Jumat, 15 Januari 2010

“Wisata Kuliner di Muara Angke” plus 3 more

“Wisata Kuliner di Muara Angke” plus 3 more


Wisata Kuliner di Muara Angke

Posted: 15 Jan 2010 02:48 AM PST

GEMERLAP lampu di sepanjang jalan menuju pintu masuk Muara Angke terlihat sangat indah. Temaram lampu milik pedagang ikan dan warna-warni payung mereka untuk melindungi dagangannya terlihat rapi.

Begitu banyak hasil tangkapan laut yang dapat dinikmati di tempat ini. Ada berbagai macam ikan, cumi-cumi, udang, kerang, kepiting, dan sebagainya. Untuk para penggemar seafood, tempat ini sudah tidak asing lagi. Sebuah tempat yang sering kali dikunjungi oleh segenap anggota keluarga untuk sekadar berjalan-jalan dan melakukan wisata kuliner. Muara Karang terletak di daerah utara Jakarta yang menyediakan berbagai macam seafood untuk para pecinta kuliner.

Di sudut pusat jajan serbaikan terdapat tempat pelelangan ikan dan perkampungan nelayan. Sekira ahun 1984-an, tempat ini lebih dikenal sebagai pelabuhan bagi nelayan usai mencari ikan di laut dan tempat pelelangan ikan. Namun dengan bertambahnya pengunjung yang datang tiap tahun, tempat ini dijadikan tempat pelelangan ikan sekaligus tempat berwisata, khususnya wisata kuliner.

Harga yang ditawarkan di tempat ini relatif murah, karena para pedagang langsung mendapat hasil tangkapan nelayan dari para pengecer, sehingga harga tidak terlampau jauh seperti di pasar atau swalayan. Dengan harga yang relatif murah, para pengunjung masih bisa menawar harga yang sudah ada. Kesegaran hidangan laut dan harga ikan yang murah menjadi nilai lebih mengapa tempat ini masih begitu ramai dikunjungi malam hari.

Salah satu hasil tangkapan laut yang begitu banyak dibeli para pengunjung adalah ikan. Ikan yang paling banyak diminati pembeli di sini ialah bawal, kue, gurame, dan baronang.

Bagi para pengunjung yang ingin segera menikmati seafood yang sudah dibeli, dapat segera bertandang ke restoran-restoran jasa yang ada. Pasalnya, sebagian besar restoran yang ada di Muara Angke menyediakan jasa untuk memasak hasil tangkapan laut yang dibawa para pengunjung. Harga yang ditawarkan relatif mahal, tetapi ada juga yang menawarkan jasa dengan harga murah.

Sedangkan, bila tak sabar ingin mencicipi hidangan laut, salah satu makanan dari hasil olahan ikan yang dapat dinikmati langsung oleh pengunjung adalah otak-otak. Kuliner favorit bagi pecinta ikan tenggiri ini disediakan di setiap kios sepanjang jalan. Harga per porsi yang ditawarkan pedagang cukup murah, yaitu Rp5000/10 pucuk. Rasanya? Tak usah diragukan lagi. Sebab, otak-otak di Muara Angke merupakan olahan ikan tenggiri asli. Rasanya yang begitu gurih membuat Anda tak puas hanya memesan satu porsi. Apalagi makannya ketika otak-otak masih panas, dan dicocol dengan sambal kacang. Nikmat sekali!

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pintar Memilih Jenis Kurma

Posted: 15 Jan 2010 02:28 AM PST

KURMA adalah salah satu buah yang penting dikonsumsi saat berbuka puasa karena rasanya manis alami. Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam kurma bisa menguatkan sel-sel usus.

Bila Anda sulit buang air besar, maka melahap kurma bisa menjadi solusi penting. Kurma bisa juga menurunkan risiko terkena stroke, karena memiliki kandungan kalium.

Menurut Dr Louis Tobian Jr, pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University Amerika Serikat, kurma bisa menurunkan tekanan darah dan memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

Selain khasiat di atas, sambungnya, kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, dan kalium dalam jumlah cukup banyak. Selain itu, buah ini memuat berbagai zat gizi lainnya, yaitu zat besi, vitamin B1, dan asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung.

Nah, bila Anda bingung memilih kurma kering atau basah sebagai camilan di rumah, berikut ini dijabarkan khasiat dari kurma kering dan basah. Sehingga Anda bisa tepat memilih kurma sesuai kebutuhan nutrisi tubuh.

1. Kurma kering berfungsi menguatkan sel-sel usus karena mengandung serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus. Kurma jenis ini biasanya dikudap sebagai hidangan buka puasa, atau sebagai camilan ketika acara hari raya besar, seperti Idul Fitri ataupun Idul Adha.

2. Kurma basah mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan katika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim, seperti sebelum waktu hamil. Kurma jenis ini biasanya dapat diolah sebagai campuran bahan untuk membuat cake atau dibuat jus.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Saatnya Nikmati Junk Food Sehat

Posted: 15 Jan 2010 01:16 AM PST


Seperti yang dikutip dalam Carefair, cokelat merupakan salah satu makanan paling sering dikonsumsi saat senggang. Cokelat sendiri mengandung kadar flavonoid tinggi, yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung, sirkulasi darah, serta mengurangi pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Tentu saja tidak semua cokelat sama. Ada yang mengandung banyak lemak dan gula, sehingga membuat timbunan lemak pada tubuh Anda. Yang paling memberikan banyak keuntungan dari segi kesehatan adalah dark chocolate dan white chocolate. Keduanya terbilang rendah kalori, bahkan dapat menurunkan kolesterol jahat.

Jika Anda termasuk kategori penggemar dendeng, Anda akan senang mengetahui bahwa junk food yang satu ini memenuhi syarat yang baik untuk kesehatan Anda. Cara terbaik adalah menemukan dendeng yang tidak penuh dengan bahan pengawet, melainkan mengandung bahan–bahan alami. Pilihlah produk yang bebas dari MSG dan mengandung banyak natrium. Mengonsumsi dendeng di waktu senggang saat lapar, dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh, karena mengadung asam lemak omega-3 dan mengandung banyak protein.

Penggemar sour cream, juga akan senang mengetahui bahwa mereka tak perlu melewati menu yang satu ini agar tetap sehat. Selama ini banyak yang beranggapan sour cream terbilang buruk bagi kesehatan. Kenyataannya, jumlah lemak yang terkandung dalam sour cream tidak setinggi yang Anda banyangkan. Dua sendok sour cream memiliki kalori kurang dari setengah sendok makan mayonnaise. Kini, Anda bisa menikmati makanan favorit tanpa harus memikirkan timbangan badan.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Atasi Penyakit dengan Konsumsi Serat

Posted: 14 Jan 2010 11:01 PM PST

SERAT merupakan komponen penting yang dibutuhkan tubuh. Kehadirannya memiliki kandungan yang sangat diperlukan tubuh. Semakin banyak serat yang dikonsumsi per hari, maka tubuh akan menjadi sehat.

Seperti yang dikutip dari Carefair, Jumat (15/1/2010), serat dapat memberikan sejumlah manfaat yang dibutuhkan tubuh. Serat termasuk dalam kategori karbohidrat tetapi tidak memiliki banyak kalori dan tidak diproses dalam tubuh dengan cara yang sama.

Serat larut berasal dari polisakarida (karbohidrat yang mengandung tiga atau lebih molekul karbohidrat sederhana), larut dalam air. Serat larut mempunyai efek pada proses kimia tubuh, seperti menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Anda dapat menemukan serat larut dalam kacang polong, kedelai, kacang-kacangan, buah, pisang, apel, dan sayuran.

Sementara serat tak larut, membuat feses lebih menggumpal dan mempersingkat perjalanannya di usus besar. Serat larut biasanya berfungsi sebagai pelancar buang air besar. Serat tak larut bisa Anda temui pada gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, dedak, dan kulit buah.

Secara umum, serat lebih dikenal karena kemampuannya meringankan sembelit, bahkan wasir. Jika Anda pernah mengalami masalah buang air besar, maka Anda harus segera mengonsumsi makanan berserat. Dengan serat, tubuh mampu menyerap banyak air dalam perut, yang membuat feses lebih lembut, dan mudah dibuang.

Selain itu, serat juga dapat membantu mereka yang bermasalah dengan berat badan, bahkan mencegah penyakit tertentu seperti kanker (kanker payudara, kanker rahim, dan kanker ovarium), penyakit jantung, diabetes, batu empedu, dan batu ginjal.

Jadi, yuk mulai perbanyak konsumsi serat!
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: