Rabu, 28 April 2010

Lezatnya Olahan Kreasi Nasi pasti siip

Lezatnya Olahan Kreasi Nasi pasti siip


Lezatnya Olahan Kreasi Nasi

Posted: 28 Apr 2010 03:22 AM PDT

DENGAN sedikit sentuhan kreativitas, nasi putih bisa dikreasikan menjadi hidangan yang nikmat. Mulai nasi tutug rengginang hingga nasi bakar. Tak hanya bahannya mudah didapat, begitu pula cara membuatnya.
Bosan dengan nasi yang diolah dengan cara itu-itu saja? Sesekali bertukar rasa agaknya tidak mengapa. Agar tidak jenuh tidak ada salahnya Anda mencoba membuat sendiri olahan berbagai nasi ini di rumah. Anda pun bisa menciptakan nasi olahan sendiri.

Salah satunya nasi tutug rengginang. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan rengginang, nasi hangat, kencur, dan garam sebagai bahannya. Nasi menjadi gurih dengan adanya rengginang yang telah dihancurkan sebelumnya. Ada pula nasi bakar. Nasi ini merupakan proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau dirempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas api.

Pembakaran pun tidak sampai tersentuh api. Nasi ini mempunyai aroma yang khas, apalagi jika disantap selagi hangat. Bahan-bahan dalam nasi yang telah dibungkus dengan daun pisang, dijamin membuat terbit selera. Seiring berjalannya waktu, masing-masing daerah kini mempunyai nasi bakar khasnya tersendiri. Ada nasi bakar ala Padang, Sunda, Jawa Barat, nasi bakar pindang, dan nasi bakar liwet.

Untuk nasi bakar khas Jawa Barat, biasanya diisi dengan hati, ampela, usus, dan telur ikan. Ada juga yang mengisi nasi dengan ikan, udang, kepiting, dan daging sapi. Untuk lauk pelengkapnya, nasi bakar ini disantap dengan telur, daging ataupun cumi. Isinya pun berupa suwiran ayam.

Sedangkan nasi bakar pindang, rasa nasinya agak pedas dengan isinya berupa suwiran ikan pindang. Ikan pindang ini juga bisa ditemukan sebagai pelengkap nasi bakar tersebut. Adapun nasi bakar asal Sumatera Barat, nasi disiram dengan kalio. Isinya pun berupa ayam yang berbumbu kalio.

Yang biasa dijumpai di restoran adalah nasi bakar spesial. Nasi ini berisi ayam, jamur merang, dan daun kemangi. Dikatakan spesial sebab nasi ini disajikan dengan tempe dan tahu goreng, ayam kremes, dan sayur asem. Nasi putih terasa lebih nikmat jika di nikmati selagi masih panas. Jika ingin pedas, tambahkan sambal terasi atau sambal matah. Jangan lupa juga untuk memberi lalapan.

Banyak orang cenderung menyukai nasi bakar. Bukan hanya karena kelezatannya, namun juga karena ringkasnya kegiatan mengolah nasi ini. Tidak perlu lagi menyiapkan lauk yang lain untuk memenuhi meja makan. Karena dengan isi dari nasi bakar ini saja, sudah bisa membuat orang kenyang.

Bisa juga Anda mengolah nasi timbel. Kukus saja beras, kemudian pindahkan dan siram dengan air mendidih. Kukus kembali hingga matang, baru setelah itu bungkus nasi dengan daun pisang. Sama seperti nasi bakar, sajikan nasi timbel dengan aneka gorengan, lalapan, dan sambal.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: