Senin, 04 Januari 2010

“Nasi Ulam Misjaya nan Lezat” plus 4 more

“Nasi Ulam Misjaya nan Lezat” plus 4 more


Nasi Ulam Misjaya nan Lezat

Posted: 04 Jan 2010 03:06 AM PST

NASI, sudah dikenal sebagai sumber karbohidrat utama orang Indonesia. Dari mulai nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, serta nasi ulam banyak dijajakan di pinggir jalan.

Bila Anda salah satu pecinta karbohidrat sederhana ini, maka Anda harus mencoba mencicipi nasi ulam. Pasalnya, nasi ulam disajikan dengan lauk lengkap. Tidak seperti nasi goreng, nasi uduk dan nasi kuning yang disajikan hanya nasi-nya saja.

Bila Anda penasaran dengan bentuk nasi ulam, ciri khas nasi ulam adalah disiram kuah semur kecoklatan dan lauk dendeng manisnya yang lezat. Lauk pelengkapnya beragam jenisnya, semua dalam ukuran atau potongan kecil-kecil. Begitulah biasanya nasi ulam disajikan.

Nah, berhubung pedagang Nasi Ulam di Jakarta sangat sedikit. Anda bisa mencicipi nasi ulam Misjaya yang berlokasi persis di depan vihara di Jl Kemenangan Glodok. Warung ini merupakan salah satu penganan legendaris di lokasi tersebut. Sejak tahun 1960-an kedai ini selalu dikerubuti pembeli setianya dengan nenu andalannya, tentu nasi ulam. Harga seporsinya sekitar Rp 3.000-an.

Jika Anda ingin mencicipi lezatnya nasi ulam Misjaya, maka Anda bisa mendantangi Jl. Kemenangan III, depan Vihara Toa Soe Bio. Jika dari arah depan pertokoan Glodok, Anda cari jalan Kemenangan di sebelah kiri, masuklah lebih kurang 300 M, setelah vihara di sebelah kanan ada Jl. Kemenangan III. Susuri jalan tersebut melewati sekolah Ricci atau Santa Fatimah, setelah kurang lebih 500 meter. Di ujung jalan di sebelah kiri ada vihara Toa Soe Bio.

Nasi ulam Misjaya berada tepat di depan vihara tersebut. Jam buka setiap hari, dari pukul 17.00 sampai habis.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Santap Sayur, Bad Mood Hilang!

Posted: 04 Jan 2010 02:28 AM PST

APA yang Anda makan berhubungan dengan aktivitas neurotransmitters, zat kimia yang menyampaikan informasi dari satu neuron ke neuron lainnya. Semua kinerja zat kimiawi ini berimbas pada mood seseorang.

Penelitian yang dilansir MSN melaporkan bahwa terdapat hubungan antara makanan dengan mood seseorang. Keterikatan tersebut dapat dilihat dari kandungan beragam vitamin di dalam sayuran yang dapat mengubah zat-zat kimia dalam otak.

Lantas, makanan apa yang sebaiknya disantap ketika bad mood menyerang? Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang memiliki level asam folat rendah dalam darahnya memiliki tingkat depresi lebih tinggi.

Saat dilanda rasa tertekan hingga berujung pada depresi, sebaiknya Anda mengonsumi makanan berbasis asam folat. Konsumsi vitamin B-6, B-12, dan asam folat adalah solusi untuk mengurangi bad mood. Jenis makanan kaya folat dapat ditemukan secara alami pada bahan makanan, seperti sayur-sayuran berwarna hijau, kacang kedelai, umbi-umbian, jeruk, dan biji bunga matahari.

Jika malas menyantap semua jenis makanan tersebut, Anda dapat mengantisipasinya dengan menenggak multivitamin yang mengandung 400 mikrogram asam folat. Alhasil, kebutuhan asam folat tubuh dapat tercukupi. Perasaan depresi yang tengah melanda pun berangsur-angsur berkurang.(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mengenal Bumbu-Bumbu Jepang

Posted: 04 Jan 2010 12:23 AM PST


Nori
 
Nori, adalah olahan rumput popular. Nori berbentuk lembaran tipis seperti kertas dan berwarna hijau kehitaman. Ukuran lebaran nori ada yang besar dan kecil. Untuk menyimpannya mudah saja, tinggal letakkan di tempat yang kering. Nori berguna untuk membungkus sushi dan taburan nasi hangat. Rasa pedas ketika menyantap sushi atau sashimi, berasal dari cocolan wasabi.

Wasabi

Ada tiga jenis wasabi, yakni wasabi segar yang langsung diparut dari sayurannya dan siap disantap. Juga ada wasabi yang berbentuk pasta dalam kemasan tube, juga ada wasabi bubuk. Nah, wasabi bubuk ini yang paling "tajam" di antara jenis lainnya. Kemudian ada Japanese rice vinegar, ini merupakan cuka beras yang rasanya ringan dan enak. Cuka ini bisa digunakan sebagai campuran nasi untuk membuat sushi.

Wakame

Wakame, sejenis rumput laut yang bentuknya seperti daun teh kering dan berwarna hitam. Cara mengolahnya, seduh dengan air panas, atau langsung masukkan ke dalam air mendidih. Masak selama lima menit hingga lunak. Jangan sampai terlalu matang. Keguanaannya untuk masakan sup dan sebagai campuran salad.

Bonito flake
 
Bonito flake, biasa disebut katsurobushi yang berasal dari ikan bonito, jenis ikan makarel yang populer di Jepang. Ikan ini dikeringkan hingga berbentuk seperti kayu, lalu diserut. Rasanya agak asin. Gunanya sebagai campuran membuat kaldu dashi dan taburan masakan, misalnya agedashi tofu dan takoyaki.

Miso

Miso adalah produk fermentasi dari kedelai yang rasanya asin, warna dan rasanya mirip dengan taoco. Hanya teksturnya halus mirip mentega. Makin gelap warna miso, rasanya makin kuat. Miso biasa dijual dalam kemasan vacuum plastic dan berada di lemari pendingin. Keguanaannya sebagai bumbu utama sup miso. Bisa juga sebagai dressing salad. Campurkan miso dengan minyak zaitun, jahe, dan bawang putih.

Mirin

Jepang memiliki jenis minuman beralkohol selain sake, yakni mirin. Terbuat dari beras, warnanya kuning bening mirip minyak sayur, konsistensinya sedikit lebih kental dari sake. Memberi rasa manis pada masakan Jepang.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Mengolah Sup Krim Sehat

Posted: 03 Jan 2010 11:02 PM PST

CREAMY soup (sup krim) biasanya sarat lemak jenuh dan kalori akibat bahan cream dan butter di dalamnya. Memang, kedua bahan tersebut melezatkan rasa sup. Tapi, Anda tak harus mengolahnya seperti itu jika ingin tetap sehat.

Menurut Wikipedia, sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Perebusan sendiri bukan merupakan suatu cara masak yang umum sampai penciptaan wadah tahan air sekitar 5.000 tahun lalu. Secara tradisional, sup dibagi menjadi dua kelompok, yakni sup jernih dan sup kental.

Salah satu jenis sup kental adalah creamy soup. Masakan ini kerap disajikan sebagai menu pembuka karena teksturnya yang lembut cenderung lebih mudah dicerna.

Meski begitu, tak sedikit yang menghindari hidangan ini karena kandungan lemaknya tinggi. Anda tetap bisa mendapatkan kelezatan khas sup, tapi dengan kandungan sedikit lemak dan kalori. Sup tetap bisa menjadi makanan yang sangat lezat.

Berikut beberapa trik untuk membuat sup krim yang kental, tapi tetap sehat untuk dikonsumsi, seperti dilansir Eatingwell.

  • Gunakan susu rendah lemak. Sementara untuk pengentalnya, gunakan tepung terigu.
  • Gunakan sedikit saja krim atau mentega rasa.
  • Masukkan krim asam di akhir tahapan mengolah sup untuk menambah kaya rasa krimnya.
  • Untuk bubur sup, tambahkan sedikit beras agar kental sekaligus mengeyangkan.
  • Kentang bisa dimanfaatkan untuk mengentalkan sup, tanpa tambahan lemak jenuh.
(ftr)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Brokoli, Hijau Menyehatkan

Posted: 03 Jan 2010 10:12 PM PST

BROKOLI adalah salah satu sayuran favorit warga Amerika Serikat. Kita pun tak asing lagi dengan jenis sayuran satu ini karena harganya cukup terjangkau, banyak tersedia, dan padat nutrisi penting untuk mendukung pola makan sehat.

Awalnya dikenal sebagai makanan khas imigran Italia, brokoli menawarkan cita rasa, vitamin, dan mineral. Bunga brokoli (berasal dari bahasa Italia "brocco") kaya vitamin A, K, C, kalsium, dan serat. Seperti dipaparkan Eatingwell, Senin (4/1/2010), sayuran ini juga sumber manganese, potassium, dan magnesium yang baik.

Dalam setiap gigitan brokoli, terdapat kandungan phytonutrients, salah satu jenis sulforaphane yang ditemukan pada hampir semua sayuran (kubis, kembang kol, sawi dan sayuran lainnya). Sulforaphane yang menjadikan sayuran ini memiliki bau khas.

Ditilik dari segi kesehatan, sulforaphane melindungi tubuh dari bahaya kanker paru-paru, kanker usus, kanker perut, juga membunuh bakteri Helicobacter pylori, penyebab utama radang perut.

Tip memilih

Cari brokoli yang masih segar, berwarna hijau tua, dan brokoli yang rasio daunnya lebih tinggi ketimbang batangnya. Simpan batang brokoli, jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan. Potong-potong kecil batang brokoli lalu masak bersama brokoli.

Kalau masih terdapat sisa brokoli, simpan dalam sebuah tas plastik kemudian masukkan ke lemari es. Brokoli bisa tahan hingga tiga hari.

Tip mengolah

Riset terbaru dalam Journal of Food and Food Chemistry memaparkan, brokoli mentah secara signifikan memberikan lebih banyak manfaat daripada brokoli rebus (proses memasak membuat sulforaphane terkunci hingga tak memberikan manfaat untuk tubuh Anda).

Dalam sebuah penelitian kecil, beberapa pria diminta mengonsumsi sekira satu cangkir brokoli mentah dan dimasak. Mereka yang makan brokoli mentah menyerap sulforaphane lebih cepat dan lebih besar dibandingkan mereka yang makan brokoli masak.

Temuan tersebut menambah bukti yang selama ini menghubungkan diet kaya akan sayuran, seperti brokoli dan kembang kol, mampu mengurangi resiko kanker.

Karenanya, jika Anda ingin mengonsumsi brokoli, sebaiknya makan mentah karena lebih bergizi. Atau jika Anda lebih suka dengan cara dimasak, Martijn Vermeulen PhD, pemimpin penelitian menyarankan, kukus saja. Jangan terlalu matang, tapi cukup renyah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cara mengolah seperti itu dapat menjaga ketersediaan sulforaphane.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: