemari.

Keju krim (cream cheese), whipped cream, telur, dan gula adalah bahan-bahan yang hampir pasti ada dalam setiap pembuatan cheesecake. Cheesecake ala Amerika umumnya menggunakan olahan keju rendah lemak semacam cream cheese. Ada pula yang menambahkan remahan biskuit untuk menambah kerenyahan rasanya. Ciri yang melekat pada satu jenis cheesecake tidak bisa disamaratakan, tergantung style yang dipakai.

Contohnya cheesecake gaya Italia dan Yunani kerap menggunakan keju jenis mascarpone yang lembut. Tak jarang, cheesecake gaya Italia yang merupakan "titisan" dari gaya Romawi juga menambahkan bahan-bahan modern seperti ekstrak vanila. Beberapa style lainnya ada juga yang mengganti gula dengan madu, atau menambahkan jus lemon dan potongan buah segar.

Dengan tetap mempertahankan keju sebagai bahan dasarnya, varian cheesecake yang berkembang saat ini kian beragam, baik rasa maupun presentasi yang dibuat seunik mungkin. Berkreasi dengan mencampur dan memadupadankan bahan-bahan adalah kunci utama dalam menciptakan jenis-jenis kue baru. Anda bisa bereksperimen dengan menambahkan unsur sirup kopi, cokelat, rum raisin, brownies, hingga campuran buah-buahan.

Tiramisu, kue laris asal Italia, juga serasi dipadukan dengan cheesecake sehingga menjadi tiramisu cheesecake yang nikmat. Ide lainnya adalah dengan menambahkan aneka selai buah, semisal selai stroberi dan blueberry. Atau, taburkan saja cocoa powder di atas potongan cheesecake sehingga terselip sedikit sensasi pahit yang akan menetralisasi rasa enek dari keju.

Selain dibuat cheesecake, keju juga kerap dimasukkan sebagai salah satu bahan ataupun filling dalam pembuatan kue bolu. Contohnya cheese pandan roll yang empuk dengan rasa manis dan gurih. Jika ingin yang sederhana, Anda juga bisa mengolah keju bersama singkong goreng. Hasilnya, camilan singkong keju yang gurih dan nikmat disantap bersama keluarga. Dari selembar keju dapat tercipta aneka kue keju. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen.

(Koran SI/Koran SI/nsa)


image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: