Selasa, 09 Maret 2010

“Modifikasi Chinese Food ala Tian Xi” plus 1 more

“Modifikasi Chinese Food ala Tian Xi” plus 1 more


Modifikasi Chinese Food ala Tian Xi

Posted: 08 Mar 2010 09:39 PM PST

BANYAK restoran China di Jakarta. Namun, Tian Xi berbeda. Tempat ini adalah Chinese resto yang memiliki menu bebek dan seafood nan khas, yang diolah dengan cara tradisional tapi disajikan secara modern.

Restoran Tian Xi dibuka sejak Agustus 2009. Berlokasi di pusat perbelanjaan bergengsi di Jakarta, yakni Mal Senayan City, restoran ini menawarkan atmosfer berbeda. Meskipun tempat makan berkonsep Chinese food bertaburan di seantero Jakarta, Tian Xi terkesan istimewa.

Menurut Operational Manager Restoran Tian Xi Ferdinand Cheng, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan menu masakan China, tetapi no pork. Artinya, makanan yang disajikan semua halal.

"Jadi, semua masyarakat baik orang lokal maupun Chinese bisa menikmati. Dulu kan orang Chinese saja yang bisa makan. Sekarang karena diolah dengan bahan-bahan yang halal, semua orang bisa makan masakan di sini," katanya.

Tidak heran, lanjut dia, banyak pengunjung dari masyarakat lokal penikmat Chinese food yang menjadi pencinta restoran ini. Bahkan, kalau dilihat dari persentase, sekitar 60 persen pengunjung yang datang ke sini adalah warga lokal. Bisa dibilang bahwa Tian Xi memang tidak terpaku pada satu golongan ataupun kalangan saja.

Yang paling banyak mengunjungi Tian Xi, kata Ferdinand, adalah customer keluarga dari golongan menengah dan atas yang tidak segan-segan menghabiskan waktu di restoran yang masih satu manajemen dengan Red Duck, restoran bebek yang terletak di Mal FX Jakarta ini.

"Karena suasana restoran kami memang family sekali, buat rileks anggota keluarga. Tetapi, banyak juga anak muda yang nongkrong menghabiskan waktu sambil santai ngobrol-ngobrol di sini," terang Ferdinand.

Ferdinand menambahkan, tempatnya memang sering dijadikan pilihan utama bagi sebuah perusahaan untuk mengadakan meeting, gathering, ataupun family occasion. Bahkan, pejabat negara banyak yang memesan tempat di Tian Xi untuk mengadakan pertemuan dengan kolega mereka.

"Kami sering didatangi pejabat pemerintah dan anggota partai untuk mengadakan rapat di tempat ini, karena di sini ruangannya luas dan nyaman. Bisa digunakan untuk segala acara seperti arisan, kegiatan perusahaan, atau ulang tahun," tandasnya.

Ruangan di restoran ini memang cenderung luas. Selain ruang smoking dan ruang non-smoking yang totalnya dapat menampung hingga 300 orang, di sini juga disediakan ruang VIP. Tiga ruangan mampu menampung 10 orang dan ada dua ruangan lain yang dapat memuat hingga 40 orang. Untuk penggunaan ruangan di Tian Xi, baik VIP ataupun reguler, tidak dikenakan biaya. Namun waktu lunch/dinner dan Sabtu/Minggu/libur, pemakaian ruang VIP bisa dilakukan dengan transaksi minimal Rp1 juta.

"Kebanyakan customer harus booking dahulu, karena biasanya pada saat lunch, dinner, ataupun weekend banyak yang memesan tempat ini," ujar Ferdinand.

Bagi pengguna ruang VIP, kata Ferdinand, masakan dapat disajikan secara ala carte ataupun buffet, semua disesuaikan dengan konsep dari acara yang telah direncanakan pengunjung.

Ferdinand menuturkan, setiap hari pengunjung Tian Xi dapat mencapai 300 orang, sedangkan saat weekend bisa melonjak dua kali lipat menjadi 600 orang. Hal itu, jelas dia, tidak terlepas dari lokasi restoran ini yang terletak tepat di jantung Ibu Kota, sehingga pengunjung tak sulit menjangkau tempat ini. Letaknya di dalam Mal Senayan City juga mudah dijumpai, karena berada di lantai lower ground yang memiliki beberapa pintu akses masuk yang mudah ditemui, seperti lift dan eskalator dari lobi utama mal.

"Kami pilih Senayan City karena tempatnya ramai dikunjungi masyarakat Jakarta. Letaknya strategis dan mudah dijangkau. Pusat perbelanjaan ini juga menjadi pilihan utama kalangan keluarga untuk berjalan-jalan pada saat liburan," kata Ferdinand.

Dari segi desain ruangan, interior restoran ini menyajikan perpaduan gaya China tradisional dan modern nan indah serta sanggup membuat pengunjung merasa nyaman seperti di rumah. Dengan bangku-bangku dari kayu plus ornamen berwarna merah dan cokelat, tempat ini semakin membuat betah.

Menu-menu yang ditawarkan di Tian Xi, kata Ferdinand, memang tidak jauh berbeda dengan restoran China kebanyakan. Namun, karena di sini terdapat masakan yang beragam––di mana terdapat lebih dari 100 jenis masakan––tentu membuat Anda memiliki banyak pilihan.

Menu paling khas yaitu aneka olahan bebek. Ada juga bubur, dim sum, ikan, seafood, mi, sayur-mayur, dan dessert yang semua sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, tapi tetap tidak mengubah cita rasa aslinya. Untuk minuman, disediakan Chinese tea dan berbagai macam jus.

Soal harga, menurut Ferdinand, masih relatif terjangkau. Meski menyasar kalangan menengah dan atas, rata-rata harganya terbilang "rasional" berkisar antara Rp7.000–Rp300.000. Restoran Tian Xi buka tiap hari pukul 10.00–22.00 WIB.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Smoked Duck & Puding Kelapa Istimewa

Posted: 08 Mar 2010 09:28 PM PST

KUALITAS masakan yang dihidangkan di Restoran Tian Xi tak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan bahan baku terpilih dan segar, tidak heran makanan yang dihasilkan juga dapat memanjakan lidah dan perut Anda.

Apalagi makanan di sini diracik oleh dua executive chef yang andal serta profesional yang berasal dari Malaysia. Chef yang pertama dengan spesialisasi masakan China dan yang kedua dengan spesialisasi menu bebek.

"Kreasi menu masakan di sini juga buatan mereka sendiri," kata Operational Manager Restoran Tian Xi Ferdinand Cheng.

Salah satu menu andalan Tian Xi adalah smoked duck atau bebek asap. Bebek yang digunakan merupakan bebek impor yang dikenal memiliki daging lebih empuk dan enak. Dengan tambahan bumbu khas Tian Xi, masakan ini menjadi istimewa.

Daging bebek yang dipotong tipis segi empat terasa lembut dan gurih. Saat digigit terasa empuk dan lumer ketika berada di mulut. Sangat nikmat dilahap bersama nasi, menambah cita rasa tersendiri.

"Menu ini memang hanya ada di sini, tidak ada di tempat lain. Kreasi para chef kami sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia," imbuh Ferdinand.

Dalam mengolah bebek asap ini, lanjut Ferdinand, pihaknya memanfaatkan alat serta teknologi canggih yang berguna untuk menjadikan masakan istimewa.

"Kami punya alat untuk menguliti daging bebek.Terus, agar daging bebek tidak berbau amis, kami pun punya ramuan istimewa untuk menghilangkan itu," jelasnya.

Tian Xi juga baru saja memperkenalkan menu teranyar, yaitu smoked duck with mango atau bebek asap yang ditambah irisan mangga. Daging bebek yang sudah gurih ditambah potongan buah mangga segar, membuat sajian ini unik.

"Rasanya unik dan berbeda, gurih, serta segar," ujarnya.

Selain itu, ada pula menu roast duck, yaitu bebek panggang dengan bumbu istimewa. Lalu ada hot stone duck rice, dim sum, aneka seafood, mi, sayuran, dan dessert. Jangan lewatkan juga menu tahu goreng cabai garam, sup jagung kepiting, tim kaki ayam lada hitam, dan tim xiao long pao.

Untuk minuman, tersedia teh China dan berbagai macam jus. Sedangkan untuk dessert, restoran ini menyediakan puding kelapa ala Tian Xi. Kudapan ini tersaji dalam batok kelapa dari Thailand yang berukuran kecil, namun memiliki cita rasa khas. Rasanya benar-benar enak karena puding bercampur dengan air kelapa yang berasa manis.

"Kami memang bukan yang pertama kali membuatnya. Tapi, rasa yang Tian Xi sajikan benar-benar berbeda dan paling enak. Terbukti makanan ini jadi favorit pengunjung," kata Fredinand.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: