Jumat, 02 April 2010

Seafood Istimewa ala Smokes Crab pasti siip

Seafood Istimewa ala Smokes Crab pasti siip


Seafood Istimewa ala Smokes Crab

Posted: 02 Apr 2010 05:37 AM PDT


Seafood bisa disajikan dengan beragam cara pemasakan. Salah satunya dengan diasap. Terkait hal ini, Restoran Smoked Crab yang berlokasi di lantai 5 Mal Grand Indonesia, Jakarta, punya satu menu istimewa, yakni kepiting asap. Nama yang sama dengan nama restoran penyajinya.

Sejatinya, Smoked Crab menyajikan beragam variasi hidangan seafood. Jenis hidangan ini pula yang menjadi unggulan restoran milik Lina Monica itu. Selain kepiting asap, ada pula udang mandarin, lumpia udang, cakwe udang, dan lain-lainnya. Bahkan, menu sayur dan bebek panggang pun tersedia.

Lina beserta suami bekerja sama mengolah restoran yang berdiri sejak 18 Agustus 2008 ini. Rupanya celah bisnis yang menjanjikan mereka tengarai ada di Grand Indonesia. "Saya melihat, jarang ada mal yang menyuguhkan menu seafood. Makanya, saya dan suami terdorong untuk mencoba racikan seafood yang belum pernah ada sebelumnya sehingga tercetuslah kepiting asap ini," tutur Monica.

Kepiting asap diolah menggunakan bumbu rempah pilihan yang sangat lengkap. "Untuk memunculkan rasa gurih, saya menggunakan sereh, kemiri, bawang merah, bawang putih, garam, dan beberapa bumbu rempah yang lain," imbuh Monica. Saat dicicipi, aroma rempah-rempah memang cukup kental terasa pada menu kepiting asap ini.

Menu lain yang menjadi ciri khas Smoked Crab dinamai cumi bumbu rujak. Mendengar namanya saja, menu ini sudah mengundang rasa penasaran. Hmm… seperti apa cita rasa cumi-cumi yang sudah dibumbui dengan bumbu rujak? Apalagi pada menu ini bukan hanya bumbu rujak yang digunakan, juga buah-buahan yang lazim dipakai sebagai bahan baku rujak, yakni nanas dan mentimun. Menu seafood lain yang patut Anda coba adalah udang mandarin. Bahan bakunya sudah pasti udang. Udang ini dibelah, lalu dibalut dengan tepung kanji. Goreng kira-kira lima menit, angkat, sajikan. Mudah bukan membuatnya? Sebagai bumbu udang, tumis kuning telur dengan mentega, cabai, dan bumbu yang lain. Aduk hingga rata, setelah itu matikan api. Barulah kemudian udang bisa dicampur dengan tumisan bumbu ini. Untuk makin melezatkan cita rasanya, udang yang sudah dibumbui tadi ditaburi lagi dengan abon.

Ada pula menu unggulan berupa sayur bernama tomiauw tiga rasa. Bahan bakunya adalah sayur tomiauw yang dicampur dengan tiga jenis telur, yakni telur pitan, telur asin, dan telur ayam. Cara menyajikannya, sayur dimasak dulu, setelah itu campur dengan telur pitan, telur asin, dan telur ayam. Agar kuah sayur lebih kental, berikan tepung kanji di dalamnya.

Menu selanjutnya bisa Anda pilih sesuai selera. Sebab, untuk satu jenis bahan saja, restoran ini bisa menyajikan berbagai menu olahan. Misalnya kepiting asap orisinal, kepiting saus padang, kepiting saus tiram, kepiting lada hitam, kepiting soka goreng kering, kepiting cabai garam, dan kepiting soka telur asin. Sementara, untuk menu udang, Smoked Crab menawarkan antara lain udang galah asap orisinal, udang galah bakar, udang galah saus padang, dan udang galah goreng kering.

Mengawali acara bersantap Anda di Smoked Crab, pilihlah menu appetizer seperti lumpia udang, tahu kipas, thailand tofu, dan cakwe udang mayones. Untuk menu minuman, restoran ini menyajikan minuman kesehatan yang sesuai dengan golongan darah kita.

"Kebanyakan pengunjung di sini berpikir, jika terlalu sering mengonsumsi seafood kolesterol akan naik. Akhirnya saya membuat minuman kesehatan yang sesuai dengan golongan darah," ujar Monica.

Sebagai contoh, Anda yang bergolongan darah O-A-B-AB dan mengidap penyakit pencernaan, dapat menikmati jus buah semangka, buah melon, dan stroberi. Sementara Anda yang sedang batuk atau pilek dan kebetulan mampir ke Smoked Crab, bisa mencoba jus wortel dan jus nanas asalkan Anda bergolongan darah O-A-BAB. Pengunjung yang mempunyai golongan darah O-A-B-AB, dibolehkan pula menikmati jus wortel, jus nanas, madu, dan lemon.

Adapun Anda yang mengidap penyakit batu ginjal dan memiliki golongan darah O-B-AB, dianjurkan menikmati jus markisa, pepaya, dan jus stroberi. Buat pemilik golongan darah A-B-AB, pilih saja jus markisa, anggur, dan kiwi. Di samping jenis minuman yang disebutkan tadi, tentu masih ada banyak varian minuman kesehatan lain yang bisa Anda pilih di Smoked Crab. Penasaran mencoba?

Five Filters featured article: Chilcot Inquiry. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: