Selasa, 02 Februari 2010

“Nasi Goreng Siram” plus 3 more

“Nasi Goreng Siram” plus 3 more


Nasi Goreng Siram

Posted: 02 Feb 2010 02:14 AM PST

NASI goreng siram menyajikan nasi goreng yang disiram kuah kental, berpadu dengan hidangan laut, seperti potongan cumi dan udang. Ada pula telur puyuh, dan jenis sayuran semisal wortel. Tak usah khawatir dengan rasanya. Rasa nasi goreng tetap kuat walaupun sudah tercampur dengan kuah.

Bahan:
80 gram beras
40 gram ikan dory
40 gram sotong
80 gram udang (ukuran 25-30/pcs)
40 gram pak coy
5 gram saus tiram
1 butir telur
50 gram wortel
20 gram fish cake (semacam otak-otak)
10 gram sereh
30 ml minyak goreng
5 gram bawang putih
5 gram jahe muda
1 sdt light soya, garam, lada
1 sdt minyak wijen
100 ml kuah kaldu ayam
1 sdt tepung maizena
1 butir telur

Cara membuat:
1. Potong ikan dan potong segi empat memanjang.
2. Potong sayur pak coy menjadi dua bagian.
3. Potong wortel berbentuk miring.
4. Bawang putih dan jahe di cincang halus.
5. Panaskan minyak di dalam kuali.
6. Masukkan bawang putih, kemudian jahe setelah kuali panas.
7. Masukkan kaldu ayam dan semua bahan.
8. Buat adonan kecil di mangkuk dari tepung maizena dan air.
9. Masukkan maizena ke dalam masakan dan aduk sampai agak kental.
10. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam masakan, aduk.
11. Siapkan nasi, taruh sayur pak coy di samping nasi.
12. Siramkan masakan saus tadi, hias udang di atas nasi.
13. Sajikan dalam keadaan panas.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Giant Meatball & Mashed Potato

Posted: 02 Feb 2010 02:05 AM PST

BAKSO kuah atau campur memang sedap disantap sebagai pilihan di luar makan berat. Tapi, kalau menu itu terasa biasa, Anda bisa mengolahnya dalam menu varian baru.

Giant meatball atau bakso ukuran besar dipadu dengan mashed potato, kentang rebus yang dihaluskan sebagai pengganti mie siap mengenyangkan perut keroncongan Anda. Cara baru menikmati bakso yang lebih modern.

Bahan: 210 gram daging sapi giling
40 gram bubuk remah roti
40 gram keju mozarella
1 porsi mashed potato
10 gram bawang bombai
2 gram basil
1 sdt garam & lada
30 gram tepung terigu
1 butir telur
10 ml minyak goreng
Saus tomat secukupnya

Bahan mashed potato:
50 ml air
125 gram kentang
8 gram mentega merk Elle Vire
8 ml susu plain Ultra
0,5 sdt garam

Bahan saus tomat:
125 gram tomat potong kotak
25 gram pasta tomat
5 gram bawang bombai
4 gram bawang putih
2 gram daun kemangi
2 gram oregano
2 gram basil
10 ml minyak goreng
1 sdt garam & ladA

Cara membuat:
1. Keju mozarella di parut halus.
2. Potong tomat dan bawang bombai segar berbentuk kotak dadu kecil.
3. Siapkan telur di mangkuk, tuangkan tepung dan bubuk remah roti pada wadah datar.

Cara membuat meatball:
1. Campurkan daging sapi giling dengan keju mozzarella, bawang bombai, basil, garam, dan lada di dalam satu wadah sampai merata.
2. Buatlah daging yang sudah diaduk tersebut berbentuk bulat (70 gram).
3. Bila sudah siap, balut daging dengan tepung terigu dan diulang kembali dengan telur, diulang kembali dengan bubuk remah roti.
4. Panaskan minyak dan goreng meat ball yang sudah siap sampai cokelat keemasan.

Cara membuat saus tomat:
1. Panaskan minyak sampai mulai berasap putih.
2. Masukkan bawang putih dan bawang merah, biarkan beberapa detik kemudian masukkan oregano dan basil.
3. Masukkan tomat fresh kotak atau di potong dadu kecil dan tomat pasta. Aduk selama 3 menit.
4. Masukkan air dan aduk sampai mendidih.
5. Bawa atau tuangkan ke panci dan aduk saus dengan konstan selama 10 menit.
6. Tambahkan garam dan lada.

Cara membuat mashed potato:
1. Kupas dan potong kentang.
2. Panaskan air dalam panci dan masukkan kentang (rebus).
3. Pastikan kentang matang.
4. Tiriskan kentang, lalu lunakkan atau hancurkan kentang seperti bubur. Kemudian siapkan wadah atau mangkuk dan masukkan daun wansui iris. Aduk adonannya.
5. Masukkan butter, susu plain, dan garam ke dalam adonan kentang, aduk sampai rata.
6. Jika kentang masih bergerindil, tambahkan susu, mentega, aduk secara konstan.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Roti Gemuk Chubby Bun Bakery & Pastry

Posted: 02 Feb 2010 12:50 AM PST

KINI, roti sudah menjadi salah satu penganan pokok masyarakat Indonesia. Roti biasanya menjadi menu favorit untuk menyambut aktivitas di pagi hari. Tapi, apa jadinya jika roti dijadikan camilan sore hari?

Adalah roti Chubby Bun yang di-launching pada November 2009 lalu. Saat kebanyakan roti yang kini beredar di pasaran menggunakan pengawet, tidak begitu halnya dengan roti Chubby Bun.

Bahan baku utama roti, yakni tepung terigu yang digunakan adalah terigu dengan kandungan gluten dan protein gandum yang tinggi agar roti empuk saat dikunyah. Roti ini menarik perhatian percinta roti di Jakarta. Selain tidak menggunakan bahan pengawet, juga memanfaatkan bahan-bahan lokal.

Sepintas, toko roti yang beralamat di Jalan Panglima Polim IX No 22 (Area Apotik Jaya), Jakarta Selatan ini terbilang unik. Warna kuning yang eye catching, gambar gadis mengenakan topi koki sembari memperlihatkan mata sipitnya sambil tersenyum, mencuri perhatian mereka yang melintas di depan toko. Merek roti ini juga terdengar unik sebab bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Chubby Bun bermakna roti gemuk.

"Asal muasal nama Chubby Bun karena size rotinya chubby-chubby. Size roti kita sekitar 55-60 gram, dan tidak dikurang-kurangi. Style roti mengadopsi gaya Japanese dan Taiwanese (fusion) namun dengan sedikit sentuhan roti Eropa, karena kita combine dengan adonan puffs juga di rotinya," ujar Angeline Suryaatmadja, pemilik Chubby Bun Bakery & Pastry saat ditemui okezone di toko Chubby Bun Bakery & Pastry, beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk logo Chubby Bun, wanita yang biasa dipanggil Angie ini memaparkan bahwa ia terinspirasi dari anaknya, Gaby.

"Saya sendiri terinspirasi oleh anak saya, Gaby. Gaby yang selalu membawa kegembiraan buat mamanya. Dan kita maunya roti kita juga membawa kegembiraan untuk para customers, makanya motto-nya :"Happiness in every bite"," kata Angie sembari tertawa renyah.

Lantas, apakah Chubby Bun hadir dari hobi Angie menyantap roti? "Awalnya sih karena saya suka roti. Saya memang suka makan roti. Saya sering ke bakery dan saya lihat, trend bakery lagi booming di Jakarta beberapa tahun belakangan ini. Namun, kecenderungannya pada roti yang empuk dan agak kempis. Topping juga menurut saya agak berlebihan. Dan kadang, tampilan dan isi nggak sesuai. Pas dilihat keren, tapi waktu dimakan kok begini saja, isinya sedikit," aku Angie.

Lewat banyaknya variasi menu yang diciptakan sendiri oleh Angie, Chubby Bun memiliki banyak keunggulan dari segi cita rasa dan bentuk roti; tampilan dan topping yang eye catching, serta filling yang generous. Tekstur roti Chubby Bun terbilang empuk, namun tidak kempis dan tetap padat.

Keunggulan lainnya, bahan-bahan dasar roti yang dipakai dalam produksi memakai bahan alami yang terinspirasi dari pembuatan roti Jepang. Bukti bahwa roti Chubby Bun tidak menggunakan pengawet adalah pada hari ketiga, roti akan terasa lebih keras.

"Kalau roti daging hanya bertahan satu hari, sedangkan roti manis bisa bertahan sampai dua hari," jelas wanita kelahiran 5 Oktober 1981 tersebut.

Lewat konsultasi dengan baker yang berpengalaman di pembuatan roti, Angie jadi lebih paham. Di sisi lain, bagi para baker yang direkrut Angie, ini merupakan tantangan. Sebab, mereka melihat konsep roti Chubby Bun berbeda dengan roti-roti yang kini menjamur di pasaran. Dan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak baker ternama tertarik bekerja sama dengan Angie

Menu yang dihadirkan Chubby Bun Bakery & Pastry begitu variatif. Dari mulai roti berbasis keju dan coklat, daging ayam, ikan tuna, daging sapi, kacang merah, kelapa, kacang almond, kayu manis, blueberry, sampai dengan roti dengan rasa green tea. Sebut saja Rocky Choco, Chubby Curry, Choco Monkey, Mexican Walnut, Almond ChocoNut, Chubby Panda, Crunchy Chubby, Choco& Nut Muffin, Polo Buttercream, Cheese Cube Muffin, Lemper Wrap, Freckle Cheese, Curry Puff, Famous Floss, dan lain-lain.

Soal rasa, jangan diragukan. Sebut saja roti Blueberry Chiz seharga Rp8.000 yang menjadi primadona roti manis. Wangi dari selai blueberry, serta lembutnya keju begitu terasa ketika melahapnya. Belum lagi tekstur roti yang seperti keras, namun empuk ketika dikunyah. Benar-benar perpaduan yang lezat!

Lain cerita bila Anda pencinta roti asin. Anda wajib mencoba BlackPepper Chicken. Dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp8.000, Anda bisa memanjakan lidah dengan kelezatan ayam dan rasa lada yang pas. Roti ini terbilang istimewa lewat adonan puffs, serta kelembutan pada tiap helainya. Yummy!

Untuk menu favorit pengunjung lainnya yang banyak dicari, seperti Red Bean Mochi, BBQ Wrap, dan Chocolate Danish juga tak kalah nikmat. Chubby Bun juga menawarkan pilihan lainnya bagi penikmat roti khas Eropa.

"Kita juga serve roti-roti Eropa, seperti Ciabatta, Foccacia, Baguette, Croissant, Bagel, Pita Bread, Baps untuk di-supply ke resto-resto dan kafe," tukas Angie yang hobi membuat cake tersebut.

Kisaran harga untuk roti Chubby Bun, mulai Rp5.500- Rp180.000 untuk cake. Nah, bagi Anda yang tak sabar mencicipi roti Chubby Bun, Anda bisa berkunjung ke toko Chubby Ban Bakery & Pastry yang buka Senin-Minggu mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu, buka pukul 10.00-19.00 WIB.(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Makanan Sahabat Kolesterol

Posted: 01 Feb 2010 11:01 PM PST

KOLESTEROL dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena itu dari berbagai kalangan, tua-muda, gemuk-kurus, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar bisa menjaga kolesterol dalam darah dalam kondisi normal.

Salah satu cara menjalani gaya hidup sehat ialah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang tidak mengandung kolesterol. Inilah beberapa jenisnya:


Kacang kedelai

Untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, gunakan produk-produk dengan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, tofu. Kandungan lemak tak jenuhnya sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Kacang-kacangan

Tidak ada makanan lain yang mengandung serat tinggi serta rendah kolesterol secara bersamaan selain kacang-kacangan. Mengonsumsi secangkir kacang (segala jenis kacang) dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10 persen selama enam pekan. Kandungan soluble fiber ini juga banyak terkandung dalam beras merah, apel, gandum, dan beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

Ikan salmon


Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa jenis lemak dapat mencegah tingginya kadar kolesterol. Asam lemak Omega 3 adalah salah satunya, yang banyak terkandung dalam ikan salmon. Untuk memperbanyak asam lemak Omega 3, selain dari salmon, Anda bisa memilih ikan herring, makarel, sarden, atau tuna.

Alpukat


Alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Jenis lemak inilah yang meningkatkan kadar HDL dalam darah yang sangat baik untuk kolesterol dan rendah LDL yang memicu tingginya kolesterol dalam darah.

Meski baik bagi kesehatan, alpukat ini sangat kaya akan kalori. Untuk menyiasatinya, kombinasikan alpukat dengan makanan lain yang kaya akan rempah.

Bawang putih


Bawang putih sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di berbagai kultur di dunia. Orang Mesir kuno percaya bahwa dengan mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan stamina. Kini, bawang putih dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah tinggi, dan menjaga tubuh dari infeksi.

Bayam


Bayam kaya akan kandungan lutein, pigmen berwarna kuning yang banyak ditemukan pada daun sayuran hijau dan kuning telur. Lutein sudah sangat dipercaya dapat melawan age-related macular degeneration, yang menjadi penyebab kebutaan.

Bayam merupakan sumber lutein tertinggi. Konsumsilah bayam setiap hari untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Teh

Teh disajikan dalam kondisi hangat ataupun dingin tetap mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh dapat menjaga syaraf tubuh dalam kondisi yang rileks dan mencegah darah menggumpal. (soniawibisono.com)
(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: