Rabu, 13 Januari 2010

“Lengkeng, Obat Alami Usir Insomnia” plus 3 more

“Lengkeng, Obat Alami Usir Insomnia” plus 3 more


Lengkeng, Obat Alami Usir Insomnia

Posted: 13 Jan 2010 01:19 AM PST

LENGKENG, buah berbentuk bulat dari daratan China ini menjadi jenis buah-buahan yang digemari masyarakat Indonesia. Siapa sangka, di balik ukurannya yang kecil, lengkeng membawa banyak manfaat. Salah satunya, sebagai obat bagi penderita insomnia.

Bagi Anda penderita insomnia, tentu obat penenang menjadi solusi jitu mengatasi rasa gelisah saat kondisi tersebut mendera. Namun jangan terburu-buru, obat alami justru lebih baik, aman, dan menyenangkan untuk dicoba.

Dengan rasa yang enak, manis, dan menyegarkan, buah berukuran kecil ini bisa membuat orang ketagihan. Tak heran, banyak orang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut atau dikonsumsi sebagai camilan ketika bersantai atau menonton televisi.

Buah kecil berbentuk bulat ini merupakan keluarga rambutan dan leci. Dalam bahasa Mandarin, lengkeng disebut dengan "ong ya guo" atau "long yan", yang berarti mata naga. Sementara di Indonesia, buah ini popular dengan sebutan "mata kucing".

Julukannya seperti itu karena buah lengkeng mirip bola mata. Daging buahnya berbentuk bulat, berwarna putih bening dan mengandung banyak air, sehingga bisa dibuat jus. Di tengah dagingnya, terdapat biji berwarna hitam atau cokelat tua.

Lengkeng mengandung sukrosa, fruktosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.

Fruktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, di antaranya mengendurkan syaraf.

Buah ini juga memberikan rasa tenang yang berkhasiat mengatasi rasa gelisah dan insomnia. Tak heran, orang menyebut lengkeng sebagai salah obat pengusir gelisah yang alami.

Selamat mengusir insomnia!
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Fasilitas Bintang Lima ala Al-jazeerah

Posted: 13 Jan 2010 12:53 AM PST


Al-jazeerah Restaurant & Cafe didesain sebagai tempat bagi para warga Timur Tengah yang sedang melakukan perjalanan bisnis, tugas dinas, berwisata, ataupun kegiatan lain di Indonesia, tapi tetap mendapatkan makanan yang sesuai dengan selera mereka serta dikemas dengan pelayanan juga standar tingkat tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi warga pribumi yang menggemari masakan Timur Tengah untuk datang ke sini.

"Restoran kami terletak di sebuah kawasan bisnis. Tempat yang tepat untuk makan siang bernuansa bisnis, minum minuman ringan setelah bekerja, pelepas beban pikiran, makan malam yang nyaman, dan acara-acara istimewa lainnya," kata Captain Supervisor Al-jazeerah Restaurant & Cafe M Zacky.

Restoran yang berlokasi di Jalan Raden Saleh 58, Cikini, Jakarta Pusat ini merupakan satu-satunya tempat makan bintang lima di Jakarta yang mengambil atmosfer Timur Tengah. Konsep bintang lima terlihat dari fasilitas restoran yang tergolong lengkap dan berkelas.

Zacky mengatakan, Al-jazeerah memiliki fasilitas sebuah ruang VIP bagi mereka yang memerlukan kekhususan dan kenyamanan serta kemewahan untuk pertemuan bisnis atau presentasi perusahaan. Ruangan ini dilengkapi fasilitas standar tinggi seperti TV dengan saluran internasional serta Wi-Fi yang dapat menampung 15 orang.

Selain itu, tempat ini juga memiliki area resto (lounge, dinning room, serta resto baru) yang dapat menampung hingga 200 orang. Area tersebut bisa digunakan untuk makan malam pribadi, pesta, rapat bisnis, dan resepsi pernikahan.

"Intinya, selain menjual food, kami juga menjual servis. Jadi, tidak heran dari segi pelayanan, kami juaranya. Dari fasilitas lengkap dan penampilan pelayanan serta staf kami yang menggunakan jas serta servis prima, bisa terlihat kualitas itu," ujarnya.

Yang tak kalah penting, lanjut Zacky, Al-jazeerah juga menyediakan money changer bagi ekspatriat yang memerlukannya. "Kami ingin menjadi one-stop restaurant yang memberi kemudahan bagi warga asing apabila berkunjung ke Indonesia. Kami juga menyediakan rent car, katering, dan delivery service," papar Zacky.

Al-jazeerah didirikan pada akhir November 2006 oleh pengusaha asal Timur Tengah, Mr Ali A Zayid, yang melakukan kerja sama dengan pengusaha Indonesia, Mr Umar Abdul Aziz Bakadam. Peresmian pembukaannya ditandatangani mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab, bersama salah seorang pengusaha Timur Tengah, Syech Saleh.

Zacky menuturkan, segmen pasar yang disasar Al-jazeerah adalah ekspatriat, keluarga, dan kalangan pebisnis. Lebih spesifik lagi, restoran ini mengambil target pengunjung dari kalangan menengah ke atas. Itu bisa dilihat dari harga makanannya yang tergolong "mahal", mulai Rp25.000–110.000 per item menu. Namun, harga tersebut sebanding dengan fasilitas serta pelayanan yang mumpuni.

Yang wajib dikunjungi di Aljazeerah adalah area kafe yang disebut Dannah Cafe, di mana kita bisa bersantai di atas sofa sambil menghirup shisha, yaitu rokok khas Timur Tengah yang dibakar memakai arang. Selain shisha, produk yang disediakan di sini adalah teh, kopi, mix-fruit, dan jus.

"Area kafe memang dikhususkan bagi para remaja serta anak muda yang ingin menikmati shisha sambil ngobrol, ngopi, dan mendengarkan musik Arab," sebut Zacky.

Berbicara makanan, Al-jazeerah menawarkan hidangan Timur Tengah yang nikmat dan autentik karena diramu oleh tenaga koki asing yang andal juga berpengalaman membuat makanan khas Timur Tengah. "Ini untuk menjaga standar kualitas makanan kami agar sama seperti yang dibuat di Timur Tengah," kata Zacky.

Makanan yang menjadi andalan dan banyak diserbu pengunjung di antaranya mandi laham, yaitu semacam nasi gurih dengan bumbu ala Timur Tengah dan daging kambing yang dimasak di bawah tungku. Ada juga sup magadim, yaitu sup kaki kambing ditambah bumbu khas Timur Tengah, beef magadim (sup kaki sapi), nasi biryani khas India, dan mix-grilled.

Di sini tersedia pula nasi goreng dan susu unta, hummus yang disajikan bersama pita bread, muhalabiyah (puding), om ali (roti croissant dengan susu), dan arabic salad. Sedangkan minuman favorit di Al-jazeerah adalah gahwa arabic (Arabic coffee) dan adeni tea (tea with milk).
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Cukup 4-7 Cangkir Kopi Sehari!

Posted: 13 Jan 2010 12:21 AM PST

BANYAK orang meyakini kafein untuk menghilangkan rasa kantuk. Banyak pekerja memilih kafein agar tubuhnya segar kembali. Padahal tanpa disadari, kafein dapat memberikan sisi buruk bagi kesehatan.

Menurut Carefair, penting untuk mengetahui apakah Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein setiap harinya. Terlalu banyak hal yang tidak baik bagi Anda dan merugikan diri sendiri, termasuk kafein. Nyatanya, mengonsumsi terlalu banyak kafein setiap hari cukup berbahaya, terutama jika Anda sensitif terhadap efek samping kafein.

Untuk itu, hal pertama yang patut Anda perhatikan adalah menilik kembali rutinitas harian. Jika Anda termasuk penggila berat kafein, maka sudah seharusnya Anda menghilangkan kebiasaaan buruk tersebut.

Setiap orang berbeda kadar kepekaannya terhadap kafein. Tapi sebagai patokan, para ahli medis sepakat, Anda seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari 500-600 mg (setara dengan 4-7 cangkir kopi) kafein sehari.

Pengaruh kafein akan terasa ketika Anda merasa tidak nyaman lagi saat mengonsumsinya, meski dalam jumlah kecil. Efek samping tersebut termasuk kegelisahan, sakit kepala, lekas marah, sulit tidur, kecemasan, mual, diare, dan masalah pencernaan. Efek kafein terasa lebih kuat pada orang dengan indeks massa tubuh lebih kecil, sedang stres, dan mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein.

Selain itu, jangan mencampur kafein dengan obat-obatan tertentu, seperti Ephedra, antibiotik (khususnya Noroxin dan Cipro), dan Theophylline. Mengonsumsi kafein yang dicampur dengan Ephedra dapat meningkatkan kemungkinan stroke, serangan jantung, dan kejang. Karenanya, kalau Anda tengah sakit, penting untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter. Tanyakan kemungkinan adanya hubungan antara resep dan kafein yang selama ini Anda konsumsi.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Makanan Penambah Tenaga

Posted: 12 Jan 2010 10:45 PM PST

SEBAGAI ibu baru, kita sering tak memiliki waktu untuk olahraga. Padahal, kita ingin tubuh senantiasa sehat. Karena alasan tersebut, jangan halangi keinginan Anda untuk olahraga.

Cara menyiasatinya, jadikan setiap aktivitas bersama si kecil sebagai bentuk olahraga menyenangkan. Selain itu, terdapat beragam makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu Anda mendapat efektivitas olahraga.

Dengan mengonsumsi lebih banyak bawang, apel, anggur, berry, cabe, dan brokoli, tubuh Anda akan memiliki energi besar untuk menjalani kegemaran berolahraga.

Antioksidan (quercetin saat dibuat dalam bentuk suplemen) dalam beragam bahan makanan tersebut membantu orang yang bersepeda mampu melakukannya lebih lama. Demikian menurut sebuah kajian yang dilansir eatingwell. Para peneliti mengatakan, quercetin membuat oksigen tersedia lebih banyak untuk paru-paru.

Berikut beberapa jenis buah dan sayuran yang siap memompa tenaga Anda, yakni:

Apel

Anda bisa mengkreasikannya dalam kombinasi klasik cheddar-apple melt. Cobalah, Anda pasti ketagihan.

Buah berry

Manfaatkan buah berry untuk menu berry-almond quick bread. Mulailah hari Anda dengan selembar roti gandum. Apapun jenis berry yang Anda gunakan, adonan gandum buttermilk bisa dibakar menjadi muffins, loaf, atau bahkan donat mini.

Cabe

Cabe bisa dimanfaatkan dalam menu creamy avocado & white bean wrap untuk Anda konsumsi sore hari. Cara membuatnya, lelehkan white beans dan keju cheddar bersama alpukat, lalu letakkan irisan tipis cabe merah sebagai topping-nya. Menu ini penuh cita rasa dan membuat Anda puas saat bergerak bebas dengan si kecil.

Brokoli

Menu broccoli cheese pie bisa Anda santap untuk sarapan, makan siang, juga makan malam.

Anggur

Bekukan anggur (frosted grapes) membuat cita rasa anggur menjadi berbeda, seperti menyantap kudapan mini yang sehat. Cara membuatnya, cuci dan tepuk-tepuk hingga kering 2 cangkir anggur tanpa biji. Bekukan selama 45 menit. Biarkan pada suhu ruangan selama 2 menit sebelum dimakan.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya, terdiri dari 55 kalori, 0 gr lemak, 0 mg kolesterol, 14 gr karbhohidrat, 1 gr protein, 1 gr serat, 2 mg sodium, dan 153 mg potasium.(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: