Senin, 28 Desember 2009

“Fried Roll Banana” plus 4 more

“Fried Roll Banana” plus 4 more


Fried Roll Banana

Posted: 28 Dec 2009 03:49 AM PST

SATU lagi makanan yang bisa Anda nikmati, yiatu fried roll banana. Ini adalah pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia. Nama lainnya pisang cokelat.

Bahan:
2 butir telur ayam kocok lepas
175 ml susu cair
150 gram tepung terigu
3 sdm mentega cairkan
1 sdt garam
4 buah pisang Ambon, iris melintang tipis
225 gram cokelat masak tim hingga leleh

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Gadon Daging

Posted: 28 Dec 2009 03:11 AM PST

DAUN pisang mungkin merupakan daun yang paling penting dalam khazanah seni kuliner Indonesia. Masakan yang dibungkus dengan daun pisang setelah dikukus atau dipanggang akan tahan lebih lama karena daun ini mengandung disinfektan alami.

Salah satu masakan khas Jawa Tengah adalah gadon daging sapi. Masakan ini dapat pula dikategorikan ke dalam makanan sehat karena dapat dicampur dengan tahu. Masih ada alternatif lain dalam menyajikan gadon, yaitu menggunakan daun selada (lettuce) atau daun sawi hijau sebagai pengganti daun pisang untuk membungkus gadon. Cara ini membuat gadon lebih praktis disajikan kepada orang asing dalam jamuan yang bersifat agak formal karena tidak akan ada pisang tersisa di piring.

Gadon model ini dapat disebut gadon kontemporer atau modern karena saat disajikan gadon juga dipadukan dengan saus tomat sehingga terjadi perpaduan cita rasa yang kontras antara tomat dan gurihnya gadon yang mengandung santan.

Bahan:
300 g daging cincang tanpa lemak
30 g cabai merah, iris tipis
30 g cabai hijau, iris tipis
50 g bawang merah, iris tipis
100 g tahu
1 butir telur
Lada bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Bubuk ketumbar yang sudah disangrai
100 ml santan kental
3-4 lembar daun salam
1 btg serai
3 g bumbu penyedap
Daun pisang secukupnya
 
Cara Membuat:
1. Campur cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih dengan daging cincang, lalu tambahkan garam, lada, dan bumbu penyedap.

2. Panaskan dengan api kecil santan, daun salam, dan serai. Diamkan hingga dingin, lalu saring.

3. Cincang tahu sampai halus.

4. Bungkus adonan dengan daun pisang (jika daun pisang tidak ada, masukkan ke dalam cetakan keramik tahan panas).

5. Kukus adonan hingga masak kurang lebih 10-15 menit, tergantung pada banyaknya adonan yang dikukus.

6. Untuk 10 porsi. (Ceritarasa Wiliam Wongso, Kumpulan Resep Alternatif)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Menyulap Kue Kering Jadi Cantik

Posted: 28 Dec 2009 03:05 AM PST

KUE-KUE kecil menjadi teman setia yang selalu dihidangkan bersama dengan kopi atau teh. Tahun Baru segera tiba, rasanya kurang lengkap apabila rumah Anda tak dihiasi kue-kue cantik.

Menemani semarak Tahun Baru, kue-kue cantik kreasi tangan Anda bisa menjadi hidangan andalan saat disuguhkan pada para tamu. Menurut EatingWell, ada beberapa trik membuat kue terlihat cantik, di antaranya:

Hiasan gula icing

Adakalanya seusai kue dicetak, kita ingin menghiasnya agar lebih menarik. Teknik menghias biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu hias sebelum dipanggang, dan hias setelah dipanggang.

Hiasan sebelum dipanggang biasanya berupa taburan, baik kacang, wijen, ataupun keju. Caranya, olesi dulu permukaan kue kering dengan telur yang telah dikocok lepas, baru beri taburan sehingga warna-warni kue menjadi cantik. Sementara teknik menghias setelah dipanggang biasanya menggunakan gula icing untuk diaplikasikan pada lapisan atas kue.

Cara membuat gula icing adalah campur gula halus dan putih telur yang telah dikocok. Aduk keduanya hingga kekentalannya sesuai dengan keinginan Anda, agak keras ataupun keras.

Untuk hiasan lebih berwarna, bagi dua atau beberapa bagian adonan gula icing dan tempatkan pada sebuah mangkuk kecil. Berikan masing-masing dengan warna berbeda dengan menggunakan pewarna makanan. Kemudian, hias kue sesuai selera dan sekreatif mungkin agar tampilannya menggugah selera makan.

Hiasan cokelat

Jika ingin berkreasi dengan cokelat leleh, pastikan Anda memilih cokelat yang berkualitas baik. Pastikan juga wadah yang Anda gunakan untuk melelehkan cokelat bebas air agar cokelat tidak menggumpal.

Anda bisa mulai menghias dengan melumerkan dark chocolate atau white chocolate terlebih dahulu. Tak ada salahnya untuk memotong atau menyerut chocolate block sebelum dipanaskan. Selanjutnya, tempatkan panaskan pada mangkuk kecil kemudian masukkan ke microwave dan tunggu hingga lumer.

Ada baiknya menghias kue dengan lumeran cokelat dilakukan sesegera mungkin agar cokelat tidak mengeras. Kemudian, simpan kue yang telah dihias dalam lemari pendingin agar cokelat cepat membeku.

Peralatan

Untuk mendekorasi kue kering, Anda membutuhkan peralatan, seperti paper piping cone (pipa kertas kerucut) yang bagian ujungnya telah digunting. Anda bisa mulai menghias dari bagian sudut kue hingga hiasan memenuhi seluruh bagian kue.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Bandeng Presto Bumbu Merah

Posted: 28 Dec 2009 03:05 AM PST

BANDENG adalah salah satu jenis ikan yang banyak digemari orang dewasa dan anak-anak. Tapi, ikan bandeng memiliki banyak tulang. Sekarang hal itu tidak lagi menjadi masalah karena telah banyak tersedia berbagai merek bandeng presto dengan tulang lunak. Namun, bila sudah bosan dengan bandeng goreng dan sambal yang biasa menjadi pasangannya, Anda bisa mencoba resep ini.


Anda dapat memadukan bandeng dengan bumbu cabai merah atau rica-rica sehingga menghasilkan cita rasa berbeda dibandingkan bandeng presto goreng. Selain itu, Anda dapat pula menyajikan bandeng goreng dengan balado ala Padang atau memepesnya dengan mangga muda.

Bahan:
2 ekor bandeng presto ukuran sedang
200 g cabai merah besar
40 g bawang merah
40 g bawang putih
80 g serai
20 g daun kemangi, ambil daunnya saja
3 lembar daun jeruk
75 g tomat
20 g gula pasir
250 g minyak goreng
Lada dan garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah kemudian tumis. Masukkan serai, kemangi, daun jeruk, lada, garam, dan gula.

2. Setelah bumbu matang, taruh bumbu di atas piring, ratakan sesuai besarnya ikan bandeng.
3. Taruh ikan bandeng di atas bumbu tersebut. Tuangkan kembali bumbu di atas ikan bandeng.

4. Masukkan ke dalam oven selama 15 menit dengan suhu 150 derajat Celsius. (Ceritarasa Wiliam Wongso, Kumpulan Resep Alternatif)
(tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mi Goreng Jawa

Posted: 28 Dec 2009 02:59 AM PST


Salah satu kunci sukses pembuatan bumbu mi goreng atau rebus sesuai resep berikut ini adalah bahan ebi harus berkualitas baik. Kemiri juga harus digoreng terlebih dulu agar lebih harum dan gurih. Bumbu mi sendiri dapat dibuat terlebih dulu dan kemudian disimpan dalam lemari pendingin atau dibekukan sehingga siap setiap saat untuk digunakan.
 
Bahan:
1 ekor ayam kampung, rebus hingga lunak dan tiriskan
1 kg mi besar
10 butir telur ayam atau bebek
50 g ebi, rendam
100 g bawang putih
100 g kemiri, goreng
400 g sawi hijau
100 g daun bawang
Lada, garam, secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Haluskan ebi, bawang putih, dan kemiri. Tumis dengan api kecil hingga harum (bumbu ini dapat disimpan di tempat dingin untuk digunakan setiap saat ketika diperlukan).

2. Seduh mi dengan air panas, lalu saring dan dinginkan.
3. Iris kol dan sawi sepanjang 3 cm.

4. Tumis kol dan sawi bersama bumbu, masukkan telur dan mi, masak.

5. Masukkan potongan ayam dan daun bawang (Anda bisa menambahkan udang sesuai selera). Sajikan mi dengan acar mentimun dan cabai hijau.

6. Untuk 10 porsi

Catatan:
Untuk membuat mi kuah, gunakan kuah rebusan ayam kampung. (Ceritarasa Wiliam Wongso, Kumpulan Resep Alternatif)
(tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: