Selasa, 06 Oktober 2009

“Membuat Jus Berkualitas” plus 2 more

“Membuat Jus Berkualitas” plus 2 more


Membuat Jus Berkualitas

Posted: 06 Oct 2009 02:33 AM PDT

JUS dapat dibuat menggunakan blender ataupun juicer. Jus sayur dan buah sangat bermanfaat dalam memberi asupan mikronutrien, terutama vitamin A dan C sebagai antioksidan. Jus juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan selenium tinggi, yang dapat mencegah munculnya penyakit serta kerusakan dini pada sel.

Jus berfungsi pula menjaga level tekanan, sebab dia tinggi kalsium dan kalium serta rendah natrium. Agar jus yang Anda buat memberi hasil optimal, berikut tip cara membuatnya:

1. Pilih buah serta sayuran segar, dan cuci sebelum dibuat jus. Buah akan lebih baik bila direndam dengan air hangat selama lima menit. Hal ini penting diperhatikan untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan yang berasal dari mikroorganisme patogen, cemaran kimia (misalkan pestisida), maupun cemaran fisik (misalnya pasir dan debu).

2. Potong buah atau sayur menjadi bagian kecil agar proses pengolahannya lebih mudah. Jika ingin menambahkan air, pilih air yang sudah matang dan dalam keadaan suhu biasa (tidak panas). Tambahkan es batu pada jus agar jus terasa lebih segar dan lezat.

3. Sebaiknya buah yang berkulit tipis dan lekat dengan daging buah tidak dikupas kulitnya. Kulit buah mengandung serat, terutama serat yang tidak larut air (insoluble dietary fibbre/IDF). IDF berperan dalam mempersingkat waktu transit makanan di kolon, mencegah kanker kolorektal, dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Gunakan pemanis yang tepat. Untuk menambah cita rasa, tambahkan pemanis. Pemanis bisa dipilih berupa gula aren, gula kelapa, atau gula batu daripada gula pasir dan madu. Sebab, kandungan kalsium pada ketiga gula tersebut lebih tinggi. Akan tetapi, penderita kencing manis disarankan hanya mengonsumsi gula rendah kalori.

5. Simpan dalam wadah tertutup. Bila ingin menyimpan jus dalam kulkas, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup (misalnya botol) dan tidak boleh lebih dari lima jam. Hal ini dimaksudkan agar jus tetap dalam keadaan segar.

6. Tambahkan sedikit jeruk. Campur dengan sedikit jeruk (misalnya lemon, keprok, atau nipis) agar warna jus tetap cemerlang dan terasa lebih segar.

7. Buatan sendiri. Sebaiknya jus dibuat sendiri agar lebih higienis, lebih terjamin, lebih ekonomis, dan komposisi bahannya dapat dikontrol.
(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Bersahabat' dengan Pisang

Posted: 06 Oct 2009 12:41 AM PDT

DI "balik" sebuah pisang, kita bisa menemukan fakta yang mengejutkan. Selain manis dan enak, pisang juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Bagi wanita hamil, pisang cocok dikonsumsi karena di dalamnya terkandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim. Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah.

Bagi orang-orang yang senang menyetir, khususnya untuk perjalanan jarak jauh, pisang mempunyai banyak karbohidrat sehingga dapat mengenyangkan perut. Karena buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A, manfaatnya adalah tidak membuat kita mengantuk atau lelah selama perjalanan. Pada saat kembung akibat terlambat makan, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi terlebih dahulu pisang karena mudah dicerna dan diserap tubuh.

Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung. Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung. Pisang juga sangat baik dikonsumsi orang yang ingin berbuka puasa atau terlambat makan karena buah ini mudah dicerna.

Gula yang terdapat pada buah ini dapat cepat diubah menjadi zat tenaga yang baik. Pisang yang matang sangat mudah dicerna dan diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan tenaga, stamina, serta gizi dan vitamin. Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat mineral, dan vitamin.

Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan Fe (zat besi) yang baik untuk darah. Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi. Pisang mengkal dikukus dan diserut kasar, kemudian diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain.

Praktisi kuliner Rudy Choirudin pernah membuatkan contoh resep sederhananya untuk Seputar Indonesia: Empat buah pisang kepok dikukus dan dikupas. Lalu serut kasar, biarkan hingga dingin. Tumis bawang putih hingga kekuningan. ?Masukkan bahan protein (ikan, ayam, telur), bahan sayur, beri kecap, saus tomat, saus cabai, dan kecap asin. Kemudian masukkan pisang serut tadi, aduk rata. Menu siap disantap.(Koran SI/Koran SI/nsa)




image

Kreasi Jus Buah

Posted: 06 Oct 2009 12:36 AM PDT


Buah tak hanya nikmat disantap apa adanya, tetapi juga sedap ketika sudah dikemas menjadi hidangan yang agak berbeda. Anda bisa saja memadukan buah-buahan dengan sedikit air gula, susu, dan es, maka jadilah es buah. Atau Anda ingin membuat puding buah? Bisa.

Hampir tiap rumah memiliki blender, bukan? Nah, buah-buahan segar akan semakin terasa segar jika diolah menjadi jus. Berbagai jenis minuman yang terbuat dari buah dapat dijadikan penawar dahaga pada siang hari yang terik. Semisal es buah yang dikenal dengan nama es shanghai.

Es ini berisi buah semangka, melon, apel,anggur, dan alpukat yang dicampur menjadi satu. Aneka buah yang telah dipotong kecil-kecil lantas diberi siraman air kelapa, susu, dan air gula. Agar segar, bisa ditambahkan dengan es batu. Jika ingin membuat aneka jus, Anda bisa mencoba mengombinasikan buah pisang dengan stroberi.

Tambahan susu serta sedikit gula membuat jus kombinasi ini semakin menyegarkan. Bagi yang ingin membuat minuman sehat, Anda dapat membuat jus dari sayur wortel yang dicampur dengan buah apel hijau. Atau bisa pula menggunakan wortel, apel merah, jeruk, ataupun sitrus.

"Ada banyak jenis buah di negara kita.Mereka bisa dibuat menjadi aneka jenis minuman berupa jus. Jika pintar bereksplorasi, rasanya akan semakin menarik dan tentu saja menggugah selera," kata F & B Jakarta Cafe, Herman, beberapa waktu lalu.

Menurut Herman, jika ingin berkreasi lagi dengan aneka buah, Anda bisa mencoba buah-buahan lain, termasuk kiwi. Kiwi dapat dikombinasikan dengan melon dan anggur yang sudah dibuang bijinya. Dengan tambahan sedikit gula dan es saja, minuman ini sudah diminati masyarakat tanpa batasan usia.

"Kiwi akan membuat minuman itu segar karena rasanya yang asamasam manis," ujar Herman.

Buah lain yang sangat lazim dijadikan jus adalah alpukat. Buah alpukat mengandung asam lemak yang sehat, vitamin, dan mineral. Berbagai manfaat buah terbukti sangat dibutuhkan tubuh manusia. Seperti anggur, yang diyakini mampu meningkatkan energi. Sementara buah apel diketahui mengandung pektin yang berfungsi melawan lemak dan menurunkan kolesterol. Seratnya dapat membantu proses pencernaan.

Bagi penggemar pisang, selain biasa dikonsumsi utuh sebagai pencuci mulut, buah ini juga dapat dijadikan jus yang nikmat, apalagi jika dikombinasikan dengan stroberi. Tambahan susu dan sedikit gula akan membuat rasanya lebih nikmat. Bukan itu saja, lanjut Herman, semangka juga bisa dijadikan jus yang sangat segar. Kandungan airnya yang tinggi (mencapai 92 persen) menjadikan buah ini amat digemari, entah sebagai hidangan pencuci mulut ataupun ketika sudah dijadikan jus.

"Semakin sering kita bereksplorasi dengan buah,akan semakin banyak minuman baru yang bisa diciptakan," imbuh Herman.

Untuk mendapatkan jus buah dengan tampilan menarik dan rasa yang menyegarkan,menurut Herman, proses pemilihan bahan bakunya sangatlah penting.

"Semakin berkualitas buah yang bakal dijadikan bahan pembuatan jus, maka akan semakin enak jus itu," tandas chef berdarah Sunda tersebut.

Agar rasa jus buah menjadi manis, memang gula harus banyak dipakai. Namun, kata Herman, tidak ada salahnya Anda menggunakan madu sebagai pemanis pengganti gula.

"Selain lebih sehat, madu juga memiliki rasa yang unik. Ketika madu dikombinasikan dengan aneka buah, jus yang kita buat menjadi lebih sehat sekaligus nikmat," pungkasnya.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: