Rabu, 10 Maret 2010

“Sapo Tahu” plus 3 more

“Sapo Tahu” plus 3 more


Sapo Tahu

Posted: 10 Mar 2010 12:08 AM PST

KEDELAI identik dengan tahu. Padahal, kacang kedelai juga menjadi makanan penuh nutrisi untuk kecantikan kulit.

Pasalnya, kandungan minyak, protein, vitamin, dan mineral dari jenis kacang-kacangan tersebut dapat membuat kulit senantiasa terawat. Jadi, bukan hanya mengeyangkan, konsumsi tahu juga bisa membuat kulit makin cantik. Apalagi tahu sutera, dengan tambahan telur di dalamnya yang bisa membuat Anda ketagihan dengan tekstur lunaknya.

Bosan mengolah tahu sutera dengan menu yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba menu lain dari bahan utama tahu sutera. Makanan istimewa ini adalah sapo tahu. Mau tahu cara pembuatannya?

Bahan
2 sdm minyak sayur
50 g bawang bombay, iris tipis
2 siung bawang putih, memarkan
150 g udang, belah punggungnya
1 sdt minyak wijen
2 sdm saus tiram
2 sdt maizena, cairkan dengan sedikit air
10 cm daun bawang, iris serong
10 g jamur shitake kering, rendam air panas, tiriskan, lalu iris tipis
450 g (2 buah) tahu sutera, iris melintang 1 cm, goreng setengah matang
½ sdt garam halus
¼ sdt merica bubuk
1 cm jahe, memarkan
150 ml air

Cara membuat :
1. Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombay dan bawang putih, hingga harum. Lalu masukkan udang dan masak hinggat matang.

2. Tambahkan minyak wijen, saus tiram, cairan maizena, daun bawang, jamur, dan tahu. Bubuhi garam, merica, serta jahe. Masak hingga bumbu merata dan mendidih. Angkat dan hidangkan panas-panas.

Resep:
Fitri Yulianti, Cibubur(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tip Mengolah Pasta

Posted: 10 Mar 2010 12:00 AM PST

MENGOLAH pasta pada dasarnya tidak terlalu sulit. Hanya untuk mendapatkan hasil yang lebih lezat, ada baiknya Anda menerapkan tip berikut.

• Pasta terasa pas kekenyalannya jika direbus sampai al dente, tidak mentah dan tidak terlalu matang sehingga terasa kenyal jika digigit.
• Rebus pasta dengan air yang sudah mendidih dan banyak. Perbandingannya 1,5 liter air untuk 100 gram pasta. Cara ini memungkinkan pasta mengembang sempurna dan tidak saling menempel.
• Pasta basah memerlukan 2-3 menit waktu perebusan, sementara untuk yang kering 8-10 menit. Kurang dan waktu ini biasanya pasta akan terasa mentah. Jika lebih, pasta akan lunak dan kehilangan kekenyalan.
• Tambahkan sedikit garam pada air perebusan agar cita rasa pasta lebih lezat.
• Jangan menambahkan minyak atau mentega supaya pasta tidak saling melekat. Tinggalkan kebiasaan ini karena bakal menjadikan saus pelengkap tidak bisa meresap pada pasta.
• Campur dengan saus pelengkap segera selagi panas. Cara ini lebih baik karena menjadikan saus lebih meresap, pasta tidak saling menempel, dan tentu lebih lezat.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam & Bentuk Pasta

Posted: 09 Mar 2010 11:52 PM PST

PASTA, salah satu makanan khas Italia. Kenali ragam dan bentuk pasta karena bahan tambahan yang tepat akan memaksimalkan rasanya ketika menyentuh lidah. Plus, untuk memperkaya sajian untuk keluarga.

Terdapat ratusan bentuk pasta, berikut beberapa di antaranya:

Farfalle. Pasta berbentuk dasi kupu-kupu dengan tepi bergerigi. Cocok untuk hidangan salad atau main course dengan saus yang creamy.

Conchiglioni. Menyerupai kulit kerang. Lebih pas untuk isi sup, salad, dan main course.

Cannelloni. Bentuknya seperti pipa berlubang dengan diameter 3 cm panjang kurang lebih 5 cm. Sejenis canelloni, namun berukuran lebih pendek dikenal dengan nama rigatoni, sedangkan yang berujung serong disebut penne. Cocok dimasak bersama daging dan keju pada hidangan panggang maupun rebus.

Lasagna. Berbentuk lembaran tipis dengan panjang kurang lebih 27 cm, lebar 5 cm. Dapat dijumpai dalam tiga warna: kuning untuk hidangan panggang, merah biasanya diolah dengan saus tomat, dan hijau cocok dipadu dengan bayam atau aneka sayuran.

Spaghetti. Bentuknya seperti lidi panjang tanpa lubang. Sangat cocok disajikan dengan saus bolognese (saus tomat dengan daging cincang). Masih sejenis spaghetti, namun berukuran lebih kecil dan pendek dikenal dengan nama vermicelli. Cocok diolah bersama seafood, daging, maupun untuk isi sup.

Fusilli. Menyerupai bentuk spiral. Biasanya diolah dengan cream sauce, tomat, dan kacang polong.

Macaroni. Pasta bentuk pipa melengkung dengan lubang ditengahnya. Terasa pas untuk hidangan panggang seperti macaroni schotel dan isi aneka sup.

Fettuccini. Bentuknya seperti kwetiau, pipih, dan lebar. Dapat dijumpai dalam tiga warna: hijau dari sari bayam, hitam dari tinta cumi-cumi, dan kuning dari telur. Cocok dijadikan main course yang diolah bersama daging, keju, sayur, atau seafood.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Cita Rasa Eropa di Cafe Bon Francais

Posted: 09 Mar 2010 10:54 PM PST

MENU utama bergaya Eropa identik dengan penggunaan saus dan pasta. Hidangan ini cukup familier bagi lidah orang Indonesia jika diolah dengan kreativitas yang tinggi.

Salah satu tempat makan yang menawarkan menu bercita rasa Eropa adalah Café Bon Francais. Nama kafe ini mungkin belum familier di telinga Anda. Tapi bila yang disebut adalah Café Oh La La, pasti para pencinta kuliner sudah cukup kenal. Ya,Café Bon Francais adalah nama baru buat Café Oh La La.

Cafe Bon Francais memiliki suasana yang tenang dan nyaman yang terletak di mal Senayan City, Jakarta Selatan. Atmosfer yang dimunculkan akan membuat siapa pun betah nongkrong di sini.

"Kita sering datang ke sini untuk nongkrong, kumpul sama teman- teman, atau ngobrol-ngobrol," ujar Evelyn Indira, salah seorang pengunjung Cafe Bon Francais yang tiap akhir pekan selalu menyambangi kafe ini.

Cafe Bon Francais atau yang sebelumnya bernama Café Oh La La didirikan sudah cukup lama. Hanya, pada 6 Februari lalu nama Oh La La berubah menjadi Bon Francais.

"Delapan gerai Cafe Oh La La telah berganti nama menjadi Cafe Bon Francais, salah satunya yang berada di sini," tandas Operational Manager Cafe Bon Francais Yanwar Rio Tirta dari gerai cabang Senayan City. Kedelapan cabang yang telah berganti nama itu, selain di Senayan City, juga berlokasi di Grand Indonesia, Pacific Place, Mal Taman Anggrek, Central Park, Mal Puri Indah, Point Square, dan Rumah Sakit Pelni Petamburan.

Menurut Rio, kafe yang memiliki image sebagai tempat nongkrong ini mengusung konsep tempat makan seperti yang terdapat di kafe-kafe pinggir jalan di Prancis. Suasananya sangat santai dengan tempat duduk sofa yang trendi.

"Cafe Bon Francais merupakan kafe waralaba dari Prancis. Maka, tidak heran jika konsep dan menu-menu yang ada di sini semua dibuat ala Prancis," kata Rio.

Menu yang tersedia di Cafe Bon Francais, di antaranya croissant, zupa soup, dan fettucini. Rio mengatakan, croissant alias roti berbentuk bulan sabit yang adonannya sedikit berbeda dengan adonan roti kebanyakan itu cukup difavoritkan oleh pengunjung, terutama yang rasa tuna. Kelembutan pastry khas Prancis ini akan semakin nikmat jika disantap selagi panas dan dipadukan dengan aneka kopi ataupun teh.

Masakan Prancis bisa dikatakan identik dengan pengolahan yang serba creamy. Seperti dapat ditemui pada menu pasta jenis fettucini. Di Cafe Bon Francais, menu berbahan dasar fettucini yang menjadi favorit ialah fettucini beef. Rasa krim yang bercampur keju, daging asap, dan jamur kancing itu terasa istimewa jika dipadukan dengan saus khas ala Cafe Bon Francais.

"Beef fettucini merupakan menu utama dan menjadi best seller di sini," tandas Rio. Fettucini merupakan jenis pasta yang memiliki nama lain tagliatelli dan merupakan salah satu pasta khas Bologna, Italia. Bentuknya tipis dengan lebar sekitar 6 mm.

Dari deretan appetizer, tersedia menu zupa soup yang di Cafe Bon Francais dinamai dengan soup feulette. Menu ini menyajikan sup krim dengan campuran ayam dan jamur. Yang tak ketinggalan dan menjadi ciri khas zupa soup adalah penggunaan puff yang selalu dibuat hingga menutupi seluruh wadah sup.

"Sup yang disajikan selalu fresh. Sebab, puff yang dibuat harus dalam keadaan hangat pada saat disajikan dan ini juga membuat tampilannya tetap cantik," ujar Rio.

Adapun menu minuman yang patut dicoba di Cafe Bon Francais adalah ice blue ocean dengan rasa yang menyegarkan, atau minuman berbahan dasar kopi yakni mocca ice blend.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: