Sabtu, 09 Januari 2010

Bunga Segar Penambah Lezat Makanan pasti siip

Bunga Segar Penambah Lezat Makanan pasti siip


Bunga Segar Penambah Lezat Makanan

Posted: 08 Jan 2010 09:03 PM PST

TAHUKAH Anda bahwa bunga hias segar dapat dimakan? Ya,kebiasaan mengonsumsi bunga masih awam buat masyarakat kita. Boleh dibilang hanya jenis bunga sayur atau bunga bumbu yang mungkin pernah dicicipi lidah kita.

Padahal, sejak abad ke-15 sebelum masehi, bangsa Romawi dan China sudah terbiasa menikmati kelezatan, sekaligus keharuman mawar serta krisan. Kebiasaan ini akhirnya ditiru masyarakat di beberapa wilayah seperti Eropa,Timur Tengah, dan negara Asia lain, sebut saja Jepang.

Bunga bukan hanya sebagai hiasan hidangan atau penambah rasa makanan dan minuman. Lebih dari itu, mengonsumsi hidangan berupa bunga diyakini bisa memberi manfaat bagi tubuh, yakni untuk kesehatan, kecantikan, dan keharuman tubuh.

Jika Anda ingin menambahkan rasa dan aroma pada puding, es krim, atau menu pencuci mulut lain, gunakan saja frambozen. Bunga ini juga banyak digunakan sebagai bahan baku sirup atau bir. Bunga ini berbentuk oval dengan bagian ujung atas yang lancip berwarna merah tua hingga kecokelatan. Ambil bagian kelopaknya dan cuci bersih, kemudian hancurkan dan ambil sari bunganya.

Selain frambozen, lavender juga dapat digunakan untuk hal yang sama. Bunga berwarna ungu ini biasa digunakan untuk membuat permen dan dekorasi keik, pewangi pada gula, bahkan bisa dipakai untuk menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan. Satu batang lavender biasanya berisi satu kelompok bunga dengan aroma yang cukup menyengat.

Jadi, siapa bilang lavender hanya ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk? Kalau kemangi, mungkin Anda sudah sering memakannya. Kemangi yang dikenal dengan nama basil ini cocok untuk lalapan, penambah rasa, dan aroma pada sayur berkuah, sambal, serta hidangan tumis.

Masih untuk tumisan dan lalapan, bunga pepaya biasa pula digunakan untuk melunakkan daging. Sebelum diolah, bunga ini harus direndam dalam air hangat dan diberi garam agar lunak serta menghilangkan rasa pahitnya.

Yang tidak biasa adalah menyantap bunga mawar. Sari mawar digunakan untuk pembuatan wine, saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding, serta selai. Bunga ini memiliki ribuan jenis dan kebanyakan tumbuh di belahan bumi Utara yang berhawa sejuk.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: