Sabtu, 27 Maret 2010

Sandwich Cita Rasa Vietnam pasti siip

Sandwich Cita Rasa Vietnam pasti siip


Sandwich Cita Rasa Vietnam

Posted: 27 Mar 2010 01:57 AM PDT

SANDWICH yang dikenal sebagai kudapan ala Barat bisa dimodifikasi hingga memiliki cita rasa Asia. Kreasi ini sudah tercipta sejak empat tahun lalu melalui tangan juru masak di Cali Deli.

Sandwich yang tersaji di Cali Deli memiliki cita rasa perpaduan Barat dan Asia, khususnya Vietnam. Rasa rempah-rempah yang kuat menjadi ciri masakan asal negara beribu kota Hanoi itu,dihadirkan melalui kudapan berjenis roti isi ini. Hanya, roti baquette yang digunakan sebagai bahan baku sandwich buatan Cali Deli tidak sama dengan roti sandwich lain yang bertekstur padat dan keras.

"Roti yang kami gunakan adalah baquette, roti Prancis. Roti ini tidak seperti roti sandwich kebanyakan yang padat, keras, dan seret. Baquette yang kami produksi sendiri teksturnya soft dan crispy," kata Marketing & Promotion Manager Cali Deli Riny Soesylowati.

Lantas, mengapa cita rasa masakan Vietnam yang dipilih? Menurut Riny, hal itu tidak terlepas dari kegemaran si empunya resto pada kegiatan traveling. Pengalaman owner Cali Deli menjelajah berbagai lokasi di sejumlah negara melahirkan sebuah ide untuk menyatukan cita rasa Barat dan Vietnam.

"Owner kami sering bolakbalik ke Amerika dan Vietnam. Beliau juga pernah tinggal di Vietnam, lalu belajar mengenai cita rasa masakan di negara itu, termasuk soal rempah-rempahnya. Nah, dari sanalah muncul ide untuk membuat sandwich yang populer di Amerika, tapi dengan cita rasa Vietnam," cerita Riny.

Sandwich identik dengan hidangan dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju, atau beberapa bahan makanan lain. Sebagai penyumbang cita rasa digunakanlah aneka saus seperti mayones dan saus tomat, ataupun olesan selai serta sirup untuk sandwich manis.

Nah, di Cali Deli cita rasa sandwich-nya cenderung asin dan gurih. Rasa serta aroma rempah begitu terasa saat kita menggigitnya. Terutama pada menu bernama lemon grass.

"Lemon grass adalah menu best seller di Cali Deli selama empat tahun. Customer kami sebagian besar memilih sandwich yang mempunyai cita rasa khas Vietnam ini. Bau rempahnya, terutama sereh, sangat terasa," sebut Riny.

Terdapat sedikitnya 12 jenis sandwich yang dijajakan di resto yang sudah memiliki enam cabang ini. Salah satu yang paling baru adalah sandwich cali delo love. Sandwich ini berisi potongan beef blackpepper yang empuk dan lembut, juga sayuran yang semua diolah sendiri di dapur Cali Deli yang berada di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain sandwich, resto yang pada 23 Maret lalu baru membuka gerai keenamnya ini juga menawarkan menu berjenis sup serta salad yang lagi-lagi bercita rasa Vietnam.

"Semua bumbu dan bahan kami racik sendiri di dapur Cali Deli. Misalnya sayuran, tiap hari kami bikin. Sementara bahan baku seperti ayam dan turkey, kami pesan dari supplier khusus," papar Riny, seraya menyebut harga menu di Cali Deli berkisar antara Rp21.000–Rp47.000.

Untuk menghilangkan dahaga pengunjung, pengelola Cali Deli menyediakan sekitar 40 varian minuman. Yang paling diunggulkan tentu saja kopi Vietnam yang disajikan sedemikian rupa sehingga menjadikannya digemari.

Ingin kopi yang dingin? Tersedia minuman unggulan berlabel black magic. Sementara buat Anda yang lebih suka kopi panas, ada midnight express.

"Dibandingkan makanan, menu minuman di Cali Deli memang lebih banyak, " imbuh Riny.

Selain memiliki gerai besar dan nyaman, seperti yang berada di Jalan Surabaya, Menteng, Cali Deli juga "tampil" dengan konsep booth di beberapa gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Selain di Jalan Surabaya, saat ini gerai Cali Deli juga berada di Gedung Bursa Efek Indonesia, mal Fx Sudirman, The Promanade di Pejaten, Graha Codefin Kuningan, dan yang terbaru di La Codefin Kemang.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: