Rabu, 27 Januari 2010

“Menu Istimewa Shangri-La Sambut Imlek” plus 2 more

“Menu Istimewa Shangri-La Sambut Imlek” plus 2 more


Menu Istimewa Shangri-La Sambut Imlek

Posted: 27 Jan 2010 02:02 AM PST

TAHUN Baru Imlek yang jatuh pada 14 Februari mendatang tinggal dua pekan. Untuk menyambut perayaan Hari Raya Imlek di tahun Macan Logam ini, berbagai restoran hotel ternama di Jakarta mulai menawarkan berbagai menu istimewa. Tak ketinggalan, Shangri-La Jakarta.

Tahun Baru China atau dikenal juga dengan Festival Musim Semi dirayakan dua bulan setelah Festival Musim Dingin. Festival Musim Semi merupakan satu dari tiga festival penting dalam penanggalan China, selain Festival Perahu Naga, dan Festival Pertengahan Musim Gugur (Festival Kue Bulan).

Shangri-La Jakarta menyambut datangnya tahun Macan Logam dengan memanjakan para tamu dengan menyuguhkan hidangan istimewa serta menyiapkan hiburan khas Tahun Baru China.

Pengunjung hotel akan dimanjakan oleh dekorasi spektakuler di setiap sudut hotel Shangri-La Jakarta dengan membuat adaptasi desain yang unik, orisinil, dan mewah. Pada perayaan Imlek di tahun 2010 mendatang, akan ada 12 patung binatang yang merepresentasikan 12 shio yang dipajang di area lobi hotel.

Sementara lobi serta restoran Shang Palace dan SATOO akan dipercantik dengan dekorasi lampion khas perayaan Imlek. Ang Pao yang menjadi simbol perayaan Imlek pun turut digantung di pohon pussy willow yang akan diletakkan di area hotel untuk menambah semarak festival.

Dengan hadirnya Tahun Macan Logam, Shangri-La Jakarta menyiapkan sebuah roda keberuntungan (wheel of fortune) yang diputar pada 13 dan 14 Februari 2010.

Untuk setiap Rp3.888.000 nett yang dibelanjakan di Shang Palace, SATOO, dan Grand Ballroom selama Malam dan hari Tahun Baru China, tamu akan mendapat kesempatan memutar roda keberuntungan yang terdiri atas 12 lambang shio yang ada dalam tradisi China.

Bila panah menunjuk pada lambang Macan, tamu berhak untuk mengambil undian mendapatkan salah satu hadiah, di antaranya keanggotaan Platinum Club gratis, keanggotaan Health Club gratis, voucher menginap, voucher makan, voucher spa, dan voucher kue.

Tari liong dan barongsai akan membagikan semangat perayaan di Shangri-La Jakarta pada Malam dan Hari Tahun Baru China, 13-14 Februari 2010. Tahun ini, Shangri-La Jakarta mengundang sepasang Barongsai Selatan, sepasang Barongsai Utara, dan kelompok penari Liong untuk menari di area lobi dan restoran serta menyapa tamu dari meja ke meja.

Restoran China Shang Palace akan menjadi fokus perayaan Tahun Baru China di Shangri-La Jakarta. Untuk Malam Tahun Baru China pada 13 Februari 2010, Shang Palace akan menyiapkan tiga set menu istimewa. Set Menu Gold, Diamond, dan Jade dapat dinikmati pada Malam Tahun Baru China dengan harga mulai Rp488.000++ per orang. Sementara pada Hari Tahun Baru China, makan siang dengan konsep semi buffet dapat dinikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp188.000++ per orang dan Rp98.000++ per anak.

Lantas, menu apa saja yang khas pada perayaan Tahun Baru China? Hidangan yang istimewa bagi komunitas China, terutama selama Tahun Baru China adalah Yu Sheng. Yu Sheng merupakan salad berwarna-warni yang disajikan bersama ikan mentah (secara literal, yu berarti ikan, dan sheng berarti mentah).

Ikan mentah melambangkan kehidupan yang baru, sementara kata yu dalam bahasa China juga dipergunakan untuk merepresentasikan kesejahteraan. Menikmati Yu Sheng adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus unik. Masing-masing orang yang berada di meja, turut berpartisipasi dalam mencampurkan Yu Sheng.

Caranya, menyapit Yu Sheng dengan sumpit dan melemparkannya ke udara, sehingga Yu Sheng dan salad bercampur rata. Sambil melempar ke udara, mereka akan berujar, "Lo hei!" yang secara harfiah berarti "mencampurkan', tapi juga berarti "untuk keberuntungan tiada akhir".

Festival Yu Sheng akan diadakan di Shang Palace mulai 1 hingga 28 Februari 2010 dalam empat pilihan, yakni Salmon, Abalone and Lobster Yu Sheng (harga mulai Rp628.000++), Abalone Yu Sheng (harga mulai Rp398.000++), Salmon Yu Sheng (harga mulai Rp158.000++), serta Lobster Yu Sheng (harga mulai Rp300.000++).

Sedangkan di SATOO, Tahun baru China menjadi perjalanan kuliner yang tersaji dalam 12 open kitchen yang atraktif. Petualangan rasa yang istimewa ini dapat dinikmati pada 13 dan 14 Februari 2010 dengan harga Rp409.000++ per orang dan Rp209.000++ per anak.

Makan prasmanan dengan red wine, white wine, dan bir dapat dinikmati dengan kisaran harga Rp499.000++ per orang. Sementara itu, Grand Ballroom akan dibuka pada Malam Tahun Baru China bagi tamu yang ingin menikmati Chinese New Year Buffet bersama keluarga dengan harga Rp299.000++ per orang dan Rp159.000++ per anak.

Merayakan hari raya, tak hanya cukup dengan menu hidangan utama atau makan besar saja. Tapi, snack atau camilan justru menjadi teman di kala seluruh sanak keluarga sedang berkumpul bersama. Bagaimana dengan camilan khas Imlek? Apakah kita bisa menemukannya di hotel kelas mewah Shangri-La?

Tak usah khawatir, sebab Shangri-La Jakarta turut menyuguhkan sajian kue istimewa selama perayaan Tahun Baru China. Nama kuenya adalah Nian Gao. Kue ini merupakan simbol dari keberuntungan. Hal ini berkait dengan legenda China yang mengatakan bahwa saat Tahun Baru China, dewa dapur datang kepada setiap rumah untuk mengevaluasi keluarga yang tinggal di dalamnya.

Dewa dapur memberikan nilai lalu melaporkannya kepada Kaisar Giok di surga. Rasa Nian Gao juga mencerminkan penilaian yang diberikan oleh dewa dapur. Semakin manis Nian Gao, semakin tinggi penilaian yang diberikan. Nian Gao yang lengket dipercaya akan membuat mulut dewa dapur melekat sehingga yang dapat dilaporkannya hanyalah sebuah senyuman.

Kue Nian Gao dapat dibeli di Deli Shop selama Februari 2010. Selain Nian Gao tradisional, Shangri-La Jakarta juga menyiapkan Nian Gao dengan pilihan rasa pandan dan teh hijau. Tahun ini, Shangri-La Jakarta juga menawarkan dua jenis Chinese New Year hamper, Happiness dan Prosperity dengan harga mulai Rp988.000+ per paket.

Bila Anda ingin menghabiskan libur Tahun Baru China kali ini bersama seluruh anggota keluarga, Shangri-La Jakarta juga menawarkan paket menginap "Double Celebration Package" dari tanggal 12 sampai 20 Februari 2010.

Dengan paket ini, para tamu dapat menginap di kamar deluxe dan mendapat ang pao yang berisi voucher menarik mulai dari gratis hidangan pencuci mulut di Shang Palace, upgrade kamar ke tipe suite, voucher diskon untuk perawatan pijat tubuh di Health Club, sampai voucher diskon makan yang dapat digunakan di SATOO, Rosso, Shang Palace, Nadaman, B.A.T.S., maupun Lobby Lounge. "Double Celebration Package" tersedia seharga USD58++/orang/malam.
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Dim Sum yang Jadi Andalan

Posted: 26 Jan 2010 11:03 PM PST

DIM SUM menjadi menu yang dijagokan resto fast food oriental, Oenpao, mengingat awal mula resto ini berasal dari kedai dim sum yang berlokasi di kawasan Bumi Serpong Damai. Nama Oenpao pun akhirannya diambil dari kata "bakpao".

Dim sum yang disajikan jenisnya beragam. Cobalah hakkau oleh Anda yang menyukai udang. Udangnya sangat garing ketika dikunyah. Ada pula smoked beef and cheese. Dari namanya sudah ketahuan ini adalah dim sum isi daging dan keju yang spesial. Daging dan kejunya diselipkan tepat di tengah-tengah. Lainnya ada fried crab dumpling, lumpia ayam, lumpia udang, dan udang mayones.

Menariknya, ada mini pao sweet yang menawarkan isi keju, kacang merah, pandan, kacang hijau, cokelat, dan susu. Cocok bagi penyuka dim sum yang mungkin sudah jenuh dengan isi dim sum seafood atau daging.

Oenpao juga menyediakan aneka bubur. Oenpao spesial adalah bubur dengan isi bebek dan ayam panggang ditambah ayam char siew. Boleh pula mencicipi bubur seafood yang terdiri atas daging ikan kakap, cumi, bakso ikan, dan udang.

Bila ingin menikmati hidangan "berat", pilih saja nasi hainan di antara sajian menu yang ada. Ada nasi hainan mix grill yang berupa daging bebek dan ayam panggang, ayam char siew, dan pok choy. Nasi yang agak kecokelatan ini pulen dan mempunyai taste tersendiri. Potongan daging ayam dan bebek yang disediakan dalam satu porsi, juga lumayan banyak.

Nasi ini dihidangkan dengan semangkuk kuah dan tiga jenis pilihan sambal. Ada sambal botol, plum sauce, dan sambal Oenpao yang terbuat dari cabai kering dengan minyak khusus. Jangan kira sambal ini tidak pedas. Yang membuat pedas justru minyaknya. Acara makan pun bisa semakin bergairah.

Ada lagi nasi hainan ayam jamur tausi. Nasi ini disajikan dengan bumbu tauco. Menu lainnya, terdapat nasi bebek spesial dan nasi hainan pangsit shanghai.

Masakan Asia kurang lengkap tanpa hidangan mi. Pilihan menu mi yang bisa Anda nikmati di sini antara lain mi pangsit shanghai. Ukuran mi ini kecil-kecil, tidak seperti mi pada umumnya. Dalam satu mangkuk, di samping ayam dan daun pok choy, ada pula dua buah pangsit shanghai yang memiliki isi. Char siew wonton noodle merupakan menu mi lain yang ditawarkan.

Juga ada deretan sup dan kari. Sebut saja tom yam noodle soup yang porsinya cukup besar. Chicken curry noodle, wonton soup, dan swekiau kuah adalah menu lainnya. Yang terakhir ini merupakan kulit pangsit dengan daging ayam.

Di musim penghujan ini, untuk menghangatkan tubuh, Anda bisa memesan seafood curry noodle. Mi yang lagi-lagi porsinya cukup banyak dan kaya akan seafood ini enak disantap selagi hangat. Dijamin sangat segar.

Masih bernuansa hidangan laut, Anda bisa mencoba bubur oenpao spesial. Ayam char siew, tofu, cumi, udang, dan jamur akan menemani acara bersantap Anda. Jangan lupa menambahkan kulit pangsit, tongcay, dan irisan daging ayam yang juga disediakan. Tambahkan sambal jika ingin agak pedas.

Jangan lewatkan pula kesempatan menjajal ceker ayam yang menjadi favorit para tamu. Dalam satu porsi disediakan tiga buah ceker. Jika merasa kurang, tinggal angkat tangan Anda dan panggillah pelayan. Sebab, rasanya seporsi memang belum cukup untuk menuntaskan rasa puas dan penasaran Anda.

Menemani makanan, ada pilihan minuman di antaranya aneka jus, shake, dan smoothies. Ada pula teh tarik. Jika ingin yang hangat dan tidak manis, pesanlah teh tawar. Teh ini merupakan teh China dan yang pasti rasanya berbeda dengan teh tawar kebanyakan. Penasaran bukan? Datang saja langsung ke resto ini!
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Fast Food Oriental

Posted: 26 Jan 2010 10:47 PM PST

MENGANGKAT konsep hidangan cepat saji, Oenpao menggaet pelanggan dengan keistimewaan menu Asianya. Tempat yang strategis dan nyaman membuat resto ini berbeda dengan resto fast food lain.

Masakan Asia adalah menu utama yang dijual di restoran yang terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan ini. Menempati bangunan seluas 350 meter persegi, Oenpao berupaya menarik para pencinta kuliner yang kerap bertandang ke kawasan Kemang. Maklum, Kemang memang menawarkan bukan hanya restoran, tapi juga pelbagai kafe dan lounge yang menjadikan kawasan tersebut sebagai melting point nan menjanjikan.

Bila weekend tiba, bisa dipastikan Kemang akan dipadati pengunjung dari berbagai kalangan, mulai anak muda hingga orangtua. Kemacetan pun tidak dapat dihindari di jalanan sepanjang kawasan ini. Begitu pula dengan restoran yang memiliki tagline "fast food with a service" ini. Jumat dan Sabtu menjadi puncak kepadatan pengunjung. Namun, tampaknya hal tersebut tidak mengganggu Rizal yang kerap datang bersama keluarga ke restoran ini.

"Kami suka datang pada malam Minggu. Soalnya ada live music dan tempatnya tidak crowded banget. Bisa santai sambil menikmati lagu," ujar pria berusia 60 tahun itu.

Live music memang menjadi salah satu hiburan yang disediakan pengelola Oenpao. Terlebih lagi, musik yang dibawakan adalah sengaja memilih tembang bernuansa '70-an untuk menyasar target pengunjung usia 30 tahun ke atas. Meski demikian, bukan berarti Oenpao tidak memprioritaskan kalangan anak muda lho.

Tembang yang dimainkan lewat petikan dua gitar dan gesekan biola itu mampu membuat pengunjung larut dalam suasana, kendati tanpa seorang vokalis. Apalagi, area restoran sebagian besar berada di taman yang hanya diterangi cahaya obor yang ditempatkan di beberapa sudut taman. Ada pula beberapa lampion berwarna merah yang digantungkan di sekeliling taman. Hmm… sangat romantis di malam hari.

"Meski Kemang tempatnya agak hectic, begitu masuk ke sini suasananya lain, makanannya pun enak," ujar pengunjung lain, Rahmi, kepada Seputar Indonesia.

Apa yang dikatakan Rahmi tidaklah salah. Untuk menghalau kebisingan di luar, tepatnya dari jalan raya, dibangun sebuah kolam air mancur.

Dede Rachmat selaku General Manager Supporting Oenpao mengatakan, Kemang sengaja dipilih untuk menerapkan konsep garden. Sebab, kebanyakan restoran maupun kafe yang ada di lokasi ini berada di area outdoor. Kebetulan tempat yang dibidik pun memenuhi keinginan sang pemilik.

"Karena konsepnya garden, pengunjung lebih banyak datang pada sore hari. Selain tidak panas, mereka juga bisa lebih santai," kata Dede.

Walau menawarkan area luar, Oenpao juga memiliki ruang di dalam yang bisa menampung puluhan orang. Bangku yang tersedia bentuknya bervariasi. Ada bangku kayu dengan model tinggi seperti kursi bar, ada pula yang modelnya rendah mirip kursi bakso. Jika diperhatikan, kursi-kursi tersebut memang seperti kursi yang lazim ditemukan di kedai makan China.

Di ruang dalam, pengunjung dapat melihat kegiatan menyiapkan makanan melalui dapur yang panggang ataupun ayam panggang yang digantung. Sesekali pelayan memotong-motong bebek ataupun ayam yang digantung untuk disajikan sesuai pesanan.

"Dapur yang terbuka membuat orang yang datang bisa melihat proses penyajian makanan yang higienis. Perlengkapan memasak yang digunakan pun semua terjamin kebersihannya," tutur Dede.

Lebih lanjut Dede menuturkan, yang membuat Oenpao berbeda dengan restoran Asia lain adalah Oenpao menyajikan menu ala carte, yakni nasi dengan ditemani lauk-pauknya. Tidak sama dengan restoran China lain yang kebanyakan menawarkan fine dining.

Kata Oenpao diambil dari nama marga sang pemilik resto, yakni Oen, sementara kata "pao" berasal dari bakpao. Siapa mengira jika restoran ini sebelumnya berangkat dari sebuah kedai dim sum di bilangan Bumi Serpong Damai. Kedai dim sum ini mendapat sambutan sangat positif dari para tamu.

Akhirnya sampai sekarang tercatat ada sekitar 14 cabang Oenpao yang terdapat bukan hanya di Jakarta, namun termasuk di Bogor dan Bali. Masing-masing restoran hadir dengan konsep yang berbeda. Oenpao yang berada di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan, misalnya, tidak menggunakan konsep garden, tapi lebih ke lounge dengan sofa-sofanya yang nyaman.

Menu yang ditawarkan termasuk aneka cake, disediakan pula fasilitas Wi-Fi. Sebaliknya, Oenpao di Kemang tidak menyediakan cake dan Wi-Fi. Restoran ini tidak menyediakan hidangan khusus untuk sarapan, namun ada menu seperti aneka bubur yang bisa menjadi santapan Anda pada pagi hari. Di samping bubur, menu andalan lain restoran ini sudah pasti adalah dim sum. Dim sum yang disediakan seluruhnya berjumlah tiga buah. Ada pula variasi nasi hainan, mi, kari, dan sup. Bebek yang digunakan diimpor dari Malaysia.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: