Senin, 23 November 2009

“Bakso Ikan Kuah” plus 4 more

“Bakso Ikan Kuah” plus 4 more


Bakso Ikan Kuah

Posted: 23 Nov 2009 02:17 AM PST

BAKSO ikan tidak hanya enak sebagai camilan, tetapi bisa disajikan dengan kuah beraroma daging ayam. Sensasi dan cita rasanya benar-benar menggigit lidah.

Bahan Bakso:
Daging ikan tenggiri, haluskan 150 gr
Telur ayam 1 btr
Tepung sagu 2 sdm
Tepung terigu 1 sdm
Bawang putih, haluskan 2 siung
Garam 0,5 sdt
Merica bubuk 0,25 sdt

Bahan Kuah:
Air kaldu (lihat resep kaldu ayam) 100 ml
Garam 0,5 sdt
Merica bubuk 0,25 sdt
Kecap ikan 1 sdm
Sawi hijau 100 gr
Daun bawang, iris halus 1 batang
Garam 0,5 sdt

Cara Membuat:
Bakso: Campur daging ikan dengan telur ayam, tepung sagu, dan tepung terigu, aduk hingga rata. Tambahkan bawang putih, garam dan merica bubuk, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Sementara itu, panaskan minyak di dalam wajan. Bentuk adonan bulat-bulat dengan bantuan dua buah sendok lalu goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Sisihkan.

Kuah: Didihkan air kaldu, masukkan garam, merica bubuk, dan kecap ikan, aduk rata. Terakhir, tambahkan sawi hijau lalu aduk hingga layu. Sisihkan. Letakkan bakso dalam mangkuk saji, siram dengan kuah, sajikan hangat. Untuk 2 orang.

Sumber: "26 Chinese Food Lezat & Halal" karya Vica Aryuningtyas

This content has passed through fivefilters.org.



image

Kaldu Ayam

Posted: 23 Nov 2009 01:50 AM PST

PENGUNAAN kaldu pada masakan oriental baik sup maupun tumisan, akan menghasilkan rasa yang lebih gurih bila dibandingkan dengan hanya menggunakan air putih biasa. Kaldu yang paling sering digunakan adalah kaldu ayam, yakni rebusan tulang ayam yang dicampur dengan sedikit bumbu, gula, dan merica, dan beberapa jenis sayuran.

Kaldu Ayam

Bahan:
Tulang ayam berdaging 1 kg
Jeruk nipis, ambil airnya 1 buah
Air 2,5 liter
Wortel, iris tipis 2 buah
Bawang bombai, cincang kasar 1 buah
Daun bawang bagian putihnya saja, iris kasar
2 batang
Seledri, iris kasar 2 batang
Garam 1 sdt

Cara Membuat:
Cuci tulang ayam hingga bersih, lumuri dengan jeruk nipis agar bau amisnya hilang, cuci kembali. Rebus tulang ayam dengan air hingga mendidih. Masukkan wortel, bawang bombai, daun bawang, daun seledri, dan garam. Diamkan selama 2 jam. Angkat.
Saring rebusan tulang ayam, buang ampasnya. Sisihkan. Kaldu siap dipakai untuk berbagai masakan. Untuk 1,5 liter

Sumber: "26 Chinese Food, Lezat & Halal" karya Vica Aryuningtyas

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Bahan Pendukung Chinese Food

Posted: 23 Nov 2009 01:20 AM PST

CHINESE food adalah masakan yang cita rasanya didominasikan oleh rasa gurih dan sedikit asin. Bumbu yang digunakan tidak serumit bumbu yang dipakai pada masakan tradisional, seperti masakan dari Padang atau Jawa.

Bumbu yang sangat umum digunakan pada chinese food di antaranya, five spice powder atau dikenal juga dengan nama bumbu ngohiong, merica bubuk, minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan. Semua bumbu ini mudah ditemukan, baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Ingin tahu lebih jelas? Mari kita mengenal berbagai bumbu dan bahan makanan yang kerap digunakan pada chinese food.

Five Spice Powder ( Bumbu Ngohiong )

Five spice biasa dikenal dengan nama bumbu ngohiong. Bentuknya seperti bumbu masak instan dan memiliki rasa dan aroma yang khas. Anda busa membuatnya sendiri sebab bahan pendukungnya cukup mudah didapat. Terdiri dari lima macam rempah, 0,5 sdt merica bubuk, 8 butir biji pekak, 0,5 sdt cengkih bubuk, 1 sdm kayu manis, dan 1 sdm adas bubuk. Seluruh rempah dihaluskan lalu disimpan dalam wadah tertutup agar tahan lebih lama. Bumbu ini bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat dalam kemasan botol.

Kecap Asin

Rasanya yang asin dan sedikit gurih membuat kecap asin banyak digunakan sebagai pengganti garam dalam berbagai masakan China. Bentuknya encer tidak kental seperti kecap manis dan warnanya hitam kecokelat-cokelatan. Terbuat dari kedelai yang dicampur garam dan bumbu penyedap.

Kecap Ikan

Kecap ikan adalah salah satu bahan penyedap yang banyak digunakan pada masakan China. Warnanya seperti kecap asin dengan rasa yang sedikit lebih gurih dan beraroma lebih tajam. Terbuat dari jenis ikan yang berukuran kecil, seperti ikan kembung, ikan betong, dan sebagainya sehingga kecap ikan memiliki kandungan asam amino esensial yang lebih tinggi. Kecap ikan diproses dengan cara difermentasikan secara alami oleh bakteri dari ikan itu sendiri.

Saus Tiram

Saus tiram memiliki warna cokelat kehitam-hitaman. Bentuknya sangat kental mirip seperti saus tomat botolan. Rasanya asin dan gurih karena terbuat dari ekstrak tiram yang dipadu dengan berbagai rempah, garam, gula, dan bahan penyedap. Saus tiram banyak digunakan pada masakan yang bentuknya tumisan atau tidak berkuah. Biasanya dijual dalam bentuk botolan baik yang terbuat dari kaca maupun plastik. Namun, kini saus tiram sudah tersedia dalam kemasan praktis untuk satu kali pemakaian.

Minyak Wijen

Tak lengkap rasanya jika chinesse food tidak dibubuhi minyak wijen. Seperti namanya, minyak wijen memang terbuat dari wijen hitam yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi minyak. Biasanya minyak wijen, digunakan sebagai umbu rendaman atau baru dimasukkan sesaat setelah masakan matang agar aromanya yang khas tidak rusak oleh proses memasak yang lama.

Merica

Merica bukan hal yang aneh lagi. Rasa rempah yang pedas dan hangat sangat cocok dipakai dalam berbagai masakan, seperti tumisan dan sup. Ada dua jenis merica yang sering digunakan pada masakan oriental, yakni merica putih dan hitam. Perbedaan keduanya terletak pada aroma. Aroma yang dikeluarkan merica hitam lebih tajam daripada merica putih.

Bawang Putih

Meski bawang putih bukan bumbu wajib bagi sebuah masakan, tidak demikian dengan chinesse food. Bawang putih tidak pernah absen pada berbagai masakan China, baik yang berupa tumisan, gorengan, maupun sup. Rasa dan aromanya yang sangat khas mampu menambah kenikmatan setiap masakan. Sebelum digunakan, biasanya bawang putih diiris tipis, dicincang kasar, atau sekadar dimemarkan.

Kaldu Ayam

Penggunaan kaldu pada masakan oriental baik sup maupun tumisan, akan menghasilkan rasa yang lebih gurih bila dibandingkan dengan hanya menggunakan air putih biasa. Kaldu yang paling sering digunakan adalah kaldu ayam, yakni rebusan tulang ayam yang dicampur dengan sedikit bumbu, gula, dan merica, dan beberapa jenis sayuran. Kaldu yang banyak dipilih karena memiliki rasa yang dapat membaur dan cocok dalam segala jenis masakan bahkan olahan seafood sekalipun.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Ayam Betutu

Posted: 23 Nov 2009 01:06 AM PST

SETIAP orang yang pernah mengunjungi Bali, pasti tidak asing lagi dengan menu ayam betutu. Makanan yang aslinya digunakan sebagai sesajen ini biasa disajikan bersama plecing kacang panjang dan nasi putih hangat.

Bahan:
1 ekor/1,2 kg ayam kampung/negeri
50 g jahe
60 g kunyit
75 g lengkuas
35 g kencur
50 g kemiri
10 g bangle
100 g bawang merah
75 g bawang putih
20 g cabe rawit merah
200 g cabe merah besar
300 ml minyak goreng
Garam secukupnya
50 g asam jawa
100 g gula merah
50 ml kecap manis
25 ml kecap asin AKU
3 g merica
20 g daun salam
30 g serai
15 g lada hitam
10 g wijen

Cara Membuat:
1. Cincang halus semua bumbu kemudian taruh di tempat cekung.
2. Masukkan gula jawa, kecap manis AKU, kecap asin AKU, daun salam, minyak goreng.
3. Lumurkan bumbu tersebut pada ayam sambil meremasnya. Diamkan beberapa saat.
4. Siapkan wajan, ayam yang sudah dilumuri bumbu ke dalam wajan kemudian tambahkan air. Masak ayam hingga warnanya kecokelatan atau lunak. Memasak ayam ini bisa dilakukan menggunakan oven.
5. Untuk 10 porsi.

Sumber: Ceritarasa William Wongso, Kumpulan Resep Alternatif(tty)


This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semur Daging Betawi

Posted: 23 Nov 2009 12:53 AM PST

KEKHASAN semur daging betawi dibanding semur pada umumnya adalah kuahnya yang lebih kental, tidak cair seperti sup. Selain itu, jika dibandingkan semur jawa, semur daging betawi menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang lebih lengkap sehingga aromanya lebih kompleks dan rasanya lebih gurih.

Bahan:
1 kg daging paha sapi lokal cincang

Bumbu Halus:
50 g bawang putih
50 g bawang merah
60 g kemiri
150 cc minyak goreng
1 L kaldu daging
500 cc air
30 g gula merah
70 g kecap manis
30 g lengkuas dimemarkan
4 lbr daun salam
1 g lada bubuk
1 g biji cengkeh
0,5 sdt jintan, sangrai
0,5 sdm ketumbar kasar
5 g biji pala, dimemarkan kasar
5 g batang kayu manis
30 g daun serai, memarkan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Daging segar dicincang dan dibagi menjadi 10, masing-masing 100 g atau sesuai peruntukannya.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
3. Tumis bumbu halus sampai wangi kemudian masukkan bumbu lainnya.
4. Tuangkan air, biarkan hingga mendidih.
5. Goreng setengah matang daging cincang seperti halnya menggoreng burger. Tuangkan kuah berbumbu ke daging yang sudah digoreng dengan api kecil hingga matang sesuai selera.
6. Sajikan bersama nasi uduk, kentang goreng, jengkol, atau sayuran sesuai selera.
7. Untuk 10 porsi.

Sumber: Ceritarasa William Wongso, Kumpulan Resep Alternatif

This content has passed through fivefilters.org.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: