Senin, 19 Oktober 2009

“Wine dari Berbagai Negara” plus 1 more

“Wine dari Berbagai Negara” plus 1 more


Wine dari Berbagai Negara

Posted: 19 Oct 2009 01:05 AM PDT

JIKA tadi sudah membahas bermacam-macam makanan yang tersedia di Vin +, maka tidak lengkap rasanya jika belum menyinggung minumannya.

Cocktail, mocktail, bir, spirits, liqueur, coffee liqueur, dan aneka jus adalah jenis minuman yang terdapat di restoran sekaligus lounge ini. Menariknya, Vin + mempunyai butik wine yang menyediakan berbagai wine berkualitas yang didatangkan dari berbagai penjuru dunia.

Beda negara, beda tanah, tentunya membuat karakter wine pun tidak sama meski bahan dasarnya sama, yaitu anggur. Spanyol terkenal dengan wine Tempranillo. Karakter wine ini fruity, dengan after taste yang sedikit manis.

Lain lagi dengan Carmenere dari Chili, rasa wine ini agak dry, tidak bisa dibilang ringan atau medium to full body. Setali tiga uang dengan wine Malbec dari tanah Argentina.

Dry, tidak ringan, fruity taste, dengan aroma oak barrel. Yang unik adalah wine asal Afrika. Cafe, begitulah nama wine yang beraroma kopi. Vin + juga menyediakan wine besutan aktor Antonio Banderas dengan wine-nya yang bernama Anta Banderas.

Meski wine ini baru masuk ke butik wine tersebut tiga minggu lalu, namun selalu habis terjual. Jangan salah, Indonesia rupanya juga memproduksi wine di Bali bernama Hatten dan Cap Orang Tua.

Menurut Marketing Executive Vin + Eliza Hermain, setiap hari sedikitnya 300?400 botol wine maupun champagne yang laku terjual, baik untuk pemesanan di restoran, take home, maupun delivery. Harga wine ini berkisar dari Rp200.000?Rp20 juta. Wine dengan harga per botol Rp20 juta ini biasanya digunakan untuk acara resmi, semisal pesta pernikahan.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Fine Dining ala Vin

Posted: 19 Oct 2009 12:13 AM PDT

DI mana lagi Anda dapat menikmati wine dalam sebuah jamuan fine dining dan di tempat yang sama juga bisa bersantai di lounge ditemani wine berkualitas terbaik dari seluruh dunia? Jawabannya adalah Vin + (baca: Vin Plus).

Berlokasi di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Vin + hadir dengan konsep interior yang merupakan modifikasi American-French. Begitu masuk ke dalam, pengunjung bakal menemukan sebuah kafe kecil yang menawarkan aneka kopi dan pastry.

Nah, jika ingin berkunjung ke restorannya, Anda harus melewati wine boutique yang dipenuhi berbagai macam minuman anggur dari beberapa belahan dunia. Wine-wine ini tersusun rapi di dalam rak kayu berukuran besar. Restoran Vin + sendiri terletak di belakang butik ini, yang dipisahkan dengan pembatas kaca.

Nama "Vin" sebenarnya diambil dari bahasa Prancis yang berarti wine, sementara tanda "plus" diartikan sebagai "tambah". Jadi, jika digabung wine and more. Memang benar, Vin + bukan hanya menyediakan wine. Boleh dikatakan tempat ini sangat lengkap. Ada kafe, butik wine, restoran, juga lounge di bagian belakang yang semakin menjadikan tempat ini memikat.

"Vin + sebenarnya sudah berdiri sejak enam tahun lalu, tapi dulu hanya berupa toko wine dan lounge. Sedangkan restorannya baru buka di tahun kedua," kata Restaurant Manager Vin + Emil Sjahrullah.

Di restoran, pengunjung dapat memesan hidangan fine dining. Atau jika ingin lebih santai bersama teman-teman, lounge bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan sofa-sofa rendah yang ditata berkelompok, suasana terasa lebih akrab dan tidak mengganggu orang lain di sekitarnya. Pantas saja, Prita dan kawan-kawan yang acap kali berkumpul di sini sudah menganggap Vin + sebagai rumah kedua.

"Saya sudah hampir enam bulan kenal tempat ini dan rasanya homy banget," ujar wanita yang bekerja sebagai freelancer di bidang event organizer dan periklanan ini.

Senada dengan penuturan Karina yang juga sudah lama mengenal Vin +. "Di samping tempatnya nyaman, harga makanan dan minuman yang ditawarkan lebih miring ketimbang resto ataupun lounge lain," kata Karina yang bekerja di bidang IT.

Awalnya Karina berpikir, jika ingin menikmati segelas wine, maka harus datang ke restoran yang cukup fancy dan mengenakan busana formal.

"Di sini (lounge) kita bisa nge-wine sambil ngerokok, pokoknya santai banget dan enggak kaku," imbuh Karina.

Bagi wanita yang berdomisili di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu, tidak ada yang lebih pas daripada menikmati escargot atau steak ala Vin + dan ditemani sparkling wine.

Sekali waktu Karina juga mencoba red wine atau yellow tail. Sementara Prita lebih suka menyantap sate wagyu atau mixx grill, sembari menyesap white wine atau sparkling wine.

"Cara memasak mixx grill-nya baik, sesuai dengan kematangan yang saya pesan. Side dish-nya lengkap, boleh pilih mau mashed potato, baked potato, atau kentang goreng," tutur wanita berusia 31 tahun itu.

Vin + bukan saja hadir dengan hidangan internasional, namun ada pula beberapa masakan Indonesia yang disediakan, contohnya sate wagyu dan sop buntut. Menurut Public Relation Vin + Phrysca RS Raintung, restoran dan lounge ini ditujukan bagi kalangan eksekutif yang berusia 35?50 tahun.

Meski demikian, bukan berarti kalangan muda tidak suka datang ke tempat ini. Banyak juga di antara pengunjung setia Vin + yang berusia di bawah 35 tahun, seperti Karina atau Prita.

"Dulu anak-anak muda kurang suka wine. Mereka lebih suka bir. Sekarang sudah banyak anak muda yang melirik wine," tukas Emil.

Bahkan, persentase pengunjung dari kalangan muda ini sekitar 40 persen. Kendati demikian, Emil tidak mengetahui apakah mereka benarbenar menyukai wine atau hanya untuk prestise. Restoran dan lounge yang beroperasi pukul 11.30 hingga 02.00 WIB ini memiliki kapasitas 170 orang.

Karenanya, Vin + sering digunakan untuk berbagai acara,khususnya ulang tahun. Demi mendatangkan pengunjung, Vin + mempunyai cara yang cukup unik. Setiap hari antara pukul 17.00?20.00 WIB ada happy hour yang menyediakan cocktail sepuasnya hanya dengan harga Rp150.000.

Makanan pun diberi potongan harga khusus sebesar 20 persen setelah lewat pukul 22.00 WIB. Ini berlaku untuk seluruh menu, kecuali steak. Sementara di hari Minggu, pengunjung dari kalangan keluarga bisa mendapatkan hidangan gratis untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun berupa kids menu.

Hari Minggu dan Senin juga ada penawaran menarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, yakni buy one get one. Pesan OZ sirloin steak dan pengunjung bisa mendapatkan menu yang sama secara cuma-cuma.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: