Jumat, 16 Oktober 2009

“Mengolah Seafood” plus 2 more

“Mengolah Seafood” plus 2 more


Mengolah Seafood

Posted: 16 Oct 2009 02:32 AM PDT

BAGI Anda yang ingin melakukan diet sehat, makan hidangan laut bisa menjadi solusi karena kebanyakan seafood rendah lemak, kalori, dan karbohidrat. Berikut ini adalah tip mengolah aneka hidangan laut:

1. Persiapan memasak

Sebelum memasak, pastikan pemanggang bersih. Untuk mengurangi risiko lengket, gunakan minyak atau penyemprot masakan antilengket. Jika menggunakan tahap marinasi, rendam ikan sekitar dua jam sebelum dimasak agar rasanya masuk ke dalam ikan.  

2. Memanggang udang

Tempatkan udang pada tusukan, panggang, dan perhatikan terus karena udang akan cepat matang. Tusuklah udang dari bagian tengah tubuh agar memudahkan sirkulasi udara karena tubuhnya yang bengkok.  

3. Memanggang kerang

Kerang seperti tiram, remis, dan kerang besar lebih cepat dimasak daripada ikan. Tempatkan kerang tersebut pada pemanas yang merupakan bagian dari pemanggang. Kerang dianggap matang apabila kulitnya sudah membuka.

4. Memanggang ikan segar

Pastikan alat pemanggang panas. Apabila pemanggang kurang panas, ikan bisa lengket dipermukaan pemanggang. Taruhlah ikan pada pemanggang dengan pelapis besi yang berjarak sehingga ketika membalik ikan tidak patah. (Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Kemangi Tak Sekadar Wangi

Posted: 16 Oct 2009 02:05 AM PDT

KEMANGI bukan tanaman yang asing bagi kita. Tumbuhan ini pun relatif mudah dijumpai, bisa dihalaman rumah, kebun, ladang, bahkan di pinggir jalan. Sampai saat ini, kebanyakan dari kita tahu bahwa kemangi cocok digunakan sebagai lalapan, ditambahkan pada masakan berunsur ikan, ayam, atau digunakan sebagai obat tradisional.

Kemangi dan tanaman sejenisnya, yaitu selasih atau basil, memiliki sejarah yang menarik. Tanaman jenis ini pernah menjadi tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta. Sementara di India, tanaman ini merupakan salah satu tumbuhan yang disucikan dan kerap digunakan dalam upacara keagamaan.

Di China, kemangi digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat demam, dan kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman ini sebagai obat tradisional, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, dan Meksiko.

Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia maupun negara lain. Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga serta memelihara kesehatan jantung.

Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar jika kemudian orang suka mengonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok, atau terancam.
(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Sajian Spesial Berbahan Tuna

Posted: 16 Oct 2009 02:00 AM PDT

SEMUA penggemar seafood pasti mengetahui enak dan gurihnya daging ikan tuna. Karena rasa itulah daging ikan tuna diminati, termasuk ketika ingin diolah menjadi aneka hidangan.

Daging ikan tuna semakin digemari lantaran kandungan gizi dan protein di dalamnya sangat tinggi. Tercatat, ikan tuna sarat akan kandungan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Agar gizi yang didapat maksimal, tentu Anda harus melakukan pemilihan, penyimpanan, dan pengolahan tuna secara baik. Jangan sampai daging ikan yang awalnya segar menjadi tidak bermanfaat lantaran salah "memperlakukannya".

Ikan tuna yang masih segar sebaiknya disimpan di dalam lemari es jika ingin segera diolah.Atau dibekukan jika ingin disimpan untuk jangka waktu beberapa lama.

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali lipat lebih besar dibandingkan kadar protein pada telur, yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Terinspirasi dari besarnya manfaat daging ikan tuna bagi tubuh manusia, Executive Chef Indonesia Kafe Ibram Sugito, lantas meluncurkan menu serbatuna. Menu ini akan tersaji di kafe tersebut hingga akhir Oktober 2009.

"Banyak sekali menu berbahan baku daging ikan tuna yang bisa dibuat. Selain kaya protein, menu berbahan baku ikan tuna juga sangat enak," kata Ibram.

Hal lain yang membuat ikan tuna sangat digemari, menurut Ibram, adalah tekstur dagingnya yang lembut. "Sebenarnya mengolah daging ikan tuna sangat mudah. Namun, harus hati-hati karena salah dalam proses penyimpanan akan membuat daging ikan rusak dan kehilangan kandungan protein di dalamnya," papar Ibram.

Jenis menu yang bisa dibuat menggunakan bahan baku daging ikan tuna di antaranya sandwich tuna dan sup ikan tuna. Daging ikan tuna bahkan bisa menambah gurih rasa nasi goreng.

"Sandwich ikan tuna menjadi salah satu makanan yang paling diminati untuk santap siang ataupun sore hari," ujar sang chef.

Ikan tuna yang digunakan dalam sandwich, ungkap Ibram, dapat disajikandengan cara mencincang halus dagingnya atau bisa pula dengan diiris tipis-tipis.

"Sandwich spesial kami dagingnya dicincang halus. Setelah ditambah dengan bumbu khusus, kami menyajikannya dalam sandwich. Rasanya akan sangat berbeda dan cocok untuk segala usia," kata Ibram.

Adapun menu sup ikan tuna merupakan hidangan yang menjadi favorit banyak pengunjung kafe yang berdiri sejak lima tahun lalu itu.

"Karena banyak permintaan, akhirnya sup ikan tuna kami sajikan dengan nasi.Padahal awalnya tanpa nasi. Tapi, karena pengunjung suka menjadikannya teman makan nasi, sup ikan tuna kami modifikasi lagi dengan menambahkan bumbu agar rasa serta aromanya lebih kental walaupun dimakan bersama nasi," beber chef berperawakan besar itu.

Bumbu dasar untuk membuat sup ikan tuna sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sup daging. Ada merica, ketumbar, dan daun bawang.

"Agar sup ikan tuna lebih segar, kuahnya bisa ditambah dengan belimbing wuluh. Hasilnya, rasa sup ikan tuna kami benar-benar menyegarkan," ujar Ibram.

Selain sandwich tuna dan sup ikan tuna, menu lain yang tidak kalah menarik adalah nasi goreng ikan tuna. "Nasi goreng ikan tuna juga sangat diminati. Sebab, ikan di dalamnya bisa membuat rasa nasi goreng menjadi lebih lezat," tutur Ibram.
(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: