Kamis, 07 Januari 2010

“Sate Kambing Haji Suaip Gurih” plus 4 more

“Sate Kambing Haji Suaip Gurih” plus 4 more


Sate Kambing Haji Suaip Gurih

Posted: 07 Jan 2010 02:25 AM PST

SUKA melahap sate? Jika Anda termasuk pecinta sate, sate kambing Haji Suaip harus Anda sambangi.

Sate ayam Haji Suaip memang istimewa. Pasalnya, daging kambing yang disate terasa lembut. Dagingnya memiliki tekstur kematangan yang pas. Empuk dan bumbunya terasa sekali jika Anda lahap. Rasa satenya pun tidak terlalu manis, asin, atau gurih. Tak heran, para pecinta sate ayam rela mengantre untuk dapat menikmati sate ini.


Usaha warung sate tersebut dirintis Haji Muhammad Jidin, ayah Haji Suaip tahun 1945. Warung itu kemudian diwariskan kepada Haji Suaip tahun 1970-an. Setelah Haji Suaip meninggal awal 2009, warung sate ini dikelola oleh anaknya.

Bagaimana dengan bumbu kacang dari sate Haji Suaip? Sate makin terasa nikmat jika dengan campuran bumbu kacang yang gurih dan kental. Bumbu kacang tersebut terbuat dari olahan kacang tanah, kacang mete, dan kemiri. Keistimewaan lain, sate Haji Suaip sama sekali tidak berbau kambing meski bahan bakunya seratus persen daging kambing.

Selain sate, Warung Haji Suaip menyuguhkan menu lainnya seperti menu gulai, sop kambing, dan asinan. Harga seporsi hidangan tersebut juga tidak mahal. Sate kambing 10 tusuk dihargai Rp20.000 dan gulai kambing Rp12.500.

Nah, bila Anda ingin mencoba kelezatan sate kambing Haji Suaip, Anda dapat berkunjung ke Jalan Kemandoran I RT 01/ RW 01 Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Buka setiap hari, mulai dari pukul 11.00 sampai selesai. Kecuali hari Jumat, tutup.(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Wedang Gempol Plus

Posted: 07 Jan 2010 02:10 AM PST

BEGITU pentingnya kalsium dalam pembentukan tulang, maka Anda harus memilih penganan yang mencukupi asupan kalsium. Jika pemenuhan asupan kalsium tidak terpenuhi, maka bukan tak mungkin akan menimbulkan osteoporosis atau penyakit lain.

Agar tidak kekurangan kalsium, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencukupi asupan zat penting bagi tubuh ini. Di antaranya dari asupan makanan, terutama yang berbasis susu.

Selain susu, sumber kalsium juga dapat berasal dari kacang-kacangan dan olahannya seperti kedelai, kacang merah, juga kacang polong. Sementara bila dari unsur hewani dapat tercukupi dari daging (ikan, sapi, udang, kambing), telur, dan produk lain dari susu seperti yogurt, dan keju.

Kacang merah, sering menjadi bahan utama masakan Indonesia. Mulai dari olahan sayuran, sampai camilan berupa kue, atau es kacang merah. Namun, bagaimana dengan wedang? Apakah sudah pernah mencoba membuat wedang kacang merah?

Bahan:

300 gr kacang merah kering, rendam semalaman, tiriskan, rebus hingga empuk

100 gr manisan kolang-kaling warna hijau dan merah, siap pakai, iris membujur tipis

Gempol

150 ml

25 ml air daun suji pandan dari 10 helai daun suji

3 lembar daun pandan tumbuk

100 gr tepung beras

0,5 sdt garam

Cara membuat gempol:

1. Aduk air dan air daun suji pandan. Tuangkan ke dalam campuran tepung beras dan garam sedikit-sedikit sambil aduk-aduk hingga menjadi adonan yang lembut dan dapat dibentuk. Bentuk adonan yang lembut dan dapat dibentuk.

2. Bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelereng. Tekan dengan ujung jari jempol setiap bola-bola adonan. Didihkan air secukupnya dalam panci, masukkan bola-bola adonan dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.

Kuah gempol

Didihkan semua bahan di atas api sedang hingga matang dan harum, sambil aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masukkan gempol, kacang merah, dan manisan kolang-kaling. Masak terus hingga semua bahan matang dan harum. Angkat, lalu segera sajikan.

Selamat mencoba!

Resep: Adina, Jakarta
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Menyiasati Fast Food

Posted: 07 Jan 2010 01:53 AM PST

BIASANYA Anda mengonsumsi fast food hampir setiap hari. Kini, saatnya Anda mengurangi kebiasan tersebut. Latihan mengontrol porsi makanan juga bisa Anda terapkan.

Misalnya, bila porsi makan fast food sepekan tiga kali, Anda bisa mengurangi sepekan sekali. Ini dilakukan untuk mengontrol masuknya kalori ke dalam tubuh.
Makanan berserat juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, Anda bisa menambahkan buah dan sayuran sebagai makanan selingan. Sehingga vitamin C yang terkandung di dalamnya membantu kerja tubuh dalam menyerap bahan makanan yang mengandung lemak, protein, dan zat besi.

Kalaupun Anda tak bisa menghindari jenis makanan ini, pilihlah fast food yang banyak mengandung buah dan sayur-sayuran. Misalnya, salad bar sandwich tanpa mayonis atau keju.

Atau bila ada waktu, Anda bisa membuat sendiri jenis makan ini dengan modifkasi bumbu yang lebih sehat. Seperti mengurangi jumlah keju pada roti dan pizza seraya menambah buah dan sayuran seperti nanas, jamur, dan paprika.
(tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Puding Busa Cokelat

Posted: 07 Jan 2010 01:50 AM PST

PERUT si kecil mulai "keroncongan", pertanda ia sudah lapar. Masalahnya, mereka sering kali ogah kalau langsung diajak makan nasi, malah maunya ngemil. Kreativitas dan kecerdikan orangtua ditantang untuk mencari siasat melalui perencanaan camilan sehat untuk si kecil.

Tak usah bingung menyediakan camilan sehat. Puding, selain terkenal menjadi makanan penutup, bisa juga dimakan sebagai camilan. Bila sudah bosan dengan mengolah menu puding yang itu-itu saja, Anda bisa coba membuat puding dengan campuran cokelat dan nanas. Rasa manis dan kecut yang hadir dalam satu sajian akan menghadirkan citarasa berbeda.

Bahan:
2 bungkus (14 gr) agar-agar bubuk warna cokelat
2 sdm cokelat bubuk
200 gr gula pasir
1/8 sdt garam
1 liter susu
5 butir telur, ambil bagian putih telur, lalu kocok kaku
150 gr nanas kalengan, tiriskan, lalu potong kasar

Bahan saus leci:
1 kaleng (427 gr) leci, blender beserta air buahnya
350 ml susu cair
2 sdt essence mint
3 butir kuning telur ayam
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air

Cara membuat:
1. Aduk rata agar-agar bubuk, cokelat bubuk, gula pasir, dan garam. Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil aduk terus hingga semua bahan larut.
2. Didihkan larutan di atas api sedang sambil terus diaduk agar susu tidak pecah dan agar-agar matang. Angkat, sisihkan.
3. Tuangkan larutan agar-agar mendidih sedikit demi sedikit ke dalam putih telur kocok sambil terus diaduk dengan mixer hingga rata. Tambahkan potongan nanas kalengan, aduk rata.
4. Tuangkan adonan agar-agar ke dalam loyang bervolume 2000 ml yang sudah dibahasi air matang. Biarkan dingin dan simpan dalam lemari pendingin hingga waktu penyajian.
5. Sementara untuk saus leci, cara membuatnya didihkan jus leci, susu cair, dan essence mint sambil diaduk terus agar susu tidak pecah. Ambil sedikit susu panas, tuangkan ke dalam kuning telur, lalu aduk hingga rata. Tuangkan kembali kuning telur ke dalam larutan susu panas. Masukkan larutan maizena untuk mengentalkan saus. Didihkan sekali lagi hingga semua bahan matang. Angkat dan biarkan dingin.

Cara penyajian: Potong puding sesuai selera lalu siramkan bagian atasnya dengan saus leci.(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kudapan Sehat Tak Menggemukkan

Posted: 07 Jan 2010 12:58 AM PST


Bahan mentah yoghurtnya berkelas premium dan diimpor dari Amerika. Yoghurt yang ditawarkan adalah sarat bakteri baik atau acidophilus dan bifidobacteria dalam bentuk beku. Bakteri ini mengubah kandungan laktosa pada yoghurt menjadi asam laktat.

Yoghurt beku atau biasa disebut frozen yoghurt ini tersedia dalam pilihan tawar atau tanpa tambahan perasa dan teh hijau. Yoghurt yang ditawarkan Sour Sally memiliki cita rasa kecut yang bagi lidah umum mungkin kurang bersahabat. Teksturnya yang lembut tidak ubahnya seperti menyantap es krim.

Jika tidak suka dengan rasa asam, bisa coba yang teh hijau. Atau Anda bisa memilih keduanya, yakni fro-yo twist yang merupakan variasi yoghurt tawar dengan teh hijau. Bukan hanya yoghurtnya yang menyehatkan, topping yang disediakan pun tidak kalah bermanfaat. Di antaranya buah kiwi, leci, stroberi, alpukat, mangga, dan nangka.

Di samping itu ada pula topping manis seperti mochi, chocolate chip, sereal, dan Oreo. Juga ada shaved ice, yang terdiri atas lapisan dasar es serut berlumur susu kental manis, empat pilihan topping, dan yoghurt di atasnya. Sour Sally murni hanya menjual yoghurt. Yoghurt ini berkhasiat bagi sistem pencernaan tubuh.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: