Minggu, 25 Oktober 2009

“Menikmati Hidangan Suroboyoan” plus 2 more

“Menikmati Hidangan Suroboyoan” plus 2 more


Menikmati Hidangan Suroboyoan

Posted: 25 Oct 2009 01:31 AM PDT

TAK ada yang meragukan bahwa provinsi di ujung timur Pulau Jawa ini punya segudang kuliner lezat. Sebut saja pecel. Menu berbahan aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan kemangi yang diberi siraman sambal kacang ini tentu sudah tidak asing lagi.

Ponorogo, Madiun, dan Surabaya adalah tiga kota di Jawa Timur yang cukup masyhur akan pecelnya. Tak heran, ekspansi menu yang nikmat disantap dengan atau tanpa nasi ini pun sampai ke luar daerah, tidak terkecuali Jakarta dan sekitarnya. Restoran Pecel Pincuk Godong Ijo di kawasan Bintaro, Tangerang, adalah salah satu buktinya.

Sajian pecel dari daerah Jawa Timur ini cocok untuk dijadikan menu sarapan. Di samping banyak memakai sayuran, lauk pelengkapnya bisa dipilih sesuai selera. Ada empal daging, mendol tempe, tempe bacem atau sate kerang, oreg tempe, serta peyek. Sebagai pemberi aroma wangi, ditambahkan irisan kecombrang dan rebusan daun kunyit.

Selain pecel, menu lain yang cukup populer adalah rawon, sejenis sup daging dengan bumbu kluwek yang memberikan warna gelap yang khas pada kuahnya. Masakan ini umumnya disantap bersama nasi, sehingga sering disebut nasi rawon.

Olahan khas yang juga tersedia di restoran nan asri ini adalah tahu telur yang dicampur sayuran. Bentuknya bundar seperti kue serabi, dengan lumuran sambal kacang nan gurih ditambah taburan taoge. Kuahnya segar dan berwarna cokelat, mirip kuah empek-empek Palembang ataupun tahu gejrot. Bedanya, kuah empek-empek lebih asam dan kuah tahu gejrot lebih pedas. Sedangkan kuah tahu telur ini lebih manis. Rasanya pun gurih dan enak. Pilihan menu lainnya adalah babat, tahu bacem, hati ampela goreng, dan srundeng daging.

Selesai bersantap aneka masakan Suroboyoan, pengunjung juga dapat menikmati aneka minuman penghilang dahaga. Atau, bila menginginkan minuman yang khas, pesan saja dawet srikandi yang berisi tapai singkong, ketan hitam, dan cendol. Rasanya manis dan menyegarkan, sangat cocok diminum pada siang hari.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Lima Pewarna Alami Masakan

Posted: 25 Oct 2009 01:11 AM PDT

PAPARAN makanan yang berwarna-warni mungkin bisa lebih merangsang otak dan membangkitkan selera bersantap. Itulah sebabnya, kini bermunculan beragam pewarna yang membuat sajian makanan dan minuman lebih menarik.

Namun, perlu diingat, pilihlah bahan pewarna alami. Berikut beberapa buah dan sayuran yang bermanfaat sebagai pewarna alami, termasuk khasiatnya:

Buah bit (pemberi warna pink atau merah keunguan). Buah berwarna merah tua ini mengandung vitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Manfaatnya antara lain membantu mengobati penyakit hati dan empedu, penghancur sel kanker dan tumor, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan membantu produksi sel darah merah.

Wortel (pemberi warna kuning/jingga)

Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari risiko kanker, terutama kanker paru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih, dan cervix (leher rahim).

Kunyit (pemberi warna kuning)

Kunyit mengandungi curcumin, suatu zat berwarna kuning. Jenis tanaman obat ini berguna sebagai obat antigatal dan antikejang, mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan hidung tersumbat.

Sawi (pemberi warna hijau)

Sayuran ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Manfaatnya untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk, penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.

Daun selada (pemberi warna hijau)

Daun selada air juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya serat, sayuran berwarna hijau muda ini juga mengurangi risiko terjadinya kanker, katarak, menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, mengurangi gangguan anemia, meringankan insomnia (sulit tidur), serta membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.

Daun suji dan daun pandan

Daun suji lebih sering dipakai sebagai pewarna hijau pada kue jajan pasar dan minuman. Daun pandan juga bisa memberikan warna hijau pada masakan dengan cara menumbuk dan memeras airnya, namun efek warnanya tidak sekuat daun suji.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Gurih Nikmat Bumbu Terasi

Posted: 24 Oct 2009 07:14 PM PDT

AROMA tajam dan cita rasanya yang khas menjadikan terasi sebagai bumbu multiguna yang cocok ditambahkan dalam berbagai hidangan, terutama sambal.

Terasi kendati tidak diketahui siapa penciptanya, sudah sedemikian melegenda dan akrab dengan masakan rakyat di seluruh dunia. Terasi juga dikenal dengan nama belacan di Malaysia dan khmer di Thailand. Sementara orang Birma menamai ngapi, atau kapi bagi orang Laos.

Terasi merupakan bumbu masakan yang sudah tak asing lagi dan banyak digemari. Ciri khas terasi adalah aroma yang agak tajam dan rasanya gurih karena umumnya memakai udang segar. Terasi dihasilkan dari fermentasi udang atau ikan yang diolah dengan bumbu lain, seperti garam dan pewarna yang aman. Setelah dipadatkan, terasi dijual dalam bentuk batangan segi empat atau bulatan, dengan pembungkus daun pisang, plastik, atau kertas. Ada juga jenis terasi berbentuk butiran kasar dan dikemas dalam botol plastik.

Secara umum, terasi berwarna gelap seperti merah tua atau cokelat keunguan. Warna dan aroma terasi bisa berbeda, tergantung lokasi pembuatannya. Kota Cirebon, Jawa Barat, populer sebagai penghasil terasi yang dibuat dari udang kecil yang dinamai rebon. Sementara di Sidoarjo, Jawa Timur, terasi diolah dari percampuran ikan, udang, dan sayuran.

Sebelum dipakai, biasanya terasi digoreng, dikukus, atau dibakar dulu di atas bara api hingga aromanya keluar dan matang. Ada pula jenis terasi yang dijual sudah dalam keadaan matang (sudah dipanggang dalam oven).

Terasi yang sudah matang bisa langsung ditambahkan dalam bumbu masakan seperti tumisan, sambal, ataupun bumbu kuah. Setiap masakan yang dibubuhi terasi seolah terangkat cita rasanya oleh aroma dan cita rasa terasi yang mampu membangkitkan selera.

Selain menambah rasa gurih suatu masakan, terasi sangat jamak dibuat sambal terasi yang dapat disantap bersama lalapan sayur, tempe goreng, dan nasi panas yang mengepul. Hmm... nikmat!

Saking banyak penggemarnya, sambal terasi bahkan ada yang dikemas dalam botol serta dijual di supermarket dan pasar swalayan. Agar terlihat segar dan memancing selera, sejumlah butiran biji cabai biasanya sengaja tidak ditumbuk.

Terasi juga amat lekat dengan sejumlah hidangan tradisional Indonesia seperti sayur asem, lotek, karedok, dan rujak. Orang Betawi paling hobi menambahkan terasi dalam tiap masakan rumahannya. Bagi penyuka nasi goreng, niscaya bakal kepincut dengan gurihnya nasi goreng terasi.

Satu lagi hidangan beraroma terasi yang populer, yakni kangkung belacan. Hidangan yang banyak digemari di Malaysia dan Indonesia ini pada dasarnya berupa tumis kangkung dengan siraman sambal terasi goreng. Kangkung dan terasi rupanya memang berjodoh, cocok sekali.

Untuk menambah variasi cita rasa, kangkung belacan biasanya diberi pelengkap semisal udang, daging sapi,telur puyuh,dan petai. Agar lebih menarik, banyak juga yang menyajikannya di atas piring panas (hot plate) yang biasa dipakai untuk sajian steak.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: