Kamis, 14 Januari 2010

“Musik Keroncong di Warung Sate Sederhana” plus 4 more

“Musik Keroncong di Warung Sate Sederhana” plus 4 more


Musik Keroncong di Warung Sate Sederhana

Posted: 14 Jan 2010 02:43 AM PST


Para pengunjungnya bisa menyantap sate dan tongseng andalan kedai ini sambil mendengarkan live music keroncong yang dimainkan tepat di depan kedai ini mulai dari 10.00-15.00 WIB. Mereka rupanya pengamen tetap di warung tersebut. Sehingga tak heran bila masyarakat lebih mengenal warung sate ini dengan nama Warung Sate Keroncong.

Bagaimana rasa sate di Warung Sate Sederhana? Jangan dikira rasanya sederhana. Sebab, sate di sini begitu disukai para pecinta kuliner. Apalagi dengan menu unggulan lainnya, seperti tongseng dan gulai kambing. Kedua menu lainnya yang juga "digilai" para pengunjung. Apalagi jika jam makan siang tiba, tongseng menjadi menu unggulan paling banyak dipesan.

Kuah tongseng yang kental dengan cita rasa rempah yang menonjol menjadikan hidangan ini terasa begitu lezat. Apalagi cara memasaknya pun masih menggunakan kayu sebagai bahan baker. Cita rasa dan aromanya terasa berbeda. Jika Anda ingin mencicipi kelezatan tongseng Warung Sate Sederhana, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15 ribu untuk tongseng, dan sate kambing juga dihargai sama.

Warung ini mulai beroperasi tahun 1959 di kaki lima Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Pemiliknya Pak Mulyono merupakan generasi kedua. Perintisnya adalah Kirmadi, ayah Mulyono. Warung tersebut berusia 48 tahun dan kini memiliki 20 orang karyawan. Warung tersebut menyajikan sate kambing khas Klaten, Jawa Tengah.

Tidak terlalu sukar menemukan kedai ini. Anda jalan saja di sepanjang trotoar di sisi Polsek Jatinegara. Nanti Anda akan dengar suara musik keroncong, dan di sanalah Warung Sate Sederhana.
(tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Black Ink Pasta In Vongole Sauce

Posted: 14 Jan 2010 02:26 AM PST

DARI ranah kuliner Eropa, masakan Italia masih menjadi primadona, apalagi untuk pastanya. Menu yang satu itu hampir dipastikan ada di setiap restoran yang menyediakan masakan internasional. Misalnya, black ink pasta in vongole sauce.


Bahan:

1.500 ml air mineral
225 gram pasta hitam
10 gram bawang putih, cincang
30 gram bwang bobai, cincang
150 gram daging kerang hijau
150 gram tomat potong
0,3 gram daun tarragon
150 gram keju parmesan
0,3 gram daun basil segar
100 gram minyak zaitun

Cara membuat:
1. Masak air hingga mendidih, tambahkan sedikit minyak zaitun, masukkan pasta hitam dan masak hingga matang selama kurang lebih 7 menit.

2. Angkat, pindahkan ke air dingin, kemudian tiriskan.

3. Panaskan minyak zaitun. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, kemudian tambahkan kerang hijau, daun tarragon, dan tomat potong.

4. Tambahkan pasta yang sudah direbus serta bumbui dengan garam dan merica.

Sajikan dengan taburan keju parmesan.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pasta Aneka Warna

Posted: 14 Jan 2010 02:17 AM PST


Tak dimungkiri masakan Eropa, khususnya Italia, memang sangat populer di Indonesia. Menu-menu asal Italia sudah demikian banyak dikenal oleh masyarakat kota besar, tak terkecuali di Surabaya.

Bagi para pencinta pasta yang sedang merencanakan kunjungan ke kota pahlawan itu, rasanya sayang melewatkan kesempatan menyantap sajian ini. Kebetulan restoran Trimurti yang berlokasi di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya kini tengah rutin menyuguhkan pasta dengan aneka pilihan warna. Tak lupa, topping dan sausnya juga dibuat sangat spesial.

Berbeda dengan jenis pasta yang umumnya tidak berwarna, pasta di restoran Trimurti dibuat dalam komposisi warna yang menarik. Tiap hari ada delapan jenis pasta yang disediakan, yakni penne, fettuccine, spaghetti, farfalle, tagliatelle, red dan green fettuccine, serta yang paling unik adalah ink pasta alias pasta hitam. Anda tak perlu khawatir karena warna-warna yang "membungkus" pasta tersebut bukan berasal dari pewarna buatan, melainkan dari bahan-bahan yang alami dan menyehatkan.

Menurut Executive Chef Hotel Mercure Grand Mirama Mudji, warna merah didapat dari sari wortel yang baik bagi tubuh. Seperti kita tahu, wortel kaya vitamin A. Sementara, warna hijau diperoleh dari daun parsley. Pada ink pasta, warna hitamnya diperoleh dari squid ink alias tinta cumi-cumi.

"Selain rasanya akan semakin nikmat, pasta dengan warna-warna yang cantik tentu bisa membangkitkan selera makan," kata Mudji.

Untuk melengkapi pasta nan menggugah selera ini, dapat dipilih saus dan topping sesuai keinginan Anda. Setidaknya ada delapan jenis saus yang disediakan, mulai bolognaise, carbonara, marinara, salmon, concase, pesto, alfredo, hingga cream cheese yang akan langsung diolah bersama pasta pilihan.

Uniknya, di restoran Trimurti, pengunjung tidak hanya dapat menikmati pasta. Sebab, para tamu juga akan diberi kesempatan untuk melihat secara langsung proses pengolahan pasta-pasta itu melalui live cooking show dari para juru masak Trimurti.

Cukup dengan mengeluarkan uang Rp79.000++ per orang, pengunjung Trimurti dapat memperoleh satu set jamuan makan siang lengkap, mulai sup, salad, main course berupa pasta, hingga dessert. Tersedia pula kue-kue kecil yang bisa dinikmati bersama kopi dan teh.

Program promosi ini berlaku selama Januari 2010, tiap hari kecuali Sabtu, Minggu, dan hari besar mulai pukul 11.00-15.00 WIB. Jadi, jangan katakan Anda pencinta pasta jika belum pernah menikmati pasta dengan aneka warna ini.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Nikmatnya Nasi Bumbung Gatot Subroto

Posted: 14 Jan 2010 01:50 AM PST

APA jadinya jika nasi hangat yang sudah dicampur berbagai bumbu dimasukkan ke dalam sebuah bambu berdiameter 6 cm dan panjang 12-14 cm? Jawabannya ada di rumah makan Nasi Jambronk & Nasi Bumbung Jalan Gatot Subroto No 46A Bandung.

Tepat di seberang Hotel Papandayan, sebuah rumah makan milik pengusaha asal Yogyakarta berdiri sejak 2 November 2009 lalu. Rumah makan itu menawarkan menu unggulan, yaitu nasi jambronk dan nasi bumbung.

"Nasi bumbung itu, nasi putih yang sudah dicampur berbagai bumbu, sosis, wortel, dan sayuran lainnya lantas dimasukkan ke dalam bambu dengan diameter 6 cm dan panjang 12-14 cm. Bumbung itu adalah bambu dalam bahasa Yogya," kata Manajer Marketing Nasi Jambronk & Nasi Bumbung, Saryana, Kamis (14/1/2010).

Saryana mengatakan, sebelum dimasukkan ke dalam bambu, nasi putih yang dicampur berbagai bumbu itu dibungkus dengan janur kuning. Setelah dimasukkan ke dalam bambu, lanjut Saryana, nasi tersebut kemudian dikukus selama 30 menit.

Menurut Saryana, ada 7 macam nasi bumbung yang ditawarkan, yaitu nasi bumbung bebek, ayam, cumi, lele, telor, empal, dan udang. Harganya bervariasi, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp24 ribu.

Lebih jauh Saryana mengatakan, rata-rata rumah makan tersebut penuh pada saat jam makan siang. Selain di lantai dasar, rumah makan itu juga menyediakan lesehan di lantai dua.

"Jadi kalau ada yang mau menggelar pertemuan, bisa di lantai dua. Kalau dihitung, mungkin rumah makan ini bisa menampung 70 orang," kata Saryana.

Saryana menambahkan, selain nasi bumbung, ada juga minuman favorit yang kerap diburu pengunjung, yaitu minuman wedang wayang. Kerap diburu, lantaran wedang wayang baik buat kesehatan dan menyembuhkan masuk angin.

"Khasiatnya untuk menyembuhkan masuk angin. Wedang wayang ini sebetulnya wedang jahe yang dicampur dengan gula jawa, susu, dan campuran lainnya," tandas Saryana.
(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Asupan Antioksidan Penting untuk Tubuh

Posted: 14 Jan 2010 01:49 AM PST

MEMILIH makanan yang akan dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Alih-alih sehat, jika salah memilih, justru bisa membuat Anda mengalami kerugian.

Saat ini, sudah banyak pakar dan situs internet yang memberikan informasi penting tentang cara memilih makanan yang baik. Di antara saran itu, antioksidan memegang peranan penting.

Agar bisa mencapai kadar antioksidan yang cukup, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan minimal lima sampai enam variasi setiap harinya. Jangan lupa, konsumsi buah-buahan, seperti jambu, pisang, salak, juga anggur.

Buah-buahan tersebut bisa diolah menjadi beragam makanan atau dibuat jus, dapat membuat Anda tidak bosan. Namun, bila sulit untuk mengubah pola makan secara teratur, maka cara paling praktis adalah rajin mengonsumsi suplemen antioksidan.

Memilih suplemen antioksidan sebenarnya susah-susah gampang. Jika Anda mengonsumsi multivitamin, maka biasanya kandungan antioksidannya tidak cukup memadai. Namun, jika memilih suplemen antioksidan yang menekankan vitamin dan mineral tertentu, maka jumlah antioksidan yang diperlukan umumnya sudah mencukupi kebutuhan tubuh terhadap antioksidan.

Jika Anda terpikir untuk mengonsumsi multivitamin sekaligus suplemen antioksidan, ada baiknya Anda hitung dulu kandungannya dan sesuaikan dengan batasan yang diberikan. Agar lebih amannya lagi, berkonsultasilah kepada dokter ahli gizi agar tidak salah langkah. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?
Dengan asupan antioksidan yang cukup, Anda pun bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis. Mulai penyakit yang berhubungan dengan ketuaan (aging), kanker, penyakit pembuluh darah seperti jantung koroner, dan penyakit degeneratif seperti dementia, parkinson, dan alzheimer. Penyakit-penyakit di atas tidak lagi milik orangtua, namun juga menyerang anak muda.

Nah, agar Anda terhindar dari berbagai penyakit yang menciutkan nyali, sebaiknya mulai memerhatikan asupan antioksidan sejak dini. Hindari makanan serbainstan atau fast food karena mengandung lebih banyak pengawet, gula, dan lemak jenuh. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung zat antioksidan, serat, serta vitamin akan menguatkan sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah dilemahkan oleh beragam penyakit.
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: