Senin, 18 Januari 2010

“Ayam Goreng Garing” plus 4 more

“Ayam Goreng Garing” plus 4 more


Ayam Goreng Garing

Posted: 18 Jan 2010 02:36 AM PST


Nasi timbel yang dilengkapi dengan ayam goreng garing ini dapat Anda nikmati langsung. Caranya, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan panduan resep di bawah ini:

Resep:
Siapkan nasi putih matang, bungkus dengan daun pisang.
2. Untuk lauk pelengkap sediakan ikan asin jambal yang telah digoreng, potong menjadi kotak-kotak, ayam goreng dan empal, sayur asam 1 mangkuk kecil,
sambal goreng dan lalapan. Jangan lupa tambahkan kerupuk atau emping.

Bahan:
1/4 ekor ayam,
2 batang serai, dimemarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
400 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah
2 sendok teh ketumbar
4 siung bawang putih
5 butir kemiri

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, daun salam, serai, dan lengkuas sampai harum.
2. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
3. Tuangkan air lalu masak sampai bumbu meresap.
Goreng ayam hingga ke¬cokelatan.

Tip:
- Jika ingin membuat ayam agak kuning bisa diberi kunyit sedikit.
- Untuk membuat ayam goreng yang garing kuncinya adalah dari cara menggorengnya, harus dengan api sedang, jangan terlalu besar apinya akrena
akan cepat gosong.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pempek Penggugah Selera

Posted: 18 Jan 2010 02:23 AM PST


Sekadar menahan perut yang lapar. Makanan yang terbilang ringan ini pun nantinya tidak membuat perut Anda terlalu kenyang dan masih dapat menyantap makanan yang berat. Makanan asal Palembang, mungkin bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin mengganjal perut. Jika ingin pempek pilihan Anda, maka datang saja langsung ke bilangan Kemayoran. Di kawasan ini, bisa ditemukan banyak kedai yang menawarkan pempek.

Jika bingung menentukan pilihan, pilih saja Pempek Garuda yang menjadi jajanan favorit di lokasi ini. Tempat ini pun tidak pernah sepi pengunjung. Warung pempek yang telah beroperasi sejak tahun 1981 ini, menyajikan berbagai macam jenis pempek.

Sebut saja pempek kapal selam, pempek kulit, pempek tunu, pempek tahu, pempek lenjuer, pempek adaan, dan pempek keriting. Pempek keriting ini berbentuk seperti kerupuk mie. Ditambah mie kuning dan ketimun cincang, serta siraman cuka, membuat tampilan satu porsi pempek ini tampak menggunung. Tidak ada salahnya berbagi dengan teman jika Anda merasa tidak mampu menghabiskan satu porsi utuh. Menariknya, pempek modern pun tersedia di sini. Misalnya saja pempek sosis dan pempek keju.

Pempek Garuda ini, terasa lembut dengan rasa ikan tenggiri yang begitu kuat. Meski demikian tidak ada aroma anyir ikan sama sekali.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Wisata Kuliner Seafood di Pantai Kuwaru

Posted: 18 Jan 2010 12:02 AM PST


Di samping ikan yang dijual masih dalam kondisi segar, di Pantai Kuwaru ini kondisi alamnya sangat rindang karena banyak pohon cemara udang yang mulai tumbuh dewasa. Sangat berbeda dengan wisata kuliner di Pantai Depok yang terasa sangat terik karena minimnya pohon perindang.

Menikmati seafood di bawah pohon cemara udang dan dapat melihat keindahan laut menjadi tawaran tersendiri bagi para wisatawan yang berlama-lama menikmati rindangnya pohon cemara udang dan melihat deburan ombak laut selatan Jawa.

Ponidi salah seorang pemilik warung seafood di Pantai Kuwaru menyatakan, dalam kurun waktu satu tahun ini kunjungan wisata di Pantai Kuwaru semakin banyak. Bahkan, saat libur akhir pekan maupun libur panjang dipastikan ribuan wisatawan datang ke Pantai Kuwaru ini, baik untuk menikmati seafood maupun hanya sekedar melihat laut sembari berteduh di bawah pohon cemara udang.

"Pohon cemara udang yang utama untuk menahan abrasi laut, saat ini justru menjadi lokasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu sembari menikmati laut bersama keluarga" terangnya.

Menurut Ponidi, bagi wisatawan yang membawa keluarga dipastikan mereka memesan seafood untuk makan siang maupun sore. Wisatawan dapat membeli ikan yang ada di Pantai Kuwaru dan dimasakkan pada rumah makan yang ada di sekitar Pantai Kuwaru.

"Untuk memasak hingga menyiapkan makanan siap saji, biayanya dihitung per kilogram ikan untuk dimasak. Biasanya para pemilik warung menarik biaya dalam kisaran Rp5.000 hingga Rp10.000 per kilgram untuk memasak ikan dengan berbagai rasa sesuai dengan selera wisatawan. Bahkan, biaya itu sudah termasuk nasi, sambal, serta lalapan," tuturnya.

Anis, salah satu penjual ikan laut segar di Pantai Kuwaru menyatakan, setiap hari dirinya menyiapkan ikan antara 50 kilogram hingga 100 kilogram ikan laut berbagai jenis. Mulai ikan dengan harga Rp10.000/kilogram hingga Rp40.000/ kilogram.

"Untuk ikan cakalang dijual dalam kisaran Rp14.000/kilogram, ikan tongkol Rp10.000/kilogram, cumi-cumi Rp32.000/kilogram, udang Rp 35.000/kilogram" terangnya.

Saat hari libur, para penjual ikan laut di Pantai Kuwaru ini dapat menjual ikan antara 1 kuintal hingga 2 kuintal ikan. Ikan sendiri, kata Anis, didatangkan dari Cilacap, Sadeng, Semarang, dan beberapa daerah lain di luar Yogyakarta.

"Meski ada sekitar 100 nelayan di Pantai Kuwaru ini, namun hasil tangkapan tidak bisa diandalkan untuk memasok kebutuhan ikan di Pantai Kuwaru. Terkadang, nelayan tidak melaut akibat gelombang pasang maupun angin yang kencang," jelasnya.

Wakil Ketua Komisi B, DPRD Kabupaten Bantul Edy Prabowo mengatakan, potensi Pantai Kuwaru dikembangkan sebagai wisata kuliner sangat besar karena belum diketahui oleh banyak wisatawan. Katanya, setiap hari libur sudah ribuan pengunjung datang untuk menikmati laut sembari makan ikan laut segar.

"Kendala utamanya adalah sarana jalan yang masih sangat sempit, sehingga bus besar tidak mungkin masuk ke Pantai Kuwaru. Dengan mobil pribadi pun kalau berpapasan harus mengalah salah satunya," ujarnya.

Menurutnya, pelebaran jalan menuju Pantai Kuwaru mutlak dilaksanakan, begitu pula prasarana lain seperti tempat parkir, MCK, dan lain-lainya juga harus segera diadakan jika ingin mengembangkan Kuwaru sebagai lokasi wisata kuliner di Bantul ini.

"Ini tugas dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pekerjaan Umum untuk menambah sarana dan prasarana, karena dalam APBD 2010 sudah disiapkan anggarannya," katanya.

Menyinggung belum adanya biaya retribusi masuk Pantai Kuwaru, politisi dari Partai Demokrat ini menyatakan, selama belum ada sarana dan prasarana yang memadahi sebaiknya belum perlu ada retribusi. Penarikan biaya masuk Pantai diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan pemerintah desa setempat.

"Kalau semua sarana dan prasarana telah dibangun oleh pemerintah, setiap pengunjung nantinya wajib membayar retribusi karena hasil retribusi juga akan dikembalikan kepada masyarakat Pantai Kuwaru," pungkasnya.(Daru Waskita/Trijaya/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tomat, Pelezat Masakan yang Menyehatkan

Posted: 17 Jan 2010 11:36 PM PST


Lebih jauh menurut penelitian DR John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi hati.

Tomat memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, di antaranya vitamin A, C, dan K, ada juga kalium, mangan, magnesium, niasin, dan E semua bertindak sebagai antioksidan kuat, menghambat kerusakan sel-sel seluruh tubuh oleh radikal bebas. Tidak ada ruginya mengonsumsi tomat, mengingat nilai gizi tomat yang juga bermanfaat bagi jantung dan sistem kardiovaskular.

Tomat Kaya Manfaat
- Tomat adalah alat pembersih darah yang baik.
- Sebagai antioksidan.
- Tomat membantu dalam kasus-kasus penumpukkan hati (melindungi hati dari sirosis) dan juga untuk melarutkan batu empedu. Hal ini karena dalam buah tomat terkandung homosistein yang cukup tinggi.
- Tomat adalah antiseptik alami sehingga dapat membantu melindungi terhadap asam infection Nicitinic dalam tomat dapat membantu menurunkan kolesterol darah, sehingga membantu mencegah penyakit jantung.
- Vitamin K dalam tomat membantu mencegah perdarahan.
- Melawan sel-sel kanker, kandungan likopen (pigmen merah dalam tomat), ini merupakan pigmen antioksidan kuat. Penelitian telah menemukan bahwa manfaat likopen termasuk mencegah prostat, kolorektal, payudara, paru-paru, dan kanker pankreas.
- Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
- Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
- Mengatasi kegemukan.
- Tomat sebagai produk kecantikan. Tomat juga banyak dimanfaatkan di dalam industri kecantikan, banyak masker dan pil anti penuaan yang berbahan dasar tomat. Bukan tanpa alasan, pigmen likopen memang terbukti efektif sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Jika Anda demam, tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Lavender, Keharuman nan Melezatkan

Posted: 17 Jan 2010 11:15 PM PST

BUNGA lavender cantik dipandang, lembut disentuh, dan harum dicium. Bunga indah ini tak cuma dimanfaatkan sebagai pengharum sabun, parfum, dan berbagai produk kecantikan, tapi juga untuk makanan.

Lavender telah lama dimanfaatkan sebagai bahan lilin aromaterapi, pengharum ruangan, cairan berkumur, dan sebagainya. Namun setelah diteliti lebih dalam, lavender memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Setetes minyak esens lavender yang dibakar untuk aromaterapi mampu meredakan sakit kepala. Setetes minyak esens lavender pada bantal Anda juga memberikan efek relaksasi dan istirahat maksimal.

Lavender menjadi pengusir alami bagi serangga dan nyamuk, sekaligus menjaga pakaian dari bahaya ngengat. Berkumur dengan campuran sedikit tetesan minyak lavender dan segelas air bisa mengatasi gangguan bau nafas tak sedap dan sakit tenggorokan.

Ternyata, lavender juga dimanfaatkan untuk pembuatan makanan, seperti lavender jelly, cokelat lavender, madu lavender, teh lavender, dan sebagainya. Lavender pun digunakan untuk campuran menu masakan. Hasilnya, lavender mampu menghadirkan aroma tak terduga dan cita rasa unik untuk masakan.

Berikut salah satu resep lezat masakan dengan lavender sebagai salah satu bahan utamanya, seperti dikutip Eatingwell.

Salmon with Lavender

Bahan yang diperlukan:
4 filet salmon segar
1 sdt lavender
1 sdt jus lemon
1/2 cangkir white wine
2 sdm minyak zaitun

Cara membuat:
1. Campurkan minyak zaitun, white wine, lavender, dan jus lemon dalam mangkok besar. Tambahkan garam dan lada putih secukupnya untuk menambah rasa. Rendam (marinated) salmon filet dalam campuran bahan di atas, kemudian simpan di lemari es selama 30 menit.

2. Sementara itu, panaskan alat panggang dalam suhu medium.

3. Bungkus salmon dengan aluminum foil, lalu masak di atas alat panggang 12-15 menit. Selama memasak, bolak-balik salmon sambil sesekali diperciki bumbu marinate.

4. Sajikan salmon dengan kentang panggang, wortel dan asparagus tumis, atau salad sayuran.(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: