Sabtu, 08 Mei 2010

“Ragam Fasilitas Tunjang Kenyamanan di Secret Recipe” plus 1 more

“Ragam Fasilitas Tunjang Kenyamanan di Secret Recipe” plus 1 more


Ragam Fasilitas Tunjang Kenyamanan di Secret Recipe

Posted: 08 May 2010 02:18 AM PDT

SECRET Recipe sekilas memang tampak biasa.Namun, sesungguhnya kafe berkapasitas 55 orang dan berkonsep minimalis modern ini sangat nyaman untuk ditempati.

Penataannya cantik sehingga mampu menarik siapa pun untuk singgah. Kesan nyaman didukung pula oleh pola pelayanan dari para pramusaji Secret Recipe. Mereka akan berlaku sangat ramah kepada tiap konsumen.

Selain itu, di sini Anda juga akan disuguhi alunan musik untuk menemani acara bersantap. Alunan musik ini terbukti ampuh dalam mengusir kebosanan pengunjung saat menanti menu pesanan mereka datang.

Di tempat ini, Anda bebas memilih kursi yang modelnya memang dibuat beragam. Bahkan, bahannya pun dibuat tidak seragam. Ada sofa, ada pula kursi yang terbuat dari rotan.

Sementara pada dinding kafe diterapkan material kaca yang tembus pandang. Berkat keberadaan material tersebut, kafe seluas 120 meter persegi ini menjadi tampak lebih luas dan bersih.

Menurut salah seorang pemilik waralaba Secret Recipe, Rico Rusly, kafe ini sengaja didesain dengan konsep yang bisa diterima beragam kalangan.

"Kami ingin membuatnya agar tidak seperti restoran keluarga banget, tapi jangan juga seperti kafe banget. Kami mau pengunjung yang datang ke sini berasal dari berbagai kalangan, entah itu keluarga, pekerja, ataupun anak muda yang ingin sekadar kongko bersama teman. Maka, jadilah Secret Recipe yang seperti ini," papar Rico.

Secret Recipe tak ketinggalan menyediakan smoking area buat pengunjung yang suka merokok, plus tentu saja no smoking area.Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah free Wi-Fi, danTV kabel.

Di sini pengunjung pun boleh memesan tempat untuk meeting, menggelar acara ulang tahun, bahkan arisan. Tak jarang, manajer kafe terjun langsung untuk membantu para pramusaji dalam melayani konsumen, terutama jika konsumen sedang banyak-banyaknya.

Selain kafe, Secret Recipe juga memiliki toko kue. Jadi, Anda yang hanya ingin membeli cake, bisa langsung mendatangi tempat tersebut.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Gudeg Komplet nan Istimewa

Posted: 08 May 2010 02:09 AM PDT

MASAKAN tradisional Indonesia, semisal gudeg, tak pernah kehilangan penggemar. Mau yang orisinal atau sudah dimodifikasi, semua tetap mampu menggugah selera. Apalagi jika disajikan dalam tampilan yang berbeda.

Hotel Melawai Jakarta kembali menyajikan menu baru. Inovasi seperti ini memang rutin dilakukan oleh pihak hotel untuk memanjakan pengunjung setianya. Sajian yang sudah populer namun dibuat secara istimewa, seperti gudeg, piza, dan ayam goreng tepung, bisa Anda dapatkan di Kenanga Coffee Shop yang ada di hotel bintang tiga ini.

Kenanga yang bersegmentasi kalangan menengah ke atas boleh dibilang sudah mendapat tempat di hati para pebisnis dan pejabat. Jadi, tak heran jika coffee shop ini tidak pernah kehabisan pengunjung.

Bukan hanya orang Indonesia yang senang datang ke sini,warga negara asing pun kerap mengunjungi coffee shop yang kebanyakan menunya bernuansa tradisional ini.

Executive Chef Hotel Melawai Jakarta Agus Sjarif mengatakan, pihaknya memang tengah mengadakan promosi guna menawarkan menu-menu baru yang belum ada di daftar menu reguler Kenanga.

"Jadi, kalau respon pengunjung bagus,menu ini akan masuk ke dalam daftar menu utama kami. Promosi seperti ini akan terus berlangsung setiap bulan," tandas Agus.

Menu-menu baru yang disuguhkan tiap bulan di Kenanga sesungguhnya bukanlah jenis hidangan baru, melainkan masakan tradisional Indonesia namun yang dibuat dengan kreasi sedikit berbeda.

Nah, untuk kali ini, Agus menawarkan menu salah satunya gudeg komplet. Resep yang digunakan, menurut Agus, sebetulnya tidak berubah demi menjaga kelestarian makanan khas Yogyakarta itu.

Hanya, yang membuat gudeg komplet ini berbeda adalah opor ayam sebagai pelengkap gudeg dibuat lebih gurih, dengan mengurangi rasa manis yang lazim dijadikan cita rasa masakan Jawa.

"Dalam menyajikan menu, saya selalu memerhatikan rasa dan warna menu tersebut. Misalnya gudeg komplet ini, saya tidak hanya menyajikan gudeg dengan nasi, tapi ada rasa gurih yang kita dapatkan dari opor ayam, rasa pedas dari sambal krecek, juga ada telur pindangnya. Semua menjadi kombinasi rasa serta warna yang cukup menarik dan menggugah selera," papar Agus.

Menu lain yang tidak kalah menarik adalah chicken stick atau biasa kita kenal dengan nama ayam goreng tepung. Tampilannya yang hampir mirip stik golf begitu membuat penasaran. Menurut Agus, bahan yang digunakan pada menu ini adalah daging sayap ayam.

"Cara membuatnya, ambil daging sayap ayam bagian tengah, sementara bagian yang lain kita buang. Setelah itu, secara perlahan, setengah dari daging tersebut kita copot, tapi jangan sampai lepas dari tulang, lalu dibentuk bulat. Maka itu, bentuknya bisa seperti stik golf. Selanjutnya, bumbui daging hingga bumbu tersebut benar- benar meresap ke dalam daging," jelas sang chef.

Proses pemberian bumbu ini membutuhkan waktu kira-kira 15 menit. Selain supaya bumbu lebih meresap, dagingnya pun akan terasa empuk saat dimakan. Selanjutnya, proses penepungan. Penepungan dilakukan dalam tiga tahap.

"Yang pertama, kita baluri daging dengan tepung terigu secara merata, setelah itu masukkan ke dalam adonan telur. Langkah terakhir, masukkan daging ke dalam tepung roti," urai Agus.

Proses penepungan harus berjalan berurutan dan tidak boleh berlangsung dua kali karena hasilnya akan jelek. Selain itu, lanjut Agus, memasaknya pun mesti menggunakan minyak yang sudah panas, goreng hingga berwarna kecokelatan, baru setelah itu ayam goreng siap disajikan. Menu ini akan semakin mantap rasanya jika dipadukan dengan saus racikan juru masak Kenanga Coffee Shop.

Agus mengaku termotivasi untuk membuat menu ayam goreng tepung ini lantaran "kurang puas" melihat penyajian daging sayap yang "begitu-begitu" saja. Tidak ada perubahan dan cenderung membosankan.

Maka itu, Agus berinisiatif membuat menu daging sayap ayam yang bentuknya menyerupai stik golf. Menu ayam goreng tepung bisa disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan kecil pendamping teh tarik.

"Menu ini sering dipesan tamu hotel yang sedang duduk- duduk di lobby lounge kami. Malah ada juga yang memesan masakan ini untuk pelengkap menu utama mereka," ujar Agus.

Untuk menu minuman, selain teh tarik, Agus juga menawarkan kopi tarik. Dua jenis minuman tersebut bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun panas.Teh tarik buatan Agus terbilang istimewa. Sebab, sang chef membuatnya dengan memerhatikan sisi kesehatan.

Contoh, air gula yang digunakan untuk minuman teh ini memiliki kadar kolesterol rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berdiet. Hal lain yang membuat teh atau kopi tarik ala Hotel Melawai berbeda adalah digunakannya susu murni sebagai bahan pelengkap.

Setiap bulan, Kenanga Coffee Shop akan terus melakukan inovasi baru dalam hal penyajian masakan. Rencananya, promosi yang saat ini sedang berlangsung bakal digelar hingga akhir Mei 2010. Sementara untuk bulan Juni mendatang, masakan yang ingin diunggulkan adalah rica-rica komplet.(Koran SI/Koran SI/nsa)


Five Filters featured article: The Art of Looking Prime Ministerial - The 2010 UK General Election. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: