Jumat, 08 Januari 2010

“Es Sukaria” plus 3 more

“Es Sukaria” plus 3 more


Es Sukaria

Posted: 08 Jan 2010 03:02 AM PST

MENIKMATI segelas es krim di siang hari yang terik, tentu akan terasa menyegarkan. Namun, banyak orang tidak merasa menikmatinya lantaran selalu teringat dengan momok "gemuk".

Es krim merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan dessert, namun enak dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca panas. Camilan yang memiliki tekstur lembut dengan paduan rasa yang manis ini, sudah diminati sejak zaman Romawi.

Es krim adalah sebuah makanan beku yang dibuat dari produk dairy seperti krim (atau sejenisnya), digabungkan dengan perasa, dan pemanis. Campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es krim ke sebuah wadah, lalu dimasukkan ke dalam campuran es pecah dan garam.

Garam membuat air cair berada di bawah titik beku air murni, membuat wadah tersebut mendapat sentuhan merata dengan air dan es.

Seiring perubahan zaman, kini banyak hadir es krim serupa yang tak kalah lezatnya. Namun, jika es krim identik dengan produk susu, es identik terbuat dari air putih yang dibekukan.

Nah, untuk membuat es dengan menu unik. Berikut Anda bisa mencoba membuat es sukaria. Segar dan manisnya dijamin mampu membuat udara terik terasa dingin. Tak percaya?

Bahan:

500 ml es puter avokac (atau rasa apa saja sesuai selera), siap pakai

3 lembar roti tawar, buang pinggirannya, potong dadu 1 cm

100 gr cincau hitam, cuci bersih dengan air matang, potong dadu 1 cm

100 gr manisan kolang-kaling warna merah, siap pakai, iris membujur tipis

100 gr manisan kolang-kolang warna hijau, siap pakai, irisi membujur tipis

3 sdm susu kental manis

3 sdm susu kental manis cokelat

Es batu, serut

Agar-agar kuning:

1 bungkus agar-agar bubuk warna kuning

75 gr gula pasir

500 ml air

Cara membuat:

Agar-agar kuning

1. Aduk semua bahan hingga agar-agar dan gula larut. Didihkan di atas api sambil diaduk hingga agar-agar matang. Lalu angkat, dan tuangkan ke dalam loyang persegi yang sudah dibahasi air matang, ratakan.

2. Biarkan dingin, simpan dalam lemari pendingin hingga beku, kemudian potong berbentuk dadu 1 cm, sisihkan.

Penyajian:

Siapkan gelas/mangkuk saji, lalu taruh berturut-turut es puter, roti tawar, cincau hitam, manisan kolang-kaling merah dan hijau, agar-agar kuning. Beri es serut di atasnya dan bubuhi tipis-tipis dengan susu kental manis dan susu kental manis cokelat.

Selamat mencoba!
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sukses Mengolah Adonan Kue

Posted: 08 Jan 2010 02:35 AM PST

KUE sering menjadi teman setia yang selalu dihidangkan bersama kopi atau teh. Sebagai camilan saat keluarga sedang berkumpul atau mengobrol, kue juga bisa dihidangkan sebagai dessert usai makanan utama habis dilahap.

Bila Anda hobi mengolah kue atau mencontoh dari resep menu, tidak selalu berhasil membuatnya sesuai keinginan. Kurangnya pengetahuan bagaimana cara mengaduk adonan yang benar, atau bahan dasar kue yang berlebihan, malah membuat kue menjadi bantat. Kalau sudah begini, kue yang Anda bikin dapat terbuang sia-sia.

Jika kue yang Anda buat sering kali bantat, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mengolah adonan. Sehingga, kue pun dapat sukses dan tampak cantik ketika dihidangkan.

1. Bila cake tidak mengembang dengan rata, bisa disebabkan dasar oven yang digunakan tidak rata. Selain itu, bisa juga karena letak rak oven tidak tepat.

2. Bila cake tidak mengembang di bagian tengah (tenggelam), bisa karena terlalu banyak memakai baking powder. Ini menyebabkan cake mengembang terlalu berlebihan sehingga ambruk di tengahnya.

3. Bisa juga karena menggunakan buah-buahan yang basah (untuk fruit cake), cake diangkat sebelum sempurna masak, cake dibakar dalam oven yang suhunya terlalu rendah, dan kurang menggunakan tepung.

4. Bila cake tidak rata teksturnya, banyak lubang-lubang besar di dalamnya. Ini bisa disebabkan beberapa hal. Apa saja?

5. Ketika mencampurkan tepung, hendaknya sedikit demi sedikit, dan perlahan-lahan sambil diaduk. Bisa juga karena baking powder terlalu banyak, atau telat membakar dan terlalu lama mengocok adonan.

6. Bila kue keras, ini disebabkan karena gula mempunyai kristal yang terlalu besar, atau kue dimasak dalam oven yang masih kurang panas.

7. Bila kue di bagian luar sudah gosong, tapi di dalam tetap mentah, apa penyebabnya? Oven terlalu panas dan isi adonan dalam cetakan terlalu banyak.

8. Bila kue terlalu kering, mungkin Anda kurang memasukan telur dalam adonan, kurang air dalam adonan, terlalu banyak menggunakan baking powder, dibakar terlalu lama dalam oven yang dingin, kurang menggunakan margarine, dan terlalu banyak mengandung putih telur.

9. Bila buah-buahan terbenam dalam cake, mungkin juga disebabkan terlalu banyak air digunakan dalam adonan. Buah-buahan yang dipakai tidak dicuci dan dikeringkan juga bisa menjadi pemicunya. Atau, kue dimasak dalam oven yang panasnya kurang. Sehingga margarin dan gula sudah mencair tapi gluten belum masak betul, sehingga tekstur kue ini tidak kuat memegang buah-buahan tadi.

10. Bila kue bertekstur kasar, mungkin Anda harus memerhatikan margarin, gula, dan telur yang digunakan kurang lama dikocok. Terlalu banyak memakai baking powder juga bisa menjadi penyebabnya. Atau malah, terlalu sedikit menggunakan margarine dan telur serta suhu oven terlalu tinggi.
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sandwich Isi, Sarapan Bergizi Tinggi

Posted: 08 Jan 2010 12:01 AM PST

SARAPAN pagi adalah jadwal makan terpenting dalam sehari. Selepas tidur panjang semalaman, tubuh dan otak pasti membutuhkan asupan makanan untuk membangkitkan kembali energi.

Makanan yang Anda santap saat sarapan akan membekali Anda dengan energi yang dibutuhkan. Asupan karbohidrat, protein, dan vitamin sepatutnya turut dipertimbangkan, tidak sekadar mengisi perut kosong di pagi hari dengan aneka menu makanan.

Nah, bila Anda terbiasa sarapan dengan menu makanan berat, Sheknows memberikan beberapa pilihan menu praktis yang memiliki cukup kandungan gizi untuk beraktivitas di pagi hari. Cobalah memasak omelet dan membuat sandwich isi. Anda bisa mengisi roti gandum dengan isian sosis, atau menyantapnya dengan omelet.

Bila terbiasa makan buah di pagi hari, Anda bisa membeli yogurt di swalayan, lalu mencampurkannya dengan beberapa potong buah segar, seperti pisang, strawberry, apel, atau melon.

Menu lain yang menyehatkan adalah roti panggang dengan selai kacang atau wafel, dan muffin yang disirami sedikit sirup atau madu. Sarapan cepat dan sederhana bisa membuat Anda memulai hari dengan bahagia dan penuh energi.(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Makanan Sehat ala Vegan

Posted: 07 Jan 2010 10:31 PM PST

SAAT tengah menjadi vegan (penganut gaya hidup vegetarian), tentu Anda akan menghindari mengonsumsi berbagai produk hewani. Karena pada prinsipnya, diet vegetarian mengusung pola makan dengan membatasi sumber bahan pangan hewani.

Menjadi vegan, tentu akan menerapkan pola makan yang sehat. Namun jangan salah, mengonsumsi makanan sehat juga bisa menimbulkan banyak penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, jantung koroner, asam urat, dan lainnya.

Padahal, bila dijalankan dengan benar, diet vegetarian dapat membantu mencegah timbulnya penyakit degeneratif. Namun, diet yang Anda jalani mungkin justru menghilangkan protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh.

Agar Anda dapat menjadi vegan yang aman, maka Carefair memaparkan beberapa tip jitu. Di antaranya:

Mengonsumsi makanan mentah

Makanan yang sama bisa membuat diet Anda tidak sehat. Semisal, makanan kaleng atau makanan yang manis, dapat membuat diet vegetarian yang Anda jalani jadi tidak sehat.

Untuk memaksimalkan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi, akan lebih baik jika Anda menikmatinya dalam keadaan mentah. Namun, agar terbebas dari kuman, Anda harus mencucinya terlebih dahulu.

Cerdas memilih protein yang baik

Bagi para vegetarian, asupan protein ke dalam tubuh harus diwaspadai betul. Di dalam tubuh, protein berfungsi sebagai zat pembangun dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak.

Kedelai merupakan satu-satunya sumber protein nabati yang lengkap. Kecuali, jika Anda ingin mengonsumsi tahu, maka Anda perlu mengombinasikan protein dengan karbohidrat komplementer untuk mendapatkan sumber protein yang lengkap.

Semisal, mengonsumsi beras dan kacang-kacangan, serta gandum, secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan protein dari telur dan susu.

Pintar memilih lemak yang baik

Meski tengah menjadi vegan, Anda bisa tetap mengonsumsi lemak. Namun Anda harus pintar memilih lemak yang baik untuk tubuh.

Asupan makanan seperti kacang, biji-bijian, dan alpukat bisa Anda nikmati. Penganan ini tidak hanya sumber makanan yang baik untuk vitamin dan protein, namun juga menjaga kulit senantiasa sehat dan terlihat muda.

Banyak mengonsumsi air

Kendati air sangat penting untuk tubuh, namun Anda tetap harus memerhatikan saat mengonsumsi air selama satu hari penuh. Setidaknya, Anda harus mengkonsumsi 8 gelas per hari.

Langkah ini penting dilakukan untuk para vegan dan non-vegan. Air bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan tubuh. Air juga berfungsi mendorong mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh.

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi kopi, teh, atau alkohol, akan lebih baik jika mengonsumsi air lebih banyak dari biasanya.

Masak dengan minyak yang tepat

Dalam mengolah makanan berminyak, maka harus memerhatikan minyak yang tepat. Pilih minyak yang sehat dengan kandungan lemak nabati di dalamnya. Seperti minyak kanola, minyak biji bunga matahari, olive oil, atau minyak sawit sehingga Anda tak perlu khawatir terhadap penyakit berbahaya yang mengintai kesehatan.

Konsumsi multivitamin

Stres, obat-obatan, dan polusi dapat berpengaruh pada penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh. Untuk itu, agar tetap sehat dan bugar, Anda bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan sejak dini.

Berbagai kandungan vitamin yang dibutuhkan pelaku vegetarian seperti vitamin B12, vitamin D, serta vitamin E sangat baik untuk kulit.
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: