Sabtu, 19 Desember 2009

“Sup Buntut Bakar” plus 1 more

“Sup Buntut Bakar” plus 1 more


Sup Buntut Bakar

Posted: 19 Dec 2009 05:34 AM PST


Bahan:
1 kg buntut sapi
15 gram bawang putih
15 gram bawang merah
50 gram daun bawang
30 gram saun seledri
20 gram jahe
20 gram lengkuas
1 batang sereh
10 gram biji pala
4 buah cengkih
50 ml minyak goreng
20 gram bawang bombai
lada halus secukupnya
garam secukupnya
 
Pendamping:
Nasi putih secukupnya
Emping secukupnya
Sambal secukupnya
Acar secukupnya
15 gram kentang
15 gram wortel
10 gram tomat
1 buah jerul limo
 
Cara membuat:
1. Untuk kaldu: rebus buntut 30 menit hingga empuk, masukkan bumbu-bumbu.
2. Untuk buntut bakar: angkat buntut, tiriskan, lumuri dengan kecap manis, lalu bakar.
3. Untuk suo: masukkan wortel, kentang, dan tomat yang sudah dipotong dadu ke dalam kaldu. Terakhir masukkan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.
4. Sajikan selagi panas untuk tiga porsi.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kenalkan Kopi Nusantara pada Masyarakat

Posted: 19 Dec 2009 01:52 AM PST

BARU-BARU ini Resto Taman Koleksi mengadakan peluncuran Coffee Lovers Club, yang dihadiri sejumlah undangan dan anggota Asosiasi Kopi Indonesia (AKI). Acara ini untuk mewadahi para pencinta kopi Nusantara agar bisa berkumpul, berbagi informasi, dan mengembangkan network.
Dalam acara peluncuran tersebut diinformasikan tentang jenisjenis kopi Nusantara dan bagaimana mengenal serta mencicipi kopi secara benar dan baik. Salah seorang anggota AKI, Kasmito, menjelaskan bahwa cara mengenali kopi yang baik yaitu dengan mencium aroma serta mencicipi rasanya.

"Kopi yang baik adalah yang mempunyai nilai cita rasa dan memenuhi standar tertentu. Maka itu, tidak boleh ada aroma dan rasa cacat (tanah, karet, minyak, kimia, dan aroma nonkopi, red)," terang Kasmito.

Agar dapat menikmati kopi yang enak, tidak melulu harus dilakukan dengan cara tradisional. Menurut Kasmito, meracik kopi secara tradisional ataupun dibantu dengan alat modern, tetap harus menggunakan temperatur air yang tepat, yakni 95 derajat Celsius, memperhatikan waktu seduh, serta kehalusan kopi sesuai alat seduh.

"Namun, kecenderungan orang mencicipi rasa kopi kurang enak karena kopi yang digunakan adalah yang terbuat dari biji kualitas rendah. Selain itu, ada pula kopi yang mengandung filter seperti jagung, beras, atau gandum dan pecita rasa kimia," katanya.

Ada banyak cara untuk menyeduh kopi. Namun, kali ini yang ditawarkan Resto Taman Koleksi yaitu cara french press (plunger), yakni kopi tubruk ala modern. Kopi Jawa disaring dengan cara screen, lalu ditekan. Waktu yang diperlukan 2–3 menit, sampai seduhan kopi tersebut mencapai keseimbangan.

"Nah, keseimbangan dari ekstrak kopi ke air itulah yang terpenting. Lalu diikuti dengan temperatur yang cukup, kecepatan waktu, kehalusan gilingan, dan porsi yang tepat," papar Kasmito.

Menurut Kasmito, kopi yang terlalu encer akan terasa hambar dan pekat sehingga menjadi pahit, sepat, serta asam. Namun, hal tersebut dapat diminimalkan dengan menambahkan air panas.

Walaupun cenderung memiliki rasa pahit, konon kopi bagus untuk kesehatan apabila diminum secara rutin. Selain menambah kesegaran, kopi juga dapat menambah ingatan, melancarkan peredaran darah, bahkan kopi juga kerap digunakan sebagai terapi berbagai penyakit. "Minumlah kopi 1–2 cup sehari dan jangan sampai berlebihan," saran Kasmito.

Assistant Operation Manager Resto Taman Koleksi Trilia Gunawan menuturkan, dalam kesempatan ini, pihaknya juga memberikan free member kepada para undangan, untuk selanjutnya siapa pun dapat bergabung dengan Coffee Lovers Club.

"Caranya cukup mudah, hanya dengan membayar Rp50.000 atau pembelian Rp100.000 tidak berlaku kelipatan, maka Andaakanmemperoleh free member," ujar Trilia.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan member card ini, di antaranya para anggota akan memperoleh potongan harga 10 persen untuk makanan dan minuman, dan 15 persen untuk kopi. Tak hanya itu, pelanggan yang belanja lebih dari Rp400.000–600.000 bakal mendapatkan point award. Misalnya belanja Rp400.000 Anda dapat topi, belanja Rp500.000–600.000 dapat t-shirt. Untuk acara ke depan, tiap orang yang memiliki member card bakal diundang.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: