Rabu, 14 April 2010

“Prune Pie” plus 3 more

“Prune Pie” plus 3 more


Prune Pie

Posted: 14 Apr 2010 02:58 AM PDT

BUAH yang dikeringkan dikenal sebagai prune bermanfaat melindungi jantung dengan menurunkan kadar kolesterol (berkat serat larut dan serat tak larut yang dikandungnya) dan mencegah oksidasi LDL (berkat sejenis antioksidan yang disebut hydroxycinnamate). Prune dapat dijadikan camilan atau tambahan serealia panas. Gunakan sebagai inggridient smoothie, sebagai pure untuk polesan roti , atau bahan tambahan pie.

Bahan:
250 gram mentega
150 gram gula halus
2 kuning telur 500 gram tepung terigu

Isi:
250 gram prune
300 ml susu cair
4 kuning telur
3 sdm gula pasir
2 sdm tepung maizena
50 gram cornflakes, untuk taburan
25 gram almond slice
Gula halus, untuk taburan

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur, kocok hingga rata.
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Giling adonan hingga tipis lalu letakkan di atas cetakan pie, ratakan dan rapikan. Tusuk-tusuk dengan garpu.
3. Panggang dalam oven 180 derajat Celsius selama 15 menit atau setengah matang. Angkat.
4. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga gula larut, masukkan tepung maizena, aduk hingga rata.
5. Panaskan susu cair, masukkan campuran telur, masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat.
6. Panaskan susu cair, aduk rata. Tuang ke dalam kulit pie, panggang hingga sedikit mengeras lalu taburi dengan sisa prune, cornflakes, dan almond.
7. Panggang kembali hingga matang. Angkat dan sajikan dengan taburan gula halus.

Resep disarikan dari buku "Pie Lezat ala Cake & Coffee Shop" oleh Yeni Ismayani
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Apple Pie

Posted: 14 Apr 2010 02:08 AM PDT

SALAH satu kiat terbesar untuk menurunkan berat badan adalah dengan melibatkan buah apel. Kapan terakhir kali Anda makan sebuah apel? Sebagaimana pepatah lama mengatakan, "Sebuah apel sehari membantu mencegah pergi ke dokter". Untuk kesehatan dan penampilan terbaik, tambahkan apel dalam menu pie Anda pekan ini.

Bahan:
125 gram mentega
75 gram gula halus
1 kuning telur
250 gram tepung terigu

Isi:
1 sdm mentega
300 gram apel, kupas, iris tipis
50 gram gula pasir
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
1 kuning telur, untuk olesan

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan pie, olesi dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut. Masukkan kuning telur, kocok hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Giling adonan pie lalu cetak dicetakan pie, ratakan. Tusuk-tusuk dengan garpu lalu panggang 180 derajat Celsius selama 20 menit.
4. Isi: panaskan mentega, masukkan apel, kismis, dan gula pasir, masak hingga apel layu. Tuang larutan maizena, masak hingga mengental. Angkat.
5. Masukkan bahan isi ke dalam pie, sisihkan. Giling sisa adonan pie, potong-potong memanjang, lalu letakkan di atas pie, buat motif menyilang.
6. Olesi dengan kuning telur lalu panggang kembali hingga matang. Angkat dan sajikan.

Resep disarikan dari buku "Pie Lezat ala Cake & Coffee Shop" oleh Yeni Ismayani
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Pie Peach

Posted: 14 Apr 2010 01:11 AM PDT

PIE cocok untuk sajian berbagai acara, mulai acara santai seperti arisan keluarga hingga acara formal seperti pernikahan. Makanan kecil, meski kalorinya tidak ringan ini selain lezat juga punya tampilan menarik. Si kecil pasti menyukainya!

Bahan:
125 gram mentega
75 gram gula halus
1 kuning telur
250 gram tepung terigu

Isi:
Meringue, kocok hingga kental:
150 gram gula caster
3 putih telur
¼ sdt cream of tartar
200 gram peach kalengan, iris tipis

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan pie, olesi dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut. Masukkan kuning telur, kocok hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Giling adonan pie lalu cetak di cetakan pie, ratakan. Tusuk-tusuk dengan garpu lalu panggang 180 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Resep disarikan dari buku "Pie Lezat ala Cake & Coffee Shop" oleh Yeni Ismayani
(ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sajian Kaya Rempah di Restoran Tradisional

Posted: 13 Apr 2010 11:15 PM PDT


Keberadaan Rempah-Rempah memang cukup menarik perhatian, terutama dilihat dari tata interiornya. Saat memasuki restoran ini, Anda bakal disambut oleh sebuah pigura yang berisi tulisan tentang sejarah rempah-rempah.

Konon, Restoran Rempah- Rempah sudah berdiri sejak 1945 dan berkembang sampai sekarang. Adapun outlet yang kini berada di Jalan Senopati Raya, Jakarta Selatan, merupakan kelanjutan dari Rempah-Rempah yang dulu berdiri. Pendirian restoran ini merupakan bentuk penghormatan terhadap rempah-rempah asli Indonesia, yang digunakan dalam semua jenis masakannya.

Menurut salah seorang supervisor Rempah-Rempah yang tak mau disebutkan namanya, hampir semua masakan di restorannya merupakan menu terbaik Nusantara. "Kami tidak mengubah resepnya sedikit pun. Kalaupun ada rasa yang sedikit berbeda, itu karena beda air dan beda yang masak. Tapi, sejauh ini respon masyarakat terhadap masakan kami sesuai dengan harapan," kata dia.

Di tengah gempuran tempat-tempat makan bernuansa Barat, restoran yang dibuka pada Juni 2009 ini tetap konsisten menyajikan hidangan tradisional Indonesia dengan sistem fresh cook. Dalam arti, tiap menu baru akan dimasak ketika ada konsumen yang memesannya. Bahan-bahan yang digunakan pun dijamin masih segar.

Hampir seluruh menu di Rempah- Rempah difavoritkan oleh pelanggan. Hanya, yang menjadi andalan salah satunya adalah sup senggang halimah. Masakan khas wilayah timur Sumatera itu paling sering dipesan oleh pengunjung. Cita rasa rempah-rempahnya sangat dominan. Apalagi ketika dipadu dengan daging iga yang dimasak empuk, plus kuahnya yang menyegarkan badan. Menu ini paling pas disantap saat masih hangat.

Menu andalan lain yaitu ayam goreng bumbu rempah. Selintas, menu ini memang terlihat "biasa saja". Tapi, soal kelezatan rasanya, jangan diragukan. Pada menu ini, ayam kampung diolah dengan cara digoreng bersama 7 macam daun khas Indonesia, 1 di antaranya pandan.

Anda penggemar seafood, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi menu ikan pacak daun pisang. Konon, dibutuhkan waktu delapan jam untuk memasaknya. Tak heran, tekstur daging ikan pada menu ini bisa jadi sangat empuk. Tak hanya daging, durinya pun boleh ikut disantap. Sama dengan menu yang lain, ikan pacak daun pisang juga memiliki cita rasa rempah yang begitu kental. Sepintas, "tampilan" menu satu ini tampak mirip dengan ikan arsik khas Sumatera Utara.

Rempah-Rempah sejatinya menyuguhkan menu lengkap, dari appetizer hingga dessert. Hanya, pengelompokan kategori menu ini dibuat dengan mengedepankan istilah Indonesia. Ambil contoh, appetizer di sini disebut sebagai menu jajanan, sedangkan dessert istilahnya adalah manis kunci.

"Jadi soal penamaan disesuaikan dengan bahasa kita. Sebab, kalau kami menggunakan bahasa internasional seperti appetizer atau dessert, tentu konsepnya akan berbeda lagi," tandas sang supervisor.

Menu selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah aneka gulai seperti gulai kepah, gulai udang, dan gulai ikan limbat. Untuk pelepas dahaga, Rempah-Rempah menyajikan dua kategori minuman, yakni "dingin-dingin" dan "anget-anget". Semua bisa dipesan sesuai keinginan Anda.

Untuk menu "dingin-dingin", Anda bisa memilih jus sunset bali. Minuman ini terbuat dari kombinasi jus nanas, wortel, sari jeruk, markisa, dan gula cair. Tersedia pula es kopi mocca, es kopi susu, es kopi item, dan es teh pahit. Sementara minuman "anget-anget" yang ditawarkan, antara lain kunyit asem, wedang jahe, dan bajigur rempah-rempah.

Anda yang datang bersama si buah hati, jangan khawatir karena Rempah-Rempah juga menyajikan menu khusus untuk kanak-kanak. Porsi makanan dan harganya pun disesuaikan dengan standar anak-anak. Contoh menu spesial buat anak-anak itu yakni nasi goreng dengan pasta tomat yang dibungkus dalam telur dadar dan disajikan bersama ayam goreng tepung.
 
Rekomendasi menu anak-anak yang lain yaitu sapi renyah kinoy. Menu ini berisi daging sapi (has dalam) yang digoreng bersama tepung. Penyajiannya dilengkapi dengan saus pasta tomat, sayur, dan kentang goreng.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: