Rabu, 02 Desember 2009

Yuk, Ber-Pasta Pora! pasti siip

Yuk, Ber-Pasta Pora! pasti siip


Yuk, Ber-Pasta Pora!

Posted: 02 Dec 2009 12:53 AM PST

ITALIA adalah negara tua yang multikultur. Cita rasa favorit warganya sangatlah personal. Dari kota ke kota, gaya masakannya berbeda-beda.

Biarpun hanya saus tomat, setiap orang punya resep rahasia masing-masing yang diwariskan secara turun temurun. Namun, urusan pasta hampir semua orang Italia menyukainya.

Produsen pasta di Italia cukup banyak. Konon, pasta yang dibuat rumahan (home made) rasanya lebih enak. Rustichella d'Abruzzo yang berdiri sejak 1924 merupakan salah satu produsen pasta terbaik dan terkemuka di dunia. Saat ini, perusahaan tersebut hanya memproduksi pasta berkualitas premium yang dijual dengan harga premium pula. Makin eksklusif karena hanya terdapat pada gerai delicatessens (sejenis butik-supermarket) di seluruh dunia.

Namanya juga makanan favorit, wajar bila warga negri sepak bola ini punya banyak ragam pasta. Antara lain:

Rigatoni

Pasta ini berbentuk menyerupai pipa berdiameter 1 cm. Panjangnya hanya 4 cm, sehingga mudah menyantapnya. Ada pula yang bergaris (rigatoni rigate). Pasta ini biasanya diolah dalam berbagai macam saus, di antaranya saus ala Amatriciana.

Orrichiette

Jenis pasta yang bentuknya menyerupai kerang atau kuping kecil.

Spageti

Bentuknya menyerupai lidi dengan panjang sekitar 2 cm.

Bucatini

Identik dari Kota Roma, merupakan jenis spageti berukuran lebih panjang dan berlubang di bagian tengahnya.

Capelini

Pasta panjang dan tipis, tapi lebih tebal dan angle hair pasta.

Tagliatelle

Ukurannya panjang dan pipih seperti pita. Bentuknya mirip fetucini. Gnocchi. Pasta yang terbuat dari kentang, bentuknya bulat kecil agak lonjong. Merupakan tipikal dumpling asal Italia.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This content has passed through fivefilters.org.



image

Tidak ada komentar: