Selasa, 20 April 2010

“Makan di Bawah Rimbun Pohon” plus 3 more

“Makan di Bawah Rimbun Pohon” plus 3 more


Makan di Bawah Rimbun Pohon

Posted: 20 Apr 2010 04:19 AM PDT


Resto yang diperuntukkan bagi kalangan umum ini memiliki tempat yang cukup nyaman sehingga dapat sejenak mengalihkan perhatian warga Kota Bogor yang lumayan sibuk. Apalagi, resto ini dilengkapi dengan aneka suguhan andalan antara lain nasi liwet khas taman koleksi dan sup buntut. Bukan hanya makanan Nusantara, resto ini juga menyediakan beberapa menu Western seperti aneka sup dan steik.

Sup buntut ala Resto Taman Koleksi hadir dalam berbagai varian olahan, antara lain sup buntut kuah, goreng, dan bakar. Sup bening dengan buntut sapi pilihan disajikan bersama nasi, emping, sambal, dan dilengkapi acar segar.

Di samping menu makanan, Resto Taman Koleksi juga menyuguhkan berbagai macam minuman segar dan menyehatkan, di antaranya redvegy juice, yakni campuran buah melon, wortel, jeruk, dan tomat, serta redvory juice yang merupakan campuran rosella dengan jeruk segar. Minuman ini sangat baik untuk kesehatan.

Bagi para penikmat kopi, Resto Taman Koleksi juga menyediakan kopi Nusantara, yakni kopi dengan selera dan cita rasa tinggi khas masing- masing daerah di Nusantara. Di sini Anda bisa menikmati sajian kopi seperti Sumatera Aceh Gayo Highland Coffee, Sumatra Mandheling Coffee, Javanica Coffee, Sulawesi Toraja Kalosi Coffee, Bali Kintamani Coffee, Flores Arabica Bajawa Highland Coffee, Amena Papua Coffee, Our Robusta Coffee, dan Tsunamsi Gayo Luwak Coffee.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sajian Khas Keraton Solo

Posted: 20 Apr 2010 03:48 AM PDT


Manis dan berwarna cokelat menjadi ciri yang dihadirkan masakan Solo. Sama halnya dengan sajian yang ditawarkan Kusuma Sari Catering & Resto, restoran Solo yang memiliki keunggulan karena makanannya serupa dengan hidangan di Kasunanan Solo.

Awalnya, Kusuma Sari hanyalah sebuah perusahaan katering kecil yang berada di Solo, Jawa Tengah. Usaha ini didirikan pada 1986 dan terus berkembang, hingga akhirnya Kusuma Sari mampu membuka lima cabang usaha, salah satunya di Jakarta. Cabang di Jakarta dikonsep menjadi sebuah restoran pada 1996.

Resto yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan 12 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini berkapasitas 50 pengunjung. Di sini tersedia masakan tradisional yang kemudian dikelompokkan menjadi hidangan pembuka dan menu utama. Khusus untuk menu pembuka, penyajiannya selalu menyertakan mayones.

Makanan berbalur mayones umumnya memiliki cita rasa yang sedikit asin atau asam. Namun, di Kusuma Sari bukan itu yang bakal ditemui. Mayones ala restoran ini merupakan buatan sendiri dan rasanya sedikit manis. Sosis solo adalah salah satu makanan pembuka yang paling digemari pelanggan Kusuma Sari.
Tekstur bagian luarnya lembut, dipadukan dengan daging giling yang menjadi isiannya; membuat rasa sosis ini kian nikmat.

Di "kategori" makanan utama, tersedia menu selat solo. Selat solo merupakan sajian komplet yang pasti mengenyangkan bila dikonsumsi. Menu ini berisi irisan daging sapi yang disiram kuah serta disajikan dengan aneka sayur, plus mayones khas Solo.

Selain menyuguhkan masakan para raja Solo, Kusuma Sari juga menyajikan menu khas Belanda, seperti selada paris dan beef gordon blue, yang tak lupa dihidangkan bersama mayones sebagai saus tambahan.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Saun pada Masakan Dunia

Posted: 20 Apr 2010 03:25 AM PDT

SAUS merupakan bahan pelengkap suatu makanan. Saus dalam istilah masak-memasak berarti cairan yang digunakan sewaktu memasak atau dihidangkan bersama makanan sebagai penyedap atau agar makanan kelihatan bagus. Sambal dan kecap manis merupakan jenis saus utama pada sebagian besar masakan Indonesia.

Kata "saus" berasal dari bahasa Prancis (sauce) yang diambil dari bahasa Latin "salsus" yang berarti "digarami". Salsa adalah sebutan untuk saus dalam bahasa Spanyol. Adapun saus untuk selada disebut dressing.

Pada masakan Inggris, saus disebut dengan gravy, yakni saus tradisional yang digunakan pada masakan yang dipanggang. Saus apel digunakan untuk masakan daging babi, sedangkan saus beraroma daun mint digunakan untuk menu daging domba. Salad cream digunakan untuk selada. Saus tomat dan brown sauce digunakan untuk makanan siap saji. Pada masakan Jepang dikenal kecap asin (shoyu), miso, dan dashi. Ada pula ponzu (kecap asin encer beraroma jeruk) dan saus manis yakitori.

Pada masakan Tionghoa digunakan saus kecap dan hasil fermentasi kacang kedelai, seperti kecap ikan, saus tiram, saus hoisin, dan sambal. Sementara pada masakan Korea saus disebut dengan doenjang, gochujang, atau samjang. Kecap asin merupakan saus utama dalam masakan Korea.

Pada masakan Asia Tenggara, khususnya menu Thailand dan Vietnam, yang sering digunakan adalah kecap ikan.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Wisata Kuliner ala Urban Kitchen

Posted: 20 Apr 2010 03:09 AM PDT

BERAGAM menu dari sejumlah restoran berkumpul jadi satu di Urban Kitchen. Anda mau makan apa? Masakan Nusantara, Asia, atau yang bernuansa Barat, tersedia di sini.

Kehadiran boutique food court bernama Urban Kitchen semakin mencuri perhatian para pencinta kuliner. Di tempat makan ini tersedia beragam menu komplet dari sejumlah restoran. Dimulai dari cabang pertamanya yang didirikan di mal Senayan City, Jakarta, pada Maret 2007, Urban Kitchen kini telah berkembang hingga mampu membuka sejumlah cabang baru.

"Kami memiliki ciri khas, yaitu satu tempat yang menghadirkan banyak resto. Konsumen dapat memilih resto yang ingin mereka datangi sesuai selera," ujar General Manager Urban Kitchen Romeo.

Menurut Romeo, konsep boutique food court merupakan perwujudan dari keinginan pemilik Urban Kitchen untuk memfasilitasi keberagaman selera konsumen terhadap masakan. Maklum, dewasa ini semakin banyak tempat menawarkan sajian berikut atmosfer rumah makan yang beraneka macam hingga terkadang membuat konsumen bingung untuk memilih. Tapi, jika datang ke Urban Kitchen, konsumen tidak perlu jauh-jauh mendatangi resto satu ke resto yang lain. Sebab, di sini ragam pilihannya sudah tersedia. Sesuai dengan moto Urban Kitchen, one choice for everybody's choices.

Sajian di tempat ini sudah pasti beragam pula, mulai masakan tradisional Indonesia hingga yang sudah dimodifikasi dan "berpenampilan" modern baik yang berasal dari negeri sendiri maupun mancanegara. Tiap resto yang ada di Urban Kitchen menyajikan makanan yang langsung dibuat oleh para koki mereka.

"Untuk menjaga cita rasa asli serta kualitas makanan yang ada di sini, semua hidangan dimasak khusus oleh koki-koki spesial dari tiap restoran," imbuh Romeo.

Baru-baru ini, Urban Kitchen membuka cabang terbaru di lantai 4 mal Central Park, Jakarta Barat. Dari 18 outlet yang tersedia, baru 10 gerai yang sudah beroperasi. Sisanya akan dibuka paling lambat Mei mendatang.

Area yang disediakan di Urban Kitchen Central Park cukup luas. Daya tampungnya bisa mencapai 650 pengunjung dan dibagi ke dalam dua area, yakni smokingdan non smoking plus children area. Untuk desain interiornya, Urban Kitchen didominasi warna pastel dengan penekanan pada unsur kayu.

Semakin banyak cabang Urban Kitchen yang dibuka bukan berarti semuanya memiliki konsep serupa. Tiap cabang Urban Kitchen tetap memiliki keunikan tersendiri. Untuk cabang yang ada di Central Park, konsep yang diusung sedikit berbeda. Salah satu perbedaannya, sistem pembayaran tidak menggunakan kartu. "Di sini sistem pembayarannya tunai, langsung di tenant-tenant yang ada," kata Romeo.

Marketing Manager Urban Kitchen Natasha Utamilia menuturkan, perbedaan konsep ini dilatarbelakangi oleh keinginan pihaknya untuk membangun proyek pertama Urban Kitchen sebagai traditional food court, bukan boutique food court. Konsep seperti ini, ujar Natasha, merupakan permintaan dari masyarakat.


"Melalui kehadiran Urban Kitchen di Central Park, kami juga mau berbagi kesenangan dengan kalangan lain. Kami menawarkan kenyamanan yang sama,tapi dengan harga yang lebih terjangkau," papar Natasha, seraya menyebut jam operasional Urban Kitchen pada pukul 10.00–22.00 WIB.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: