Selasa, 12 Januari 2010

“Makanan Indonesia, Disajikan ala Eropa” plus 4 more

“Makanan Indonesia, Disajikan ala Eropa” plus 4 more


Makanan Indonesia, Disajikan ala Eropa

Posted: 12 Jan 2010 02:27 AM PST


Dulu, menikmati makanan tradisional seperti nasi kuning, oseng-oseng toge, ataupun sayur asem mungkin hanya bisa dilakukan di rumah sendiri atau di warung pinggir jalan. Khusus yang terakhir, kondisinya jelas tidak nyaman. Kebersihannya juga diragukan.

Nah, pengusaha restoran rupanya jeli juga akan potensi yang bisa dikembangkan dari makanan khas Indonesia itu. Maklum, peminat makanan tradisional bisa dibilang sangat banyak. Maka, muncullah restoran yang khusus menyajikan makanan Indonesia dengan gaya penyajian ala Eropa.

Restoran Oasis di kawasan Raden Saleh, Jakarta bisa dibilang salah satu pelopor lahirnya restoran berkelas yang menawarkan makanan Indonesia asli. Meski demikian, restoran yang dibangun pada akhir 1980-an ini justru memasang target orang asing atau ekspatriat sebagai konsumennya.

Hingga menjelang 2000, Oasis bisa dibilang melenggang sendirian sebagai restoran eksklusif yang menawarkan masakan khas Indonesia. Mulai 2000-an, semakin banyak bermunculan restoran-restoran mewah yang menyajikan makanan khas Indonesia. Sebut saja Kembang Goela, Bunga Rampai, Merah Delima, Lara Djonggrang, hingga Dapur Baba. Mereka rata-rata menyajikan makanan Indonesia sebagai alat penarik pengunjung.

Simak saja menu seperti nasi ijo, kering tempe, kentang balado, ikan kerapu, sampai jajanan pasar seperti bolu kukus. Meski begitu, masing-masing restoran punya ciri khasnya masing-masing.

Restoran Kembang Goela, misalnya, lebih banyak menyajikan makanan Belanda peranakan Indonesia. Artinya menu yang disajikan ialah makanan Belanda yang juga sudah menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Semisal sosis yang diberi nama Sosis Om Yance. Namun, tetap ada pula makanan dan minuman tradisional seperti es yang terbuat dari peyem atau tape.

Sedangkan Restoran Bunga Rampai, lebih menyediakan makanan Indonesia dari penjuru Nusantara, mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi. Merah Delima menyediakan makanan China peranakan Indonesia, sedangkan Lara Djonggrang, sesuai namanya, lebih banyak menyajikan makanan Jawa.

Paduan kualitas dan pelayanan

Bagaimana rasanya menikmati makanan rumahan di restoran mewah? Titi Susanti, seorang representative office manager di sebuah perusahaan bidang sertifikasi tekstil asal Swiss, mengaku selalu menikmati suasana ala Indonesia yang kental di restoran Kembang Goela.

"Ambience-nya saya suka sekali. Interiornya khas Jawa.Kemudian ada barang-barang antiknya. Karena saya suka dengan barang-barang antik, jadi saya betah di sini,"ujar Titi yang hampir selalu makan siang di restoran yang terletak di kawasan Sudirman ini.
Menurut PR Manager Kembang Goela Group J Williams, suasana yang nyaman dan cozy memang menjadi andalan restoran ini. "Semuanya demi kenyamanan konsumen. Makanya, tak hanya makanan, interior dan pernakpernik penghias restoran juga sangat kita perhatikan," ujarnya.

Tak hanya suasananya, kualitas dan pelayanan di restoran-restoran mewah ini juga menjadi perhatian penuh. Setidaknya itu yang dirasakan oleh Odilia Winneke Setiawati. Managing Editor di sebuah media online ini menceritakan pengalaman berkesannya saat mencicipi makanan di sebuah restoran mewah khas Indonesia.

"Rata-rata makanan yang disajikan di sana diolah dengan bumbu-bumbu asli dan otentik. Sehingga rasanya dan kualitasnya benar-benar terjaga. Misalnya rawon menggunakan serai, kunyit, atau ketumbar. Nasi kuning juga memakai kunyit dan bumbu yang semestinya," ujarnya.

Soal keaslian atau keotentikan rasa memang menjadi pegangan utama restoran Indonesia dengan konsep luks itu. Lara Djonggrang, restoran dengan interior yang terkesan magis ini tetap mempertahankan rasa rempah-rempah yang umumnya mendominasi masakan Indonesia.

"Tak ada yang kita kurangi. Kalau makanannya pedas ya pedas, kalau manis ya manis," ujar PR Marketing restoran Lara Djonggrang Kiki Apriliani.

Restoran yang berada di kawasan Cik Di Tiro, Menteng ini memang tak main-main soal menu makanan. Bayangkan saja, setiap makanan yang disajikan di sini sudah melalui proses survei ketat.

Lebih unik lagi, menu-menunya bahkan diambil dari Kitab Negara Kertagama. Menurut Kiki, dari kitab ini, bisa diketahui makanan-makanan apa saja yang biasa disajikan masyarakat pada Raja Hayam Wuruk saat Raja Kerajaan Majapahit ini melakukan perjalanan ke daerah-daerah.

"Hunting untuk bisa mendapatkan resep ini bisa sampai ke daerah seperti ke Yogya. Misalnya menu gudeg, kita cari tahu rasa gudegnya seperti apa. Karena itu, tidak ada pengurangan bumbu atau bahan makanan demi menjaga keaslian saat disajikan," tandas Kiki.

Tak cuma soal rasa, pelayanan juga menjadi perhatian utama. Kebanyakan makanan di restoranrestoran tersebut disajikan dengan tampilan yang cantik. Dengan porsi yang mungil, makanan-makanan yang tersaji akan dihias sedemikian rupa hingga terlihat menggiurkan dan ingin segera disantap.

"Bisa dibilang, di tempat-tempat ini tampilan hidangan Indonesia sudah bertaraf internasional, bahkan lebih cantik dan tidak kalah dengan makanan Asia lainnya, termasuk pelayanan waiter dan waitress-nya," cerita Odilia yang kerap membawa kerabatnya untuk makan di restoran Indonesia.

Memang, pelayanan menjadi hal lain yang menjadi daya tarik dari restoran Indonesia. Di Restoran Oasis dan Kembang Goela, misalnya, penyajian makanan dilakukan ala rijsttafel, yaitu makanan akan disajikan oleh para pelayan dengan cara keluar dari dapur secara berbaris dengan masing-masing pelayan membawa satu piring menu.

Jika di dua restoran tersebut menyajikan makanan dengan gaya Eropa, di Lara Djonggrang, makanan justru disajikan dengan gaya ala ritual zaman raja-raja. Ritual yang disebut Royal Tugu Dom ini dilakukan dengan gaya makanan disajikan lewat iring-iringan dayang-dayang sejumlah 10-15 orang.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Susu, Bukan Hanya Susu Sapi

Posted: 12 Jan 2010 01:44 AM PST

SUSU adalah minuman dengan mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan. Konsumsi susu setiap hari penting untuk pertumbuhan.

Manfaat yang diberikan susu untuk manusia dapat dilihat dari tahapannya. Untuk bayi baru lahir, susu sangat berperan membantu pembentukan dan perkembangan tubuh. Untuk anak-anak dan remaja, susu merupakan sumber protein, vitamin B12 dan kalsium. Sementara untuk orang dewasa dan lansia, susu merupakan sumber protein, vitamin B12, dan kalsium.

Bila Anda pecinta susu, pasti Anda jeli memilih jenis susu yang akan dikonsumsi anggota keluarga. Memutuskan membeli susu, bukan hanya terbatas pada pertimbangan susu skim atau bebas lemak. Namun, terdapat beragam susu lain yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ingin tahu jenis susu lainnya? Berikut ulasan Shape untuk menambah referensi belanja Anda.

Soy milk (susu kedelai)

Susu ini bebas kolesterol dan memiliki lebih sedikit kandungan lemak jenuh. Kedelai kaya protein dan kalium, dan akan membantu Anda tetap langsing. Satu cangkir susu kedelai mengandung 100 kalori dan 4 gram lemak.

Walaupun ada banyak manfaat kesehatan dari susu kedelai, beberapa produsen menambahkan gula untuk mempermanis rasa. Pastikan Anda cermat membaca kemasan saat membeli susu kedelai kemasan.

Almond milk (susu kacang almond)

Susu jenis ini bebas kolesterol sehingga merupakan pilihan baik bagi mereka yang berusaha menjaga kebiasaan makan sehat dan memantau kadar kolesterol. Susu almond rendah kalori (satu cangkir memiliki 60 kalori), tapi tidak memiliki khasiat sebagus susu kedelai yang kaya protein dan kalium.

Goat milk (susu kambing)

Sebagian orang menyukai susu kambing karena teksturnya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa susu kambing mengurangi terjadinya alergi. Susu ini juga lebih mudah dicerna daripada pilihan susu lainnya. Satu cangkir susu kambing memiliki kandungan sekira 170 kalori, 10 gram lemak, dan 27 miligram kolesterol.

Cow milk (susu sapi)

Susu yang selalu menjadi populer adalah susu sapi. Pasalnya, dalam porsi yang tepat, segelas susu sapi menyediakan kalsium, protein, serta vitamin A dan D. Dalam hal pemenuhan kesehatan tubuh, susu sapi memiliki keseluruhan kalori, yakni sekira 80 kalori per cangkir.

Jadi, jika Anda ingin membangun kebiasaan makan sehat dan memonitor kolesterol, Anda dapat memilih susu skim atau susu rendah lemak yang kaya protein dan tanpa lemak jenuh.

Hemp milk (susu rami)

Susu rami kaya asam lemak omega-3 dan bebas kolesterol. Secangkir susu rami mengandung 100 kalori dan 400 miligram kalsium, jauh lebih besar dari susu sapi. Susu rami berasal dari tanaman ganja berukuran besar.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Ragam Sajian ala Pawon

Posted: 12 Jan 2010 01:22 AM PST


Aroma masakan ini sangat harum "menusuk" hidung. Bagaimana tidak? Di dalam kuah diberi irisan batang sereh yang dipotong memanjang sehingga rasa tengkleng semakin segar dan sedap. Pokoknya jangan berhenti sebelum tetes terakhir kuah tengkleng habis. Menu lain yang ditawarkan, nasi campur Bali. Menu ini terdiri atas nasi putih, bebek betutu, telur bumbu kuning, sate lilit, gedang mekuah, urap, sambal matah, dan kerupuk udang.

Sate lilitnya bukan daging ayam atau sapi seperti sate lilit kebanyakan, melainkan daging ikan kakap yang dililitkan di batang sereh. Gedang mekuah yang dihidangkan berupa kuah dengan potongan daging ayam, irisan cabai rawit merah, dan pepaya muda. Rasanya sangat pedas dan di jamin membuat Anda garuk-garuk kepala karena kepedasan dengan tetap mencoba menghabiskan semangkuk gedang mekuah ini.

Untuk menghilangkan rasa pedas, segarkan dengan minuman ketimun spesial. Ini merupakan parutan ketimun yang dipermanis dengan sirup spesial, atau untuk menghangatkan badan, pilih saja wedang jahe.

Penyuka daging bebek pasti akan menggemari bebek bakar rica ala Pawon. Rasa pedas datang dari irisan cabai rawit merah, bercampur dengan aroma harum daun kemangi dan lalapan. Rasa daging bebeknya kenyal, namun tidak keras. Jadi, Anda tertarik mencoba cita rasa masakan ala Pawon?
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemiri, Pelezat Kaya Manfaat

Posted: 12 Jan 2010 12:36 AM PST


Di balik permukaan daging kemiri yang berprofil, tersimpan manfaat yang sangat besar bagi rambut. Perawatan rambut dengan bahan alami dari kemiri membuat rambut sehat, tebal, dan kemilau. Biji yang terdapat di dalamnya juga memiliki lapisan pelindung yang sangat dan mengandung minyak cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.

Adapun manfaat kemiri lainnya ialah untuk:

1. Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri sedikit beracun ketika mentah.

2. Kemiri sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan bersama sayuran dan nasi.

3. Beberapa bagian dari tanaman ini sudah digunakan dalam obat-obatan tradisional di daerah pedalaman. Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut). Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Jepang, kulit kayunya telah digunakan untuk tumor. Di Sumatera, bijinya dibakar dengan arang, lalu diolesi di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Di Jawa, kulit batangnya digunakan untuk diare atau disentri.

4. Di Hawaii, pada masa kuno, kemiri yang dinamai kukui di bakar untuk menghasilkan cahaya. Kemiri disusun berbaris memanjang pada sebuah daun palem lalu dinyalakan salah satu ujungnya, dan akan terbakar satu demi satu setiap 15 menit atau lebih. Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu. Misalnya, seseorang bisa meminta orang lain untuk kembali ke rumah sebelum kemiri kedua habis terbakar.

5. Kemiri bisa dibakar dan dicampur dengan pasta serta garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona adalah bumbu masak utama untuk membuat hidangan tradisional Hawaii.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Variasi Menu Sarapan

Posted: 12 Jan 2010 12:04 AM PST

MEMULAI hari dengan sarapan merupakan kebiasaan positif. Pasalnya, menu sarapan yang tepat tak hanya membuat tubuh lebih berenergi, namun dapat membantu berat badan tetap stabil.

Mungkin Anda pernah mendengar, sarapan pagi adalah jadwal makan terpenting dalam sehari. Selepas tidur panjang semalaman, tubuh dan otak pasti membutuhkan asupan makanan untuk membangkitkan kembali energi pada pagi hari.

Makanan yang Anda santap saat sarapan akan membekali Anda dengan energi yang dibutuhkan. Asupan karbohidrat, protein, dan vitamin sepatutnya turut dipertimbangkan, tidak hanya sekadar mengisi perut kosong di pagi hari dengan aneka macam menu makanan.

Jika Anda tak punya cukup waktu untuk menyiapkan menu sarapan, carilah menu sarapan yang praktis, tapi mengandung banyak protein serta karbohidrat kompleks. Sebab, beberapa studi telah menunjukkan bahwa sarapan dengan menu seimbang dapat meningkatkan energi. Selain itu, manfaat sarapan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, dan dapat mencegah makan berlebih di sepanjang hari.

Nah, bila Anda terbiasa sarapan dengan menu makanan berat, Sheknows memberikan beberapa pilihan menu praktis yang memiliki cukup kandungan gizi untuk beraktivitas di pagi hari. Cobalah memasak omelet, dan membuat sandwich isi. Anda bisa mengisi roti gandum dengan isian sosis, atau menyantapnya dengan omelet.

Bila terbiasa makan buah di pagi hari, Anda bisa membeli yogurt di swalayan, lalu mencampurkannya dengan beberapa potong buah segar seperti pisang, strawberry, apel, serta melon. Menu lainnya yang menyehatkan adalah roti panggang dengan selai kacang atau wafel, dan muffin yang disirami sedikit sirup atau madu.

Ingin memasak hidangan yang spesial untuk sarapan? Tak usah panik, Anda bisa membuat menu praktis dalam waktu kurang dari 15 menit. Apa saja?

Tomato & Ham Breakfast Melt
Ambil beberapa lapis roti, lalu isi dengan tumpukan tomat, daging sapi berupa smoked beef ataupun daging giling, dan jangan lupa oleskan sedikit mayones. Tumpuk secara berurutan. Bila suka sayur lebih banyak, Anda bisa menambahkan beberapa lembar daun selada dan potongan timun Jepang dan bawang bombai.

Cocoa-Date Oatmeal



Anda bisa membuat sarapan pagi untuk anak-anak dengan semangkuk bubur gandum. Anda cukup menyiapkan microwave lalu masak bubur dengan campuran susu kedelai, cokelat, dan sedikit gula. Bila rasa cokelat ingin lebih menggigit, maka Anda tidak perlu mencampurkan gula. Namun, umumnya anak-anak suka penganan yang berbasis manis.
(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: