Sabtu, 02 Januari 2010

Inspirasi Wisata Kuliner Kota Bogor pasti siip

Inspirasi Wisata Kuliner Kota Bogor pasti siip


Inspirasi Wisata Kuliner Kota Bogor

Posted: 02 Jan 2010 12:44 AM PST

BICARA makanan yang lain dari biasanya, kota Bogor boleh dijadikan tujuan wisata kuliner. Tidak hanya terkenal dengan kawasan puncak-nya saja, namun kini Bogor telah menjadi salah satu kota surga jajanan yang memiliki beraneka jenis makanan.

Apalagi saat masa-masa liburan, Kota Hujan ini akan dibanjiri para pengunjung untuk menikmati jajanan khas Bogor mulai dari asinan Bogor, talas Bogor, roti unyil, toge goreng, laksa, gepuk karuhun, nasi tutug oncom, ayam gepuk echo raos, macaroni panggang, apple pie, es pala, combro, cincau, dan lainnya.

Umumnya para pelancong dari luar Bogor sengaja mengunjungi kota yang memiliki julukan baru "kota seribu angkot" ini dengan berwisata kuliner. Mereka biasanya mencari makanan khas Bogor seperti asinan Bogor dan roti unyil di kawasan Sukasari.

Menurut penjaja asinan Bogor di Sukasari, Monika, omset jajanan asinan di pergantian tahun baru meningkat. Omset pada libur tahun baru ini meningkat menjadi sepuluh persen.

Dengan peran baru sebagai kota tujuan wisata kuliner, penghasilan dari para produsen makanan di Bogor berhasil menyumbang pemasukan APBD Kota Bogor pertahunnya sebanyak Rp17 miliar. Angka yang lumayan fantastik, bukan?

Selain wisata kuliner, Anda pun dapat menyerbu factory outlet hingga butik khas Bogor, yang menyediakan perlengkapan lifestyle mulai dari tas, dompet, hingga sepatu. Factory outlet ini banyak terdapat di sepanjang kawasan Tajur.

Di tempat ini setiap harinya terjadi peningkatan pengunjung hampir 70 persen. Salah seorang pengunjung, Ibu Nurhayati, mengaku sengaja mencari tas untuk bepergian jauh ke tempat ini.

Menurutnya di tempat itu bisa mencari berbagai macam tas dan harganya pun bisa terjangkau. Wisata butik di kawasan Tajur ini merupakan tempat terfavorit untuk para wisatawan yang hendak menghabiskan uangnya.

Bagaimana, siap berwista kuliner dan factory outlet di Bogor?
(Endang Gunawan/Global/nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: