Sabtu, 22 Mei 2010

Mantapnya Steak ala Hotel Melawai pasti siip

Mantapnya Steak ala Hotel Melawai pasti siip


Mantapnya Steak ala Hotel Melawai

Posted: 21 May 2010 11:18 PM PDT


Hotel Melawai yang sudah berdiri selama puluhan tahun terkenal akan kelezatan masakan tradisionalnya. Namun, Hotel Melawai bukan hanya kaya menu-menu Nusantara, karena pengunjung hotel juga bakal dimanjakan dengan hidangan Western yang diolah oleh para chef berpengalaman. Seperti masakan ala Barat yang ditawarkan di Oasis Lobby Lounge hotel ini. Melawai chicken steak misalnya. Sekilas steak ini tidak ada bedanya dengan steak yang biasa kita jumpai. Coba rasakan dulu baru berkomentar.

Letak keunikan steak ayam ini ada pada sausnya yang dinamakan saus kenanga. Menurut Executive Chef yang juga F & B Manager Hotel Melawai Jakarta Agus Sjarif, saus ini khusus dibuat untuk melengkapi kelezatan steak ayam. Benar saja, saus berwarna kecokelatan yang disiram di atas steak membuat rasa daging semakin mantap. Saus ini terasa agak manis dan gurih dengan sedikit rasa pedas yang kadang menginterupsi lidah.

Satu lagi yang unik, steak ini disajikan dengan taoge, tomat, lobak, serta wortel, yang telah ditumis dengan taste lada dan garam. "Kalau steak dengan salad sudah bosan, steak dengan taoge ini menu baru. Banyak kalangan ekspatriat yang lebih suka salad macam ini," kata Agus.

Lain lagi dengan melawai fish steak. Ikan yang dipilih adalah kakap merah. Ikan ini dianggap hanya memiliki sedikit toksin dan tulang. Alternatif lain bisa juga menggunakan ikan tongkol merah. Untuk menghilangkan bau amis ikan, selain menggunakan perasan jeruk nipis, bisa juga menggunakan asam jawa. Jangan gunakan cuka karena malah akan membuat daging ikan menjadi keras dan tak menyingkirkan bau amis.

Steak ikan ala Hotel Melawai ini dipanggang merata dan dagingnya pun empuk. Tinggal menambahkan saus tomat atau sambal agar rasanya lebih enak. Anda bisa menyantap kedua steak tersebut di meja bar maupun lounge. Di area ini juga diberi ruangan khusus merokok. Sambil bersantap, Anda bisa melihat kesibukan dan lalu-lalang para pejalan kaki di kawasan Melawai melalui jendela hotel.

Kenyang menyantap hidangan yang disajikan, lepaskan dahaga dengan melawai punch. Minuman campuran jus jeruk dengan jus jambu ini memang menggoda selera. Penampilannya dalam gelas terdiri atas warna kuning dan merah muda, sementara di bagian paling bawah tampak berwarna hijau. Ternyata warna hijau ini didapat dari sawi hijau yang sudah dijus. Eits… jangan langsung mundur, coba aduk rata minuman ini sehingga semua sarinya bercampur sempurna, baru rasakan. Hampir tidak ditemukan rasa sawi hijaunya. Yang menonjol justru rasa jus jeruk dan jambu serta sodanya. Segar sekali jika dinikmati dalam keadaan dingin, apalagi di tengah cuaca yang panas ini.

Perlu diketahui, melawai punch tidak mengandung gula sama sekali. "Jadi, rasa manis yang didapat berasal dari buahnya saja," imbuh Agus. Hmm… susah memang dideskripsikan dengan kata-kata.Silakan Anda coba sendiri.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: