Sabtu, 03 April 2010

Sayur dan Es Krim Teppanyaki pasti siip

Sayur dan Es Krim Teppanyaki pasti siip


Sayur dan Es Krim Teppanyaki

Posted: 02 Apr 2010 11:34 PM PDT

METODE memasak teppanyaki banyak ditemui di restoran Jepang. Bahan yang dimasak dengan cara ini biasanya adalah sayur dan daging. Tapi, di Restoran Parangtritis, es krim juga dibuat dengan metode teppanyaki.

Teppanyaki adalah metode memasak asal Jepang yang menggunakan alat khusus. Alat berbentuk pelat besi itu kerap disebut teppan. Teppanyaki juga bisa diartikan sebagai rumah makan Jepang yang menyediakan tempat duduk dengan meja berbentuk counter. Umumnya jika sudah ada meja tersebut, para koki akan selalu siap beraksi di depan pengunjung sambil memasak menggunakan metode teppanyaki.

"Teppanyaki biasanya dimasak live di depan pengunjung," tandas Suparyanto, teppanyaki chef di Restoran Parangtritis yang terletak di Hotel Kartika Chandra Jakarta.

Menurut chef yang akrab disapa Yanto itu, saat menerapkan metode teppanyaki, selain dibutuhkan keahlian memasak karena cara ini kerap menyelipkan unsur atraksi para koki juga memerlukan kepercayaan diri yang tinggi. Pasalnya, aksi mereka memasak disaksikan oleh banyak orang.

"Tidak semua koki bisa masak di depan orang banyak," imbuh chef yang sudah berpengalaman memasak makanan Jepang itu.

Untuk menikmati menu teppanyaki yang ada di Restoran Parangtritis, pengunjung bisa memesannya secara ala carte ataupun paket. Menu yang bisa dijadikan pilihan berjenis seafood, daging sapi, dan sayur.

Walau menu yang dimasak dengan metode teppanyaki tidak membutuhkan banyak bumbu, namun kelezatannya tidak akan berkurang. Bahan bumbu yang lazim digunakan dalam teppanyaki adalah minyak salad, garam, lada, dan bawang putih.

Menu teppanyaki berbahan baku hasil laut yang sering dipesan pengunjung Restoran Parangtritis adalah udang, ikan kakap, dan ikan kerapu. Sebelum dimasak di atas teppan, ikan yang sudah diiris harus dilumuri tepung terigu terlebih dulu agar satu sama lain tidak saling menempel.

Sama seperti masakan lain, semua bahan untuk membuat menu teppanyaki haruslah segar. Saat memasak menu teppanyaki, beberapa kali koki terlihat menambahkan Kikoman sebagai penyedap, plus garam dan merica sebagai pelezat tambahan. Tidak ketinggalan perasan jeruk lemon yang ditabur di atas masakan yang sedang dimasak.

"Dengan jeruk lemon, aroma amis akan hilang, rasanya pun menjadi segar," ungkap Yanto.

Selain hidangan laut, terdapat pula pilihan daging sirloin atau daging has luar yang dicampur dengan Kikoman dan jeruk lemon. Daging yang dimasak menggunakan minyak salad ini bisa diolah sesuai permintaan pemesan. Boleh matang atau medium. Saat disajikan, daging yang sudah dipotong kotak-kotak ditaburi irisan bawang putih goreng. Semua bahan dimasak di atas teppan dengan suhu di atas 100 derajat Celsius. Saus yang disediakan ada tiga jenis: saus nanas, saus kacang,dan saus daging. Untuk saus nanas dan kacang, biasanya dicampur dengan hidangan laut.

Sementara menu sayur yang dimasak dengan cara teppanyaki, bahannya sangat beragam, yakni wortel, brokoli, jagung, bawang bombai, taoge, dan sawi. Saat dimasak, semua sayur hanya dicampur dengan potongan bawang putih.

"Untuk wortel, brokoli, dan jagung, sebelumnya sudah direbus terlebih dulu," imbuh Yanto.

Umumnya, menu teppanyaki disajikan dengan miso soup, salad Jepang, dan kimuchi. Miso soup merupakan sup khas Jepang yang berisi kaldu ayam dan dicampur dengan rumput laut, tofu, serta daun bawang. Sementara salad Jepang campurannya tidak jauh berbeda dengan salad pada umumnya. Yang membedakan hanyalah dressing. Salad Jepang menggunakan Japanese dressing yang rasanya sedikit asam. Adapun kimuchi ialah irisan mentimun Jepang yang sudah tercampur dengan saus khusus yang terbuat dari campuran ikan teri, daun bawang, dan cabai merah.

Daging dan hidangan laut mungkin sudah biasa disajikan di restoran teppanyaki lain. Tapi, tidak dengan es krim teppan atau es krim yang dimasak dengan cara teppanyaki. Perpaduan aneka buah seperti kiwi, apel, pepaya, dan melon dengan es krim vanila yang disajikan di atas roti benar-benar unik dan menggugah selera. Untuk memasak es krim teppan, selain menggunakan campuran buah dan roti yang dimasak di atas teppan, digunakan pula sedikit Grand Manier, sejenis minuman liker, yang difermentasi dari jeruk.

"Es krim teppan menjadi favorit pengunjung sebagai hidangan penutup. Rasanya enak dan unik," ungkap Yanto.

Harga yang ditawarkan untuk semua sajian di Restoran Parangtritis berkisar antara Rp45.000–Rp230.500.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: