Rabu, 03 Maret 2010

“Serunya Memasak Sendiri di Fuku Tei Shabu & Grill House” plus 3 more

“Serunya Memasak Sendiri di Fuku Tei Shabu & Grill House” plus 3 more


Serunya Memasak Sendiri di Fuku Tei Shabu & Grill House

Posted: 03 Mar 2010 02:21 AM PST


Dari sekian banyak varian menu Jepang yang ada di Fuku Tei, shabu-shabu menjadi sajian yang difavoritkan pengunjung restoran ini. "Dari deretan menu khas Jepang, Fuku Tei memiliki variasi soba, udon, tempura, serta bento yang beragam. Shabu-shabu ala Jepang memiliki keunikan yang terletak pada kuah kaldu serta saus ponzunya," ujar Deputy Operations Director Fuku Tei Shabu & Grill House Catherine Halim.

Menurut Catherine, cara ideal menikmati shabu-shabu adalah dengan merebus sayur dan daging secara terpisah. Oleh karena itu, tiap panci shabu-shabu di Fuku Tei disekat menjadi dua bagian. Hal ini dilakukan supaya sayur maupun daging tidak kehilangan cita rasa aslinya. "Selain shabu-shabu dengan daging pilihan, kami mengunggulkan cara memasak yang dilakukan pengunjung sendiri. Jadi, soal kematangan dan rasanya biar mereka yang menentukan. Semacam self service," katanya.

Jika daging yang dimasukkan ke panci sudah matang, barulah sayuran dan daging tadi dicelup ke dalam saus ponzu. Saus ponzu memiliki cita rasa yang "mengejutkan" karena bisa terasa asin, asam, dan manis pada saat bersamaan. Saus ini berperan sebagai penambah cita rasa daging shabu-shabu dan sayuran yang dinikmati.
Selain saus ponzu, kuah kaldu sebagai penentu lezat atau tidaknya shabushabu Jepang, juga menjadi pilihan pengunjung.

"Para tamu bisa mulai beraksi dengan memilih irisan daging sapi sesuai selera, dan mencelupkannya ke dalam panci berisi air panas sehingga daging cepat matang. Tiap set daging yang pengunjung pesan disajikan bersama potongan sayur, udon impor, tahu, dan nasi," papar Catherine.

Selain shabu-shabu, masakan Jepang yang cukup diminati adalah gogi bibimbap atau daging sapi cincang dan potongan sayur di atas nasi. Makanan ini diolah si pemesan dengan cara diaduk atau langsung dimakan.

Agar cita rasa masakan tetap orisinal, seluruh kuah kaldu yang disiapkan tidak menggunakan monosodium glutamate (MSG). Ini juga berlaku untuk semua jenis masakan di Fuku Tei. Selain itu, air untuk merebus daging dan sayur juga selalu dijaga agar tetap panas.

Masakan Jepang biasanya memiliki lima komposisi warna dan rasa, yakni manis, pedas, asam, asin, pahit dengan warna kuning, hitam, putih, hijau, plus merah. Pada dasarnya, masakan Jepang adalah menu yang simpel dan mengutamakan keautentikan rasa dari masing-masing bahan.

Sementara itu, Korean Chef Fuku Tei Shabu & Grill House Iwan Kurniawan mengatakan bahwa masakan asal Negeri Ginseng yang wajib dicoba adalah Korean grill, yang dipanggang dan dinikmati bersama saus manis bertabur wijen khas Fuku Tei. "Sama halnya dengan daging yang disajikan untuk shabu-shabu, semua daging yang digunakan untuk menu bakaran Korea juga berkualitas tinggi," imbuh Iwan.

Menu andalan ala carte dalam kategori hidangan Korea adalah bulgalbi (daging bertulang yang direndam dengan bumbu ala Korea) dan fuku tei galbi (daging bertulang tebal berbumbu Fuku Tei). Untuk pelengkap, biasanya hidangan tersebut dipadukan dengan sanchu (selada, potongan wortel, mentimun, irisan bawang putih, dan cabai).
(tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Cake Puding Semangka

Posted: 03 Mar 2010 02:13 AM PST

DENGAN bahan dasar agar-agar dan air/susu serta gula untuk pemanisnya, puding memang pantas dijadikan salah satu hidangan favorit. Bahkan saat ini puding semakin populer karena di dunia kuliner telah bermunculan berbagai tampilan dan rasa puding hasil kreasi para pakar dan praktisi boga.

Bahan cake:
1 ½ resep adonan cake 2
1 sdm pasta pandan

Puding busa putih:
600 ml susu cair
1 ½ bks agar-agar bubuk warna putih
100 gram gula pasir
75 ml putih telur, kocok kaku

Puding busa merah:
400 ml susu cair
75 gram gula pasir
1 bks agar-agar bubuk warna putih
50 ml putih telur, kocok kaku
1 tetes pewarna merah
50 gram cincau hitam, potong dadu kecil

Bahan cake 2:
2 butir telur ayam
35 gram gula halus (kastor)
1 sdt cake elmusifier (seperti ovalet dan sp)
25 gram tepung terigu protein sedang
45 gram mentega, cairkan
Cara membuat cake 2:
1. Campur telur, gula, cake elmusifier, dan tepung terigu menjadi satu. Kocok hingga putih, mengembang dan mengental.
2. Tuang mentega cair, aduk rata dan perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu.
3. Siapkan loyang persegi 30x24x2 cm, olesi margarine dan taburi dengan sedikit tepung terigu.
4. Tuang adonan ke dalamnya, ratakan.
5. Panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 7 menit hingga matang, angkat dan dinginkan.

Cara membuat cake puding semangka:
1. Cake: campur adonan dengan pasta pandan. Tuang ke dalam loyang lalu panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama 7 menit hingga matang.
2. Puding busa putih: rebus susu, agar-agar, dan gula hingga mendidih.
3. Masukkan ke dalam kocokan putih telur, aduk rata.
4. Puding busa merah: rebus susu, gula, dan agar-agar hingga mendidih.
5. Masukkan ke dalam kocokan putih telur dan tambahkan pewarna, aduk rata. Tambahkan cincau.
6. Penyelesaian: masukkan cake ke dalam loyang bongkar pasang ½ lingkaran 22 cm, rapikan sisi-sisinya.
7. Letakkan bagian loyang yang kecil di atas cake. Tuangi dengan puding busa putih, dinginkan hingga setengah mengeras.
8. Ambil loyang kecil, tuangkan puding busa merah ke atas puding putih, dinginkan hingga mengeras.
9. Potong-potong sesuai selera, sajikan dingin.
Hasil: 10 potong

Resep disarikan dari buku "Cake Puding Aneka Rasa" oleh Nursaadah
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Resto Kelinci, Meracik Gepuk dari Daging Kelinci

Posted: 03 Mar 2010 12:51 AM PST

GEPUK biasanya dibuat dari daging sapi. Namun Resto Kelinci di Jalan Tubagus Ismail, Bandung, menawarkan gepuk yang berbeda. Resto itu meracik gepuk kelinci yang tak kalah enak dengan daging sapi.

"Biasanya gepuk itu dibuat dari daging sapi. Baru sekarang ada gepuk dari daging kelinci," kata pengelola Resto Kelinci, Khairul Anam (50).

Dia menambahkan, bumbu-bumbu untuk gepuk tersebut tak jauh berbeda dengan gepuk dari daging sapi. Setelah bumbu selesai diracik, baru daging kelinci dimasukkan dan digoreng. Baru setelah digoreng, gepuk kelinci disajikan dengan taburan bawang goreng.

Menurut Khairul, tekstur gepuk kelinci seratnya lebih halus sehingga agak sulit dibelah. Namun, rasanya tidak jauh beda dengan gepuk daging sapi, meski lebih basah. Satu porsi gepuk kelinci dijual Rp7.500.

"Selain gepuk, di sini ada juga menu lainnya seperti rendang kelinci, rica-rica kelinci, tongseng kelinci, bistik kelinci, nasi goreng kelinci, dan sate kelinci," kata Khairul.

Dari semua menu kelinci yang ditawarkan di Resto Kelinci, yang paling mahal adalah sate kelinci. Harganya Rp15 ribu. Sementara menu favorit di antaranya rendang, rica-rica dan tongseng.

"Resto ini biasanya mulai ramai dikunjungi menjelang sore hingga malam hari. Rata-rata pengunjungnya mahasiswa," pungkas Khairul.

Menu-menu di Resto Kelinci memang memanfaatkan semua bagian kelinci. Bahkan, bagian kulit kelinci juga tidak dibuang, namun dijadikan soto kikil kelinci.

Selain serba kelinci, resto yang baru setengah tahun berjalan ini juga satu tempat dengan Sushi Hum. Di sana, ditawarkan pula makanan Jepang yang dimodifikasi dengan kelinci.

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat si Buah Tropis

Posted: 02 Mar 2010 11:41 PM PST


Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah. Bagi orangorang yang senang menyetir, khususnya untuk perjalanan jarak jauh, pisang mempunyai karbohidrat yang banyak sehingga dapat mengenyangkan perut. Karena buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A, manfaatnya adalah tidak membuat kita mengantuk atau lelah selama perjalanan.

Pada saat kembung akibat terlambat makan, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi terlebih dahulu buah pisang karena mudah dicerna dan diserap tubuh. Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung.

Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung. Pisang juga sangat baik dikonsumsi orang yang ingin berbuka puasa atau terlambat makan, karena buah ini mudah dicerna. Gula yang terdapat pada buah ini dapat cepat diubah menjadi zat tenaga yang baik.

Pisang yang matang sangat mudah dicerna dan diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan tenaga, stamina, serta gizi dan vitamin. Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat mineral, dan vitamin. Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan Fe (zat besi) yang baik untuk darah.

Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi. Pisang mengkal dikukus dan diserut kasar, kemudian diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain. Praktisi kuliner Rudy Choirudin pernah membuatkan contoh resep sederhana, seperti:
1. Empat buah pisang kepok dikukus dan dikupas. Lalu serut kasar (gobet), biarkan hingga dingin.
2. Tumis bawang putih hingga kekuningan.
3. Masukkan bahan protein (ikan, ayam, telur), bahan sayur, beri kecap, saus tomat, saus cabai, dan kecap asin. Kemudian masukkan pisang serut tadi, aduk rata. Menu siap disantap.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: