Rabu, 21 April 2010

Kuliner Unik di foodism pasti siip

Kuliner Unik di foodism pasti siip


Kuliner Unik di foodism

Posted: 21 Apr 2010 01:19 AM PDT


Bertempat di lantai 7 FX Lifestyle X'nter, Sudirman, Jakarta, foodism bisa jadi merupakan resto favorit di mal tempat anak muda kongko tersebut. Suasana yang akrab dan nyaman, ditunjang desain interior layaknya gallery, menjadikan tempat ini begitu memikat hati pengunjung.

Siapa pun yang datang pertama kali ke sini sudah tentu berkeinginan untuk kembali. Apalagi didukung lokasi resto yang sangat strategis, berada tepat di depan bioskop Platinum XXI, sehingga waktu menunggu jam menonton film bersama sahabat atau orang terkasih tak akan terbuang percuma.

Resto ini juga terdapat di mal Senayan City, terletak di area Crystal Lagoon, tepatnya di lantai lower ground, yang sampai saat ini sudah berjalan empat tahun. Sejak Juli 2008, pengelola foodism mulai membuka cabang baru di FX, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Menurut Promotion Manager foodism Lucie Arenawati, resto ini mengambil konsep casual gourmet dining yang menyajikan berbagai kekayaan kuliner dunia, seperti dari Jepang, India, Italia, Thailand, China, dan Indonesia. Semua hidangan ditata secara unik dan berbeda khas foodism.

"foodism seperti aliran makan. Jadi, kami menyediakan berbagai macam makanan khas dari negaranegara di beberapa belahan dunia," tandas Lucie.

Konsep foodism juga ingin merangkul segala macam lapisan masyarakat pencinta makanan. "Mungkin saat bersama teman ada yang suka hidangan Jepang, yang satu suka makanan Italia. Akhirnya bisa diakomodasi di satu tempat, yaitu di sini," cetus Lucie.

Untuk dekorasi ruangan, tempat ini memajang beberapa lukisan dari pemiliknya dengan dominasi dinding dan sofa berwarna merah. Ditambah dengan aksesori seperti lampu gantung unik berbentuk sendok dan garpu khas foodism. Benar-benar membuat suasana menjadi nyaman. Di jendela belakang dipasang poster-poster tokoh dunia yang memiliki idealisme tinggi seperti Bung Karno, Mahatma Gandhi, John F Kennedy, Mohammad Ali, RA Kartini, dan Bruce Lee. Jika jendela ini dibuka, terhamparlah pemandangan hijau lapangan softball Senayan dan view Kota Jakarta dengan gedung-gedung pencakar langitnya.

Lucie mengatakan, target market tempatnya adalah kalangan middle-up karena memang harga makanan di sini bisa dikatakan tidak terlalu murah, namun tetap terjangkau oleh kantong. Rata-rata sekali datang, pengunjung menghabiskan biaya Rp75.000 untuk makan dan minum. Tentu, harga tersebut sebanding dengan porsi serta kualitas makanan di foodism yang termasuk di atas rata-rata resto sejenis.

"Untuk makanan, kami mematok harga Rp30.000–Rp250.000. Minuman mulai Rp15.000. Sementara untuk wine kami menjual by glass dan by bottle," kata Lucie.

Membicarakan foodism tidak lengkap kalau tidak membahas menu unggulan. Jenis masakan di foodism sangat variatif karena berbagai hidangan unik dunia seakan menjadi satu di sini, tapi diolah dengan cita rasa khas. Lihat saja menu spageti telur asin, yang termasuk signature dish di tempat ini. Campuran antara spageti, pasta yang terkenal dari Italia, dengan saus telur asin asli Indonesia, hasilnya adalah sebuah kenikmatan yang tak terlukiskan. Rasa saus telur asin yang bercampur dengan cream sauce dan gurihnya pasta berpadu sempurna di lidah. Ditambah udang goreng, membuat penikmatnya dijamin ketagihan hingga suapan terakhir.

Untuk pastanya, bisa diganti dengan fettuccine jika memang Anda menyukai jenis pasta tersebut. "Ini makanan unggulan kami karena tidak ada di tempat lain. Kami yang pertama kali menciptakan makanan ini. Banyak pengunjung yang ketagihan dan menjadi penggemarnya," tutur Lucie.

Selain itu, masih banyak lagi makanan lezat yang tersedia di sini, di antaranya spageti buntut, grilled chicken, hainan crispy duck rice, chinese wok, sup buntut balado, kepiting soka saus telur asin, dan mi goreng India ala foodism. Di jajaran nasi goreng, ada nasi goreng bebek, nasi goreng buntut, dan nasi goreng kampoeng. Untuk menu sup, yang paling digemari adalah foodism's special yang berisi irisan daging ikan dory lembut dengan tambahan udang dan jamur plus kuah asam pedas.

Sementara itu, dessert yang wajib Anda nikmati adalah profite roll, yaitu kue sous dan vanilla ice cream yang dilumuri saus cokelat. Yummy! Semua masakan merupakan racikan khusus chef foodism. Bahkan, kata Lucie, regular costumer foodism bisa memberi masukan untuk menu yang ada di tempat ini.


"Sup buntut balado adalah salah satu menu hasil masukan dari pengunjung setia kami yang sering menghabiskan waktu di sini. Regular guestkami ingin makan sup buntut, tapi ingin yang rasanya pedas. Maka, kami kombinasikan dengan saus balado. Akhirnya sup buntut balado menjadi menu tetap di sini," terang Lucie.

Minuman di foodism juga tidak kalah istimewa. Tersedia berbagai jenis wine, kopi luwak, teh, foodism mambo, dan foodism fresh juice. Menurut Lucie, rahasia kenikmatan makanan di tempatnya adalah menu yang unik dan karena bahan bakunya selalu fresh.

"Kami bukan restoran fast food yang cepat penyajiannya. Bahan makanan kami adalah sayuran dan buah yang segar. Tomat untuk saus spageti misalnya, bukan saus botolan melainkan buah tomat segar yang langsung dipotong-potong dan dimasak. Karena itu, kami perlu waktu sekitar 10 menit untuk menyiapkan hidangan," papar Lucie.

Meski begitu, kata Lucie, tidak perlu merasa bosan dan gelisah menunggu makanan jadi karena foodism menyediakan welcome bread buat Anda. Di sini juga tersedia fasilitas free Wi-Fi bagi yang ingin browsing di dunia maya. Alunan musik-musik ringan pun tak hentihentinya terdengar untuk menghibur tamu yang datang.

Lucie mengatakan, restonya tergolong ramai pada Rabu dan weekend, terutama pada sore hari seusai pukul 16.00 WIB hingga tengah malam. "Dalam sehari yang datang bisa mencapai 125 orang. Sementara kalau weekend pengunjung kami bisa melonjak hingga dua kali lipat," tandasnya.

Resto foodism buka pada weekdays pukul 11.00–24.00 WIB, sedangkan saat weekend beroperasi pukul 11.00–01.00 WIB. Tempat ini juga menyediakan layanan delivery untuk area Senayan serta katering makanan prasmanan untuk perusahaan- perusahaan besar yang ingin mengadakan acara.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: