Rabu, 25 November 2009

“Gurame Cobek” plus 4 more

“Gurame Cobek” plus 4 more


Gurame Cobek

Posted: 25 Nov 2009 02:02 AM PST

GURAME bisa dimakan hanya dengan nasi hangat saja. Tetapi jika Anda ingin merasakan sensasi kelezatan yang berbeda, cobalah taburi gurame dengan sambal.

Bahan-bahan:
Ikan gurame 1 ekor (ukuran besar)
Cabai merah 0,5 ons
Bawang merah 5 siung
Penyedap 1 sdt
Gula pasir 1 sdm
Jeruk limau 1 buah

Cara membuat:
1. Goreng ikan gurame yang telah dibersihkan hingga matang. Tiriskan
2. Haluskan bawang merah, cabai merah, penyedap, garam, dan gula
3. Setelah ikan matang, taruh di atas piring. Taburi ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Sajikan

This content has passed through fivefilters.org.



image

Udang Bakar Madu

Posted: 25 Nov 2009 01:48 AM PST

UDANG bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Kali ini, resep udang bakar madu dari Gubug Makan "Mang Engking" di Danau Salam Kampus UI, Depok, Jawa Barat, bisa Anda praktikkan.

Bahan-bahan:
Udang galah 0,5 kg (dibersihkan)

Bahan saus:
Saus sambal 0,25 kg
Garam 1 sdt penyedap 1 sdt
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 5 siung
Madu 2 sdm

Cara membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, dan penyedap. Lalu tumis hingga harum
2. Tuangkan saus sambal dan madu. Aduk hingga rata
3. Goreng udang galah yang telah dibersihkan hingga 0,5 matang, lalu angkat.
4. Panggang udang sambil dilumuri saus madu. Sajikan

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tumis Kangkung

Posted: 25 Nov 2009 01:36 AM PST

JANGAN karena makan di rumah, lalu Anda menyajikan menu yang biasa-biasa saja. Sesekali Anda perlu menyajikan menu yang rasanya tak kalah dengan menu yang disajikan di restoran. Tumis kangkung, misalnya.

Bahan-bahan:
Kangkung 1 ikat (dipotong-potong)
Bawang merah 5 siung (iris-iris)
Bawang putig 5 siung (iris-iris)
Cabai merah 5 buah (iris-iris)
Garam 0,5 sdt
Penyedap secukupnya

Cara membuat:
Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai merah hingga harum
Masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih
Tumis hingga kangkung matang
Tambahkan garam dan penyedap. Aduk kembali hingga bumbu meresap. Sajikan

This content has passed through fivefilters.org.



image

Cumi Saus Padang

Posted: 25 Nov 2009 01:32 AM PST

JANGAN karena makan di rumah, lalu Anda menyajikan menu yang biasa-biasa saja. Sesekali Anda perlu menyajikan menu yang rasanya tak kalah dengan menu yang disajikan di restoran. Cumi saus padang, misalnya.

Bahan-bahan:
Cumi 0,25 kg (dibersihkan lalu direbus)

Bahan Saus Padang:
Saus sambal 0,25 kg
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 5 siung
Minyak goreng secukupnya
Cabai rawit 0,5 ons
Garam secukupnya
Penyedap secukupnya

Cara membuat:
1. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit, kemudian tumis hingga harum
2. Tambahkan saus sambal dan sedikit air. Tumis kembali.
3. Setelah mendidih, masukkan cumi. Tumis hingga bumbu meresap dan cumi matang. Sajikan

This content has passed through fivefilters.org.



image

Menu Tradisional yang Menggiurkan

Posted: 25 Nov 2009 12:45 AM PST

TAK hanya bentuk bangunan dan ornamen yang unik, restoran Bungarampai juga memiliki beragam menu unik yang siap memanjakan lidah para pengunjung. Restoran ini memilih menu khas Indonesia. Jadilah sebuah acara santap yang harmonis. Menikmati menu Indonesia dalam bangunan bersentuhan kolonial Belanda.

Pilihan menu tersebut tak lepas dari filosofi pendirian restoran ini, yaitu ingin mengangkat citra dan kualitas makanan asli dari seluruh wilayah Nusantara, terutama makanan-makanan yang sudah langka, dengan tujuan agar bisa lebih dikenal masyarakat luas. Kelebihan lain menu di restoran semi-fine dining yang telah dibuka sejak 7 Juli 2007 ini, adalah pada rasa yang sarat bumbu tradisional.

Dengan moto "a natural retreat of fine cuisine", Bungarampai menyajikan masakan dengan bumbu-bumbu khas Nusantara, sehingga resep-resep makanan yang telah dikenal sejak zaman nenek moyang kita dulu masih bisa dinikmati dan bisa bernostalgia masa lalu yang bisa kembali "terngiang".

"Sop buntut bakar, nasi buketan, nasi rebana, adalah sedikit dari variasi menu utama yang ditawarkan Bungarampai. Seluruh menu, mulai menu pembuka sampai menu penutup merupakan makanan asli Indonesia yang disajikan secara menarik, higienis, dan modern," ujar Public Relations Manager Bungarampai Jessy Williams Coert.

Willi menuturkan, salah satu menu andalan berlabel nasi buketan telah menjadi menu favorit pengunjung. Nasi buketan ini terdiri atas nasi hijau (nasi yang dicampur daun suji dan daun pandan) serta disajikan bersama serundeng, ayam goreng, ikan asin, tempe kering manis, balado kentang, perkedel jagung, sate daging sapi, dan kerupuk. "Menu nasi buketan sudah ada sejak resto ini dibuka. Dan yang jadi favoritnya juga, menu ini merupakan menu yang bisa di-sharing," jelasnya.

Jika Anda ingin bersantap di sini, menu pembuka Putik Sari Dua Rasa boleh Anda coba. Camilan ini terbuat dari ayam dan ikan dori berlumur tepung dan wijen yang digoreng. Dengan bentuk panjang yang terdiri atas enam buah dan dilengkapi kremesan kulit pangsit, menu ini dipadukan dengan saus nanas "mango ketjombrang" yang merupakan saus khas dari Bungarampai. Sedangkan untuk minuman, di sini ada banyak pilihan minuman tradisional. Sebut saja sekoteng anggrek bulan, wedang ronde, serta kopyor duren.

Untuk menarik minat pengunjung, Bungarampai yang beroperasi setiap harinya sejak pukul 11.00-23.00 WIB ini, juga menyajikan promo bulanan. Promo bulan ini adalah bawal steam saus padang yang dipatok dengan harga Rp182.000++.

Bawal saus padang di restoran ini juga memiliki rasa berbeda dibandingkan resto lainnya. Meski namanya bawal saus padang, namun jangan khawatir, bawal ini tidak begitu pedas. Bungarampai ingin menyesuaikan juga dengan selera para ekspatriat yang sudah menjadi pelanggan di Bungarampai.

Setiap hari Minggu, Bungarampai juga mengadakan acara mingguan, yaitu Sunday Brunch. Dalam Sunday Brunch ini, mereka menyediakan menu buffet "all you can eat" sejak pukul 11.00-15.00 WIB, yang dipatok dengan harga Rp125.000++. Bisa dikatakan, walaupun terhitung masih baru berdiri tiga tahun, Restoran Bungarampai telah mampu menyerap pengunjung serta pelanggan tetap. Semua itu tak lepas dari fasilitas dan suasana yang nyaman plus rasa makanan yang lezat.

"Bungarampai sangat ideal untuk tempat bersantap di siang maupun malam hari, dan siap dijadikan sebagai pilihan untuk mengadakan acara khusus seperti peringatan ulang tahun, pernikahan, dan acara lainnya kapan saja," tutur Banquet Coordinator Restoran Bungarampai Ratna Dwijayant.

This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar: