Jumat, 23 Oktober 2009

“Pilih dan Olah Daging Ayam” plus 1 more

“Pilih dan Olah Daging Ayam” plus 1 more


Pilih dan Olah Daging Ayam

Posted: 23 Oct 2009 02:33 AM PDT

PROTEIN merupakan salah satu zat makanan yang diperlukan oleh manusia agar bisa bertumbuh kembang dan tetap sehat. Salah satu sumber protein adalah daging. Nah, daging yang seperti apa bisa dikonsumsi? Inilah ciri-cirinya:

1. Perhatikan kondisi daging ayam, apakah daging masih berwarna merah muda dan terlihat segar? Ciri-ciri tersebut menandakan kalau ayam dipotong dalam keadaan sehat. Kondisi ayam perlu diperhatikan karena kualitas bahan ini akan menentukan sehat tidaknya masakan, juga lezat tidaknya olahan ayam Anda kelak.

2. Jangan beli daging ayam yang sudah memiliki bercak kebiruan, berlendir, dan berbau busuk, karena itu tandanya ayam tidak segar lagi.

3. Cuci daging ayam sebelum diolah. Mencuci berarti membersihkan kotoran, baik yang terlihat maupun tidak terlihat di permukaan daging.

4. Jika Anda belum ingin menggunakannya, simpan daging ayam pada tempat yang tertutup rapat, lalu masukkan ke dalam freezer untuk menghindari kontaminasi mikroba pathogen yang merugikan.

5. Jika Anda ingin mengolah ayam dengan cara dikukus, didihkan dulu air di dalam kukusan, baru daging dimasukkan. Sedangkan jika ayam ingin digoreng, lakukan proses goreng ketika minyak sudah panas. Jangan gunakan api yang terlalu besar karena ini akan menyebabkan permukaan daging ayam tampak matang, namun bagian dalam sebenarnya masih mentah.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Si Hijau Penghalau Kanker

Posted: 23 Oct 2009 02:19 AM PDT

BROKOLI adalah tanaman sayur yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum terlalu lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Sebelum mengonsumsi tanaman yang hidup pada cuaca dingin ini, sebaiknya kita mencucinya terlebih dulu di dalam air kran dingin. Jangan pernah merendam brokoli terlalu lama di dalam air karena akan mengurangi kadar nutrisinya.

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus, dikukus, atau bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat. Sayuran ini juga boleh dimakan mentah. Masak sebentar agar vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik. Memasak brokoli terlalu matang akan membuat brokoli menjadi berwarna hijau kehitam-hitaman dan menghilangkan kadar nutrisinya, terutama vitamin C. Agar brokoli tetap berwarna hijau segar, rebus dengan air mendidih yang sudah ditambahkan dengan setengah sendok teh garam dapur.

Brokoli memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah terjadinya kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, dan kanker perut. Zat yang terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan.

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: