Selasa, 09 Februari 2010

“Yusheng, Hidangan Mewah Sambut Imlek” plus 3 more

“Yusheng, Hidangan Mewah Sambut Imlek” plus 3 more


Yusheng, Hidangan Mewah Sambut Imlek

Posted: 09 Feb 2010 03:03 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

HOTEL Indonesia Kempinski Jakarta untuk pertama kalinya sejak beroperasi akan menyelenggarakan perayaan menyambut Tahun Baru Macan. Pertunjukkan barongsai, jamuan makan mewah, dan penampilan spesial lagu kenangan bakal dirancang meriah untuk merayakan kebahagiaan Anda dan keluarga.

Tahun Baru Imlek merupakan saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga untuk saling memberikan ucapan, restu, dan doa untuk kemakmuran, kesehatan, kesejahteraan, dan keberuntungan yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Demi menjaga kelestarian perayaan Tahun Baru Imlek, acara ini akan dimulai dengan pertunjukan barongsai. Acara dilanjutkan dengan jamuan yusheng, yakni hidangan tradisional Tionghoa yang merupakan simbol kelimpahan, kesejahteraan, serta semangat.

Hidangan ini terdiri dari potongan ikan mentah (biasanya ikan salmon) yang disajikan dengan irisan sayuran serta berbagai saus dan bumbu, sebagai bagian dari bahan-bahan yang dipakai.

Puncak perayaan adalah makan malam bersama yang mewah. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta menawarkan harga Rp15 juta untuk meja Platinum terdiri dari 10 orang serta Rp10 juta untuk meja Gold terdiri dari 10 orang. Bagi para pemegang kartu kredit BCA, Anda akan mendapatkan program istimewa "Beli 9 dapat 10".

Acara makan malam mewal bakal dimeriahkan oleh penampilan spesial Helena bersama Anthony S Band, yang akan mempersembahkan lagu-lagu dari penyanyi legendaris Teresa Teng. Teresa Teng adalah penyanyi pop Mandarin yang telah merekam banyak lagu kenangan dalam bahasa Mandarin, Taiwan, Canton, Jepang, Inggris, bahkan bahasa Indonesia. Lagu-lagunya menyeluruh dan menyentuh hati masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Suara sempurnanya dalam menyanyikan lagu-lagu dan balada rakyat diakui oleh banyak pengagumnya karena suara yang manis, menyentuh hati serta tulus. Teresa secara luas terkenal di berbagai negara berbahasa Mandarin dan Jepang.

"Kami mengerti bahwa perayaan Tahun Baru Imlek merupakan suatu momentum tahunan yang sangat berharga untuk berkumpul bersama keluarga. Kami telah mempersiapkan dengan matang acara ini untuk membuat malam bersama keluarga menjadi saat yang tak terlupakan, sebuah malam yang penuh makna," jelas Marten Schwass selaku General Manager Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.
Acara akan diselenggarakan pada 13 Februari 2010 mulai pukul 19.00 WIB di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Segera ajak keluarga untuk bersama menanti kedatangan Tahun Baru Imlek penuh kebahagiaan!
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Perpaduan Kuliner Jawa, Arab & China dalam Semangkuk Bakmi Jogja

Posted: 09 Feb 2010 02:16 AM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

SELAIN ramuan bumbu yang khas, ada kesamaan lain di antara para pedagang mi Jogja, yaitu penggunaan telur bebek yang katanya lebih gurih dibanding telur ayam kampung. Kuah yang digunakan pun berasal dari rebusan ayam kampung. Namun, rasa bakmi Jogja di AP Jay Bakmi Jogja Special Ayam Kampung terasa berbeda.

Walaupun sama-sama menggunakan telur bebek dan kuah ayam kampung, kunci laris manis bakmi Jogja yang beralamat di Jalan Panglima Polim IX No 18 (area AlfaMidi) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini terletak pada perpaduan kuliner Jawa, Arab, dan China.

"Resep ini aslinya standar baku mi Jawa, tapi saya modifikasi. Saya campur perpaduan China, Arab, dan Jawa. Untuk bakmi Jawa, resep China yang saya gunakan pakai bawang putih kating, sedangkan nasi goreng, saya bikin pakai saus tiram. Kalau Arab, saya pakai bumbu kebuli," ungkap Surodi kepada okezone, saat ditemui di warung kaki limanya beberapa waktu lalu.

Adalah Surodi, dipanggil Pakde Suro, yang menjalankan usaha Ap Jay Bakmi Jogja Special Ayam Kampung ini sejak 11 Maret 2009. Sedangkan pemiliknya, tak lain adik kandung Pakde Suro sendiri, yaitu Ivan.

Salah satu kunci sukses bakmi Jogja serta nasi gorengnya terletak pada bumbu rahasia. Apa bumbu yang digunakan Pakde Suro? Jawabannya ada pada kemiri dan bawang putih.

Kelebihan bakmi Jogja miliknya terletak pada pengolahan kemiri dan bawang putih. Kemiri yang disangrai dengan bawang putih kating yang telah dicincang melahirkan aroma harum dan rasa gurih. Tak ayal, rasa kuah serta bakmi terasa sangat menggoyang lidah. Belum lagi telur bebek yang digunakan dan kuah dari kaldu ayam kampung. Rasanya benar-benar menggelitik lidah!

AP Jay Bakmi Jogja Special Ayam Kampung juga memiliki keunggulan lain di mana mi yang digunakan bukan mi biasa seperti disajikan banyak penjual mi Jogja.

"Mi kiriman dari Purworejo. Karena tidak pakai pengawet, jadi tidak bisa tahan lama," aku Pakde Suro.

Menu yang dihadirkan AP Jay Bakmi Jogja Special Ayam Kampung ini juga bukan sebatas bakmi Jogja. Selain bakmi godhog (rebus) dan bakmi goreng, ada juga bakmi campur bihun, nasi goreng kambing bumbu kebuli, nasi goreng ayam kebuli, nasi goreng Jawa (campur mie), nasi godhog, ati ampela, uritan, dan sayap.

Soal rasa jangan diragukan. Sebab, semua menu yang ada disini benar-benar lezat! Tak heran, bila Pakde Suro kerap kedatangan tamu dari kalangan public figure, seperti Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca, sampai ibu pejabat Sri Mulyani.

"Alhamdulillah, semua pelanggan mengatakan enak. Nasi goreng kebuli paling banyak dipesan anak muda. Sedangkan bakmi godhog dipesan orangtua," papar Pakde Suro yang selalu mencicipi masakannya sebelum dihidangkan kepada para tamu.

Untuk kelezatan yang ditawarkan, harga yang diberikan relatif sebanding. Untuk seporsi bakmi godhog atau goreng, Anda cukup membayar Rp13 ribu sedangkan untuk menikmati nasi goreng kambing bumbu kebuli, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp16 ribu. Variasi menu lainnya kisaran harganya antara Rp13 ribu-Rp14 ribu.

Nah, jika sudah tak sabar ingin segera menikmati semangkuk bakmi Jogja AP Jay, Anda bisa berkunjung ke sana pada jam buka, mulai pukul 16.30 WIB-02.00 WIB setiap harinya.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Menguak Ragam Garam Alami

Posted: 08 Feb 2010 11:37 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

MEMASAK hidangan tanpa menambahkan garam, apa rasanya? Pasti makanan akan terasa hambar dan kurang gurih. Agar lebih nikmat, memakai garam dalam masakan merupakan komponen penting yang susah untuk ditinggalkan.

Kendati begitu, bukan berarti Anda bisa menamburkan garam seenaknya. Pemakaian garam harus dilihat dari segi kesehatan. Garam adalah mineral yang mengandung natrium klorida (NaCI), memberikan cita rasa asin gurih pada makanan. Jika digunakan dalam jumlah banyak, dapat berfungsi sebagai pengawet bahan makanan.

Secara natural, garam telah terdapat di dalam hampir semua bahan pangan. Akan tetapi, orang sering kali menambahkan garam selama proses memasak. Garam yang kita pakai sehari-hari kebanyakan dibuat dengan proses kimiawi, melalui proses pemutihan, dan terkadang ada juga yang ditambah MSG.

Lantas, bagaimana cara pemanfaatan garam yang bijak? Tak perlu khawatir. Pasalnya, di pasaran kini sudah banyak dijajakan alternatif garam yang lebih sehat dan aman bagi kesehatan. Yaitu garam alami (natural salt).

Garam alami ini tidak memakai tambahan bahan kimia. Garam alami diperoleh sebagai hasil tambang garam yang tertimbun di bawah tanah atau bisa juga dihasilkan dari air laut yang diuapkan. Keuntungan memakai garam alami bisa diserap dan dibuang oleh tubuh dengan mudah. Tidak demikian halnya dengan garam kimiawi.

Teksturnya pun beragam, ada yang berbutir halus, agak kasar, dan kasar. Penasaran ingin tahu jenis garam alami? Ulasan dari Santap berikut bisa menjawab rasa ingin tahu Anda.

Rock salt

Garam berbentuk kristal kasar yang tidak mengalami pemrosesan. Diperoleh secara alami di alam.

Sea salt

Diproduksi dengan cara menguapkan air laut yang sudah dibersihkan dan disaring (proses evaporasi). Endapannya disebut garam.

Table salt

Disebut garam meja karena garam ini bisa langsung ditambahkan ke dalam hidangan yang sudah tersaji di atas meja.

Bisa kimiawi bisa terbuat dari hasil proses evaporasi rock salt dengan memakai sistem tekanan hampa udara (vacuum pressure). Bentuk garam meja ini berupa butiran halus. Biasanya garam meja ini telah diberi penambahan yodium (iodine).
(nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keju, si Cita Rasa Gurih Menyehatkan

Posted: 08 Feb 2010 08:25 PM PST

Message from fivefilters.org: If you can, please donate to the full-text RSS service so we can continue developing it.

KEJU berasal dari bahasa Portugis, queijo merupakan makanan padat yang dibuat dari air susu binatang. Binatang yang dijadikan sumber air susu biasanya sapi. Selain itu, air susu unta, kambing, domba, kuda, ataupun kerbau kerap dimanfaatkan untuk berbagai jenis keju lokal.

Keju merupakan salah satu makanan terkenal di seantero dunia. Faktanya, kandungan protein keju lebih tinggi dibandingkan susu segar. Pada 100 gram keju rata-rata mengandung 22,8 gram protein, sedangkan susu segar hanya 3,2 gram per 100 gram. Begitu juga dengan kandungan kalsium. Keju mengandung 777 mg sementara susu segar hanya sekira 143 mg setiap 100 gram.

Selain kandungan nutrisi tadi, keju juga tinggi karbohidrat, lemak, zat besi, lemak, dan fosfor. Dengan mengonsumsi 100 gram keju, kebutuhan kalsium Anda tersuplai 20-25 persen dari kebutuhan kalsium sehari.

Secara garis besar, keju dibedakan antara fresh atau soft cheese dan hard cheese. Keju jenis soft cheese, antara lain ricotta, mascarpone, dan cream cheese cenderung tidak tahan lama. Sementara hard cheese cenderung bertekstur keras dan lebih tahan lama karena diperam lama untuk mengurangi kadar airnya (mature). Parmesan dan edam adalah beberapa contoh hard cheese yang populer.

Nah, bila ingin tahu beragam jenis keju yang sering dikonsumsi, berikut ulasan yang dikutip dari Santap, Selasa (9/2/2010).

Parmesan

Parmesan adalah nama yang dipakai luas, sedangkan nama aslinya adalah parmigiano reggiano dan khas diproduksi di Parma, Bologna, dan Mantua. Jenis hard cheese ini lebih cocok diparut dan ditambahkan ke dalam adonan yang membutuhkan aroma keju yang tajam. Keju parmesan lazim diparut sebagai taburan pasta, pizza, muffin, kaserol, salad, dan sup.

Ricotta

Keju Italia yang terbuat dari susu kambing ini tergolong rendah lemak, bahkan tanpa lemak. Dahulu, ricotta terbuat dari susu sisa hasil pembuatan keju. Ricotta sering digunakan dalam pembuatan sicilian cassata (cake cokelat ricotta buah kering). Ricotta punya tekstur lembut dan rasanya tidak terlalu asin. Jenis keju ini pas digunakan untuk bahan isi ravioli, olesan canape, sandwich, adonan gnocchi, dan taburan salad.

Cream cheese

Cream cheese atau krim terbuat dari susu full cream dan memiliki cita rasa lembut. Teksturnya padat namun melunak jika dibiarkan dalam suhu ruang. Ada pula cream cheese dengan tekstur yang lebih lembut dan cocok dipakai sebagai saus celup. Biasanya, cream cheese dijual dalam bentuk balok berbungkus foil (merek Philadelphia) atau yang untuk saus celup, lebih sering dalam kemasan tube plastik. Keju krim biasa dimakan bersama bagel atau cheese cake, filling, dan aneka dessert.

Edam

Keju dari Belanda ini biasanya dikemas dalam pembungkus warna merah. Keju edam cocok untuk sandwich, pastry, canape, croque monsieurs, dan salad. Edam tua, dengan lapisan pelindung warna hitam bercita rasa lebih tajam dan harganya lebih mahal. Jenis ini pas untuk taburan atau membuat kastengel dan nastar.

Mascarpone

Jenis keju khas dari Lombardy, Italia. Rasanya yang lembut populer dipakai dalam dessert Italia, yakni tiramisu. Dalam pembuatannya, mula-mula krim ditambahi asam sitrat, lalu disaring menggunakan kain untuk diambil sarinya yang berbentuk gumpalan.

Cheddar

Keju terpopuler di Indonesia ini berasal dari kota Cheddar, Somerset, Inggris. Semi-hard cheese ini bercita rasa gurih. Proses pengeringan keju dipercepat dengan pemotongan dan ditekan (pressed). Keju cheddar dijual pula dalam bentuk lembaran dan cocok untuk souffle, canape, ataupun hamburger.
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: