Rabu, 10 Februari 2010

“Sehatnya Kue Organik” plus 3 more

“Sehatnya Kue Organik” plus 3 more


Sehatnya Kue Organik

Posted: 10 Feb 2010 03:20 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.


Bahan baku yang digunakan memiliki sertifikat resmi organik. Dimulai dari telur organik.Telur ini dihasilkan oleh ayam yang sehat yang tentu hanya mengonsumsi rempah-rempah seperti kunyit atau kunir, vitamin, dan mineral, sayur serta daun organik, dengan jagung sebagai makanan utama.

Konsumsi jagung yang banyak pada ayam menyebabkan kuning telur semakin berwarna kuning tua alami. Karena itu, dalam pembuatan kue tidak digunakan bahan pewarna kuning lagi pada adonan. Sebab, warna asli adonan memang sudah berwarna kuning.

Untuk tepung, yang digunakan tepung organik dengan protein tinggi. Begitu pun dengan gula. Gula tersebut tidak melalui proses pemutihan warna gula seperti pada umumnya dan bebas pestisida. Nah, sebagai pengganti susu sapi, dipakailah susu kedelai. Susu ini mengandung 43 persen protein dan 19,5 persen lemak, serta karbohidrat sebanyak 21 persen. Jadi, sangat baik bagi Anda yang tengah menjaga berat badan dan mencegah alergi.

Menteganya pun diganti untuk menjamin kesehatan makanan. Seperti diketahui, mentega lebih banyak kandungan lemak jenuhnya. Karena itu, sebagai pengganti mentega, dipakailah grape oil atau minyak biji anggur. Minyak dari biji anggur ini mengandung vitamin E, vitamin C, serta betakaroten. Di samping sehat, kue pun terasa lezat.

Pada Imlek sekaligus menyambut Valentine kali ini, Bakers Town turut menyemarakkan perayaan dengan penawaran yang menggiurkan. Hingga Maret 2010, ada penawaran khusus, yakni cake triple beauty dengan diameter 20 cm seharga Rp129.900. Ini adalah cake dark and whitedengan sponge cokelat. Di atasnya ada chocolate curly.

Lebih dari itu, terdapat pula promo lain yang ditawarkan. Sedikitnya ada empat jenis. Pertama, untuk pembelian whole cake berdiameter 20 cm, gratis satu pak choco balls. Sedangkan untuk pembelian seluruh cake yang berdiameter 24 cm, bisa mendapatkan sebuah cake dengan diameter 10 cm. Adapun untuk pembelian cake berdiameter 28 cm, pembeli berhak mendapat cake secara cuma-cuma dengan diameter 15 cm. Nah, untuk pembelian banana tropical strudel, ada diskon setengah harga.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omelet Keju Tomat

Posted: 10 Feb 2010 03:06 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

SARAPAN di pagi hari merupakan jadwal makan terpenting dalam sehari. Selepas tidur panjang semalaman, tubuh dan otak pasti membutuhkan asupan makanan untuk membangkitkan kembali energi.

Dengan kondisi tersebut, dibutuhkan menu bergizi tinggi untuk membuat cadangan energi Anda penuh hingga waktu santap siang tiba. Bila Anda terbiasa sarapan dengan menu makanan berat, mengapa tak mencoba untuk mengganti menu dengan hidangan ringan seperti omelet?

Sesekali agar menu sarapan tak terasa membosankan, cobalah memasak omelet dan membuat sandwich isi. Anda bisa mengisi roti gandum dengan isian sosis, lalu menyantapnya dengan tambahan omelet yang divariasikan dengan keju dan tomat. Hmm... Lezat!

Bahan:

3 butir telur ayam

1 sdt garam halus

½ sdt merica bubuk

1 sdm margarine

Isi:

5 lembar keju, potong bentuk segitiga

1 buah tomat, iris tipis

0,50 sdt garam halus

0,25 sdt merica bubuk

Cara membuat:

Pisahkan kuning telur dan putih telur. Kocok kuning telur sampai mengembang. Kocok pula putih telur secara terpisah sampai kaku.

Campurkan putih dan kuning telur, aduk dengan sendok kayu, lalu bubuhi garam dan merica. Sisihkan.

Isi:

1. Campurkan potongan keju dan tomat, aduk. Bubuhi garam dan merica.

2. Panaskan margarine dalam wajan dadar. Tuangi kocokan telur dan taruh campuran keju dan tomat di atasnya. Masak sampai bagian bawah agak kering. Balikkan agar bagian atas matang, atau masukkan ke dalam oven selama 5 sampai 7 menit. Hidangkan dalam keadaan panas.

Resep:
Laely Shufiyah, Bogor
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Cake Decorating

Posted: 10 Feb 2010 02:53 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

BOLU atau cake dalam bahasa Inggris adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus. Misalnya bolu kukus atau brownies kukus.


Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (butter cream), fondant, atau marzipan disebut kue tar (kue tarcis). Sejarah cake decorating dunia bermula dari pertengahan abad ke-17 saat loyang-loyang cake mulai mewabah di daratan Eropa.
Selama 200 tahun berikutnya, berbagai cake yang didekor dengan indah terpajang dan menarik perhatian para tamu di pesta-pesta para bangsawan di Eropa. Kemudian pada pertengahan abad ke-19, Prancis memasukkan hidangan penutup dengan berbagai rangkaian kue-kue manis, di mana cake yang cantik mulai sering dihadirkan dan hal ini mewabah lagi ke seantero Eropa.

Selanjutnya, cake decorating semakin berjaya seiring dengan bertumbuhnya industri gula cake (sugarcraft) dan menjadi suatu bagian seni populer di kawasan Amerika Utara, Eropa Barat, Australia, dan Afrika Selatan. Berbagai peralatan, aliran dekorasi, bahan baku, dan ornamen marak menjelajah berbagai negara di mana pesta perkawinan dan ulang tahun menjadi ritual yang disakralkan. Indonesia salah satu negara yang menerima pengaruh budaya dari luar negeri dan mengawinkan berbagai aliran yang ada, kemudian bersintesis lagi dengan melahirkan budaya khas Indonesia sendiri.

Lain lagi dengan cup cake. Ini adalah satu jenis cake yang menggunakan bahan yang diukur dengan gelas ukur. Berbeda dengan cupcake, ini adalah miniatur cup cake yang ditempatkan di dalam loyang yang lebih kecil dari loyang muffin. Sejarahnya, ketika para praktisi kuliner belum mengenal aneka loyang muffin seperti sekarang, adonan cake sering kali dipanggang dalam gelas-gelas cup untuk kopi dan teh yang terbuat dari keramik. Karena itulah, kemudian adonan cake yang dibuat dalam wadah cup itu dikenal sebagai cupcake.

Pada zaman modern, cupcake sering disajikan dalam perayaan pesta, seperti pesta ulang tahun anak bahkan pesta perkawinan. Para mempelai banyak yang memesan cake pengantin berupa cupcake cantik yang disusun bertingkat.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kacang Almond & Labu, Pilihan Camilan Lezat

Posted: 10 Feb 2010 01:50 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

NGEMIL merupakan akvitas makan untuk mengisi kekosongan perut di luar makan berat. Hanya saja, kegiatan satu ini sering dianggap tidak menyehatkan tubuh. Padahal, tidak melulu begitu. Masih ada kudapan sehat sekaligus lezat yang bisa Anda nikmati.

Banyak orang memilih makanan penahan lapar yang cenderung berkolesterol tinggi serta mengandung bahan lain yang tidak baik dikonsumsi tubuh. Kebanyakan tak memerhatikan nutrisi, kalori, maupun lemak yang terkandung di dalamnya. Padahal, banyak camilan menggunakan bahan pengawet MSG, garam, ataupun gula buatan.

Meski begitu, tidak semua camilan tidak sehat. Anda dapat mencari camilan sehat bernutrisi tinggi, di antaranya:

Kacang almond

"Almond terdiri dari kumpulan serat, protein, dan asam lemak esensial di mana keseluruhan elemen tersebut membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah," jelas Julie Mancuso, nutrisionis dari JM Nutrition seperti dikutip Sheknows.

Bonus lainnya, asam lemak esensial pada kacang jenis ini membantu penyembuhan pada pembengkakan dan peradangan.

"Kacang dan biji-bijian, terutama almond merupakan komponen alami antiperadangan, juga dapat mengobati masalah kulit, seperti jerawat, penyakit kulit kronis, dan eksim," tambah Mancuso.

Labu

Labu banyak mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium yang berfungsi mempercantik kulit. Ketiga kandungan tersebut ampuh mendorong regenerasi sel kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: