Selasa, 01 Desember 2009

“Mengolah Ayam” plus 3 more

“Mengolah Ayam” plus 3 more


Mengolah Ayam

Posted: 01 Dec 2009 02:19 AM PST

BOSAN dengan masakan ayam yang itu-itu saja? Kini, Anda bisa berkreasi dengan cara mengolahnya yang tepat. Dengan sentuhan kreativitas, Anda bisa menciptakan menu baru berbasis ayam.

Nah, kali ini ada empat cara mengolah ayam yang tepat:

Merebus daging:

Sebaiknya panci dalam keadaan tertutup agar uap kaldu tidak melebar kemana-mana.

Menggoreng daging:

1. Menggoreng harus di atas api kecil supaya ayam matang sampai di dalam. Bumbu ayam akan semakin terasa kalau di masak menggunakan api kecil.

2. Menggoreng hati ayam jangan terlalu matang karena hati ayam akan menjadi keras kalau dimasak terlalu matang

3. Untuk memasak gulai hati, hati jangan direbus terlebih dulu agar kaldunya meresap ke dalam kuah dan memberi aroma serta rasa yang gurih pada masakan.

Membuat brutu:

Brutu dibelah jadi dua, tepat di tengah-tengah. Setelah dibelah, pasti akan terlihat cairan berwarna kekuning-kuningan. Buanglah noda kuning yang terdapat dalam brutu itu, kemudian cuci, baru dimasak.

Agar bumbu meresap:

Lumuri daging ayam dengan air jeruk lemon dan bumbu kaldu penyedap, bumbu kemudian diolah sesuai selera.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Mengenal Aneka Jamur

Posted: 01 Dec 2009 02:01 AM PST

JAMUR dengan rasa cenderung tawar cocok dijadikan aneka masakan. Mulai tumisan, sup, piza hingga keripik bahkan sate jamur. Selain "si mahal" truffle, apa saja jenis jamur yang lezat dijadikan masakan?

Jamur kancing (champignon)

Di pasar atau supermarket jamur kancing dapat dibeli dalam kondisi segar, biasanya dikemas dalam kaleng atau gelas plastik. Selain dimasak, jamur bundar ini dikeringkan untuk tepung jamur atau keripik jamur.

Jamur payung

Dalam bahasa Jepang disebut shiitake, sedangkan orang China menamai hioko. Adapun orang Indonesia menyebutnya jamur jengkol karena bentuk dan aromanya seperti jengkol. Jamur asal Asia Timur ini lazim ditemui dalam masakan Jepang.

Jamur merang

Warna tudungnya ada beberapa macam, antara lain putih bersih, abu-abu, dan hitam bergantung pada bibit serta cara budi dayanya. Paling enak jamur ini dimasak ketika tudungnya belum mekar.

Jamur morel

Jamur yang banyak ditemukan di Eropa saat musim semi dan awal musim gugur ini rasanya sangat enak. Biasanya dijual dalam bentuk kering atau kalengan.

Jamur ling zhi

Jamur jenis ini paling pas dijadikan sup. Kehangatan semangkuk jamur ling zhi membantu mencegah dan mengobati penyakit influenza.

Jamur kuping

Ciri khasnya adalah teksturnya yang kenyal (tapi tidak lembek) dan bentuknya yang mirip daun telinga dan kenyal. Warna dan ukurannya bervariasi, bergantung jenisnya.

Jamur tiram

Jamur dengan kandungan air tinggi ini dikenal juga dengan sebutan oyster mushroom. Warnanya beragam mulai putih, abu-abu, cokelat, hingga pink.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Olahan Kambing yang Unik

Posted: 30 Nov 2009 11:17 PM PST

DENGAN pengolahan serta bumbu yang tepat, daging kambing bisa dibuat menjadi menu unik yang nikmat dan bergengsi. Apa saja? Banyak orang "malas" mengolah daging kambing dengan berbagai alasan.

Mereka, antara lain, menganggap daging kambing memiliki aroma yang tidak enak, atau bahkan mereka tidak tahu cara mengolah daging hewan pemakan tumbuhan itu.

Hal-hal tersebut menjadikan daging kambing hanya digemari orang-orang tertentu. Banyak pula orang yang tidak mau mengonsumsi menu berbahan dasar daging kambing karena menganggap daging tersebut panas dan bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

Padahal, hal itu hanya akan terjadi jika daging kambing dikonsumsi secara berlebihan. Jika diolah dengan cara benar dan bumbu yang tepat, daging kambing bisa kok menjadi hidangan yang sangat gurih, nikmat, sekaligus cocok dikonsumsi siapa saja.

Setidaknya hal itulah yang sudah dibuktikan Chef Ahmad Sanusi dari Indonesian Food Restaurant yang berlokasi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Lewat racikan tangan chef berpengalaman itu, daging kambing akan tersaji menjadi aneka hidangan menarik dan menggugah selera. Di antara menu-menu unggulan hasil kreasi Chef Sanusi, terdapat sajian bernama steik daging kambing. Steik ini tidak kalah enak dengan steik berbahan baku ikan tuna atau sapi khas Jepang dan Australia.

Selain steik kambing, sang chef juga menyajikan aneka olahan daging kambing lainnya seperti sup, gulai, dan sate yang sangat digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

"Butuh teknik khusus dalam mengelola dan membuat daging kambing menjadi hidangan yang nikmat," imbuhnya.

Proses pengolahan daging kambing, menurut chef berkulit hitam manis itu, bukan hanya dilakukan ketika daging hendak dimasak, melainkan harus dimulai dari tahap pemotongannya.

"Teknik pemotongan kambing yang baik adalah, kambing tidak boleh kaget. Kalau kaget, dagingnya akan kaku. Demikian pula dalam proses pengulitan, kambing harus digantung terbalik," terang Chef Sanusi.

Setelah dipotong-potong, agar tidak alot, daging kambing dapat direbus bersamaan dengan sedikit daun pepaya. "Kalau tidak ada daun pepaya, daging kambing juga bisa direbus bersama sedikit buah nanas yang telah diiris kecil-kecil," tutur chef kelahiran Yogyakarta itu.

Sementara bagi pencinta sate kambing yang ingin membuat menu tersebut sendiri, Chef Sanusi menyarankan menggunakan daging kambing yang muda saja. Hal itu karena rata-rata daging pada sate hanya dibakar menggunakan bumbu.

"Daging kambing untuk sate akan lebih baik jika masih muda, yang berusia empat sampai enam bulan. Daging kambing pada kisaran usia tersebut sangat empuk dan lebih manis," bebernya.

Chef Sanusi menambahkan, kambing sebenarnya memiliki daging yang lebih panas dibandingkan dengan daging sapi. Namun, melalui teknik pengolahan yang tepat serta "zat penawar" yang dimakan seusai menyantap daging kambing, dampak atau efek negatif daging tersebut dapat diminimalkan. Misalnya makan daging kambing sambil ditemani segelas teh hijau, teh hitam, ataupun teh china.

"Tradisi orang-orang Timur Tengah yang mengonsumsi bawang bombai usai menyantap daging kambing bisa ditiru. Untuk menurunkan kadar kolesterol daging kambing, orang Timur Tengah kerap memakan bawang bombai," katanya.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Romantisnya Bersantap di Kapal Pesiar

Posted: 30 Nov 2009 11:10 PM PST

MENIKMATI santap malam romantis bersama pasangan atau keluarga di atas kapal pesiar sambil menerawang gemerlap lampu-lampu Kota Jakarta, adalah pesona utama Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise.

Romantic dinner cruise di atas kapal pesiar bukanlah sesuatu yang baru. Anda bisa menemukan layanan serupa di Sungai Seine, dekat Menara Eiffel, Paris; di Sungai Thames, London, bahkan Pelabuhan Benoa, Bali.

Kota-kota besar yang terletak di pinggir laut seperti Melbourne, New York, ataupun Florida juga memiliki layanan itu. Konsepnya lebih kurang sama. Sambil bersantap dan menikmati pemandangan, Anda akan dihibur on board entertainment.

Di Paris, sambil meminum sampanye dan menyaksikan pendaran lampu menara Eiffel dari kejauhan, Anda akan dihibur pertunjukan kabaret Lido yang sangat populer.

Nah, kini Anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri atau ke Bali. Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara menyediakan servis serupa.

Selain dinner cruise di atas kapal pesiar, pengguna juga bisa memilih paket makan siang. Keduanya memiliki sensasi berbeda. Sales Manager Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise Rikie Tjandra mengungkap, wisata di siang hari lebih di tekankan untuk menikmati pemandangan laut serta Kepulauan Seribu.

Bekerja sama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise memulai tur ini sejak 2007. Regulernya, tur seharga Rp389.000 per orang itu berangkat setiap hari Minggu dari Pelabuhan Marina Batavia, Jakarta Utara.

Menurut Rikie, pihaknya juga menerima banyak sekali permintaan carter pada hari-hari biasa untuk berbagai acara. Mulai acara fun gathering biasa, product launching, hingga wedding.

"Banyak tamu yang ingin acara weddingnya spesial," ungkap Rikie.

Ada yang memilih melakukan pemberkatan di atas kapal, sementara resepsi dan pesta dilakukan di dermaga. Ada pula yang memilih melakukan pemberkatan dan resepsi dilakukan di atas kapal pesiar.

"Kita sih tidak masalah, asal jumlah tamu sesuai dengan kapasitas kapal yang hanya 180 orang," bebernya.

Berapa harga sewanya? Untuk 2,5?3 jam perjalanan dengan paket menu buffet yang terdiri atas appetizer, sup, dessert, plus cruise service, sekitar Rp45 juta.

Pesona Pulau Seribu

Mencari hiburan berbeda adalah alasan warga Jakarta mengikuti tur Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise. Menikmati perjalanan di atas kapal pesiar, sambil makan dan dihibur adalah sensasi yang unik daripada sekadar datang ke mal untuk shopping.

"Fun tapi tetap rileks," ujar Toni, salah satu penumpang. Berangkat dari Dermaga Marina Batavia pukul 11.30 WIB, kapal Quicksilver melaju dalam kecepatan sedang menuju Kepulauan Seribu.

Kapal dua lambung tersebut akan melewati lima pulau di sana, yakni Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Untung Jawa, Pulau Kelor, serta Pulau Air. Namun karena ukurannya yang sangat masif, kapal tidak merapat. Kapal hanya berhenti tidak jauh dari pulau-pulau tersebut selama sekitar 5?10 menit.

"Yang bisa dilakukan pengunjung adalah melihat aktivitas pulau dari atas kapal atau mengambil foto," papar Rikie.

Kapal Quicksilver yang digunakan adalah jenis catamaran dengan dua lambung. Panjangnya 37 meter, dengan daya tampung hingga 180 orang. Sekitar 130 orang didek bawah, dan 50 orang didek atas. Kabin kapal tersebut terbagi dalam sofa-sofa yang nyaman menghadap ke panggung kecil. Di sinilah penumpang dihibur on board entertainment dari Batavia Dancer, live band, dan karaoke.

Setelah menyusuri Pantai Mutiara dan melewati Apartemen Regatta, makanan pembuka dihidangkan. Sambil bersantap, kapal pesiar itu pun berlayar menuju Pulau Bidadari dan berputar-putar menuju Pulau Onrust. Setelah itu, penumpang bisa menikmati menu buffet seperti butter rice, fried noodle, roasted potatoes, lasagna, grilled squid and shrimp, hingga black pepper beef.

Menurut Rikie,segmen Quicksilver-Sunda Kelapa Cruise sangat beragam. Mulai keluarga, reuni, ulang tahun, perusahaan, atau sekadar mereka yang ingin mencari suasana berbeda.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar: