Rabu, 16 Juni 2010

“Indo Greget, Indomie Soto Seger Banget” plus 2 more

“Indo Greget, Indomie Soto Seger Banget” plus 2 more


Indo Greget, Indomie Soto Seger Banget

Posted: 16 Jun 2010 03:33 AM PDT

INDOMIE Rasa Soto Mie adalah salah satu varian Indomie yang punya rasa "menggigit". Banyaknya bumbu yang digunakan dalam Indomie Rasa Soto Mie membuatnya nikmat disantap dalam kemasan aslinya atau dalam kreasi Indo Greget berikut.

Bahan:

1 bungkus Indomie Rasa Soto Mie
100 gr daging sengkel, direbus dalam 700 ml air mendidih
2 butir bawang merah, diiris halus
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sdm daun seledri, diiris halus
½ buah tomat, dipotong kotak
50 gr kol, diris tipis
1 buah risoles goreng, dipotong-potong
1 buah jeruk limau, ambil airnya
50 gr emping goreng untuk pelengkap.

Cara Membuat:


1. Ukur kaldu daging 400 ml. Masukkan irisan bawang merah, daun bawang, serta daging rebus yang telah dipotong-potong. Masak kembali hingga mendidih.

2. Sementara itu dalam wadah lain, rebus Indomie Rasa Soto Mie tanpa bumbu. Taruh bumbu Indomie Rasa Soto Mie di mangkuk. Masukkan Indomie Rasa Soto Mie yang telah direbus, irisan kol, tomat, seledri, dan potongan risol.

3. Siram Indomie Rasa Soto Mie dengan kuah kaldu berisi daging.

4. Sajikan bersama taburan, bawang goreng, dan air jeruk limau.

(Resep merupakan kreasi dari Sri Yuni dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan)
(ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Sapo Garden di Areal SPBU

Posted: 16 Jun 2010 01:34 AM PDT

RESTORAN yang terletak di areal perumahan, ruko, ataupun mal tentu sudah biasa. Tapi, tempat makan yang berada di area pom bensin baru segelintir jumlahnya. Salah satunya Sapo Garden.

Persaingan di bisnis kuliner yang semakin sengit membuat para pemilik restoran terus memutar otak untuk memenangkan hati masyarakat. Selain rasa masakan, salah satu aspek penting terkait hal itu adalah lokasi usaha. Jika lokasinya tepat dan strategis, para pengunjung pun mengalir seperti air bah.

Seperti itu juga harapan Fitriani Hamzah, seorang pengusaha yang telah 14 tahun malang-melintang di bidang makanan. Sebelumnya, dia mengelola restoran Padang dan kantin. Setelah itu, usaha restorannya berkembang dengan membeli franchise merek luar yang sudah dikenal. Jenisnya ayam goreng dan masakan oriental.

Namun karena sudah tidak merasa cocok dari segi visi dan misi, franchise tersebut dia lepas. Fitriani akhirnya mulai menekuni bisnis restoran dengan nama dan konsep racikan sendiri.

"Kalau membuka restoran sendiri lebih enak karena kreativitas dan pengembangan restoran bisa lebih mudah kita realisasikan dibanding membeli franchise," tuturnya.

Bidang makanan adalah lahan yang Fitriani gandrungi. Alasannya sederhana saja, semua orang pasti butuh makan dan sektor makanan adalah bisnis yang tidak mungkin mati sampai kapan pun. Maka dengan berbagai alasan kuat tersebut, usaha kuliner bertitel sendiri mulai Fitriani jalani.

Awalnya, wanita cantik ini membuat restoran Jakarta Fried Chicken yang berada di RS Harapan Kita, Jakarta Barat. Tempat makan pertamanya itu menuai sukses karena ramai didatangi pengunjung. Yang terbaru, ibu dua anak ini membuka Sapo Garden, restoran khas oriental.

Percaya bahwa lokasi merupakan aspek penting dalam usahanya, Fitriani cukup lama memilih dan menimbang lokasi yang bakal dijadikan tempatnya berbisnis. Dia telah membuktikan dari pengalaman terdahulu, bahwa meskipun makanan enak dan harganya terjangkau, kalau lokasinya tidak tepat, usaha kuliner tetap tidak akan jalan.

Fitriani lalu mendapat tawaran lokasi di pom bensin, tepatnya SPBU Pertamina Coco di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan. Tak menunggu lama lagi, dia lantas menyambar peluang ini. Meski menjorok ke dalam, lokasi tersebut memiliki banyak keuntungan. Selain strategis dan berada di himpitan gedung-gedung perkantoran, Sapo Garden bisa diakses lewat dua jalur utama.

"Lokasi ini selain bisa dilewati dari Jalan MT Haryono yang merupakan jalur utama, juga bisa diakses dari Jalan Tebet Timur Dalam. Jadi sangat strategis, apalagi di samping kiri-kanan tempat kami banyak gedung perkantoran," terang wanita yang menjabat wakil ketua bidang lingkungan hidup Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ini.

Restoran yang berada di dalam areal pom bensin di Jakarta memang masih jarang. Konsep ini meniru tempat makan yang terletak di rest areadi sepanjang jalan tol. Bagi Anda yang terjebak macet atau sedang mengisi bahan bakar namun perut sudah keroncongan, restoran di dalam areal pom bensin bisa jadi alternatif pilihan.

"Tempat parkir kami juga luas, menampung banyak mobil," ujar Fitriani.

Fitriani mengatakan, restorannya yang dibuka sejak September 2009 banyak dikunjungi costumer pada jam makan siang yang berasal dari kalangan karyawan dan pebisnis yang berkantor di sekitar area Sapo Garden. Mereka betah berlama-lama karena suasana ruangannya memang nyaman dan akrab. Tidak hanya itu, keluarga dan para ibu juga sering mengadakan pertemuan atau arisan di Sapo Garden.

Dari pengamatan Seputar Indonesia, sepanjang hari restoran ini tak pernah sepi pengunjung. Tamu terus berdatangan hingga jam tutup tiba. Insting Fitriani memang terbukti tajam. Meskipun belum sempat di-launching secara luas, Sapo Garden sudah mampu menuai decak kagum.

Dari segi desain, meski terbilang sederhana, penataan dekorasi dan interior Sapo Garden dibuat semenarik mungkin. Bangku-bangku dari kayu yang empuk dan besar mendominasi ruangan, serta lampion warna merah yang merupakan ciri khas China. Selain itu, di area dalam juga terdapat layar putih besar yang menayangkan acara televisi dan sajian musik.

Tak ketinggalan, terdapat hiasan tumbuhan hidup di sebagian dinding yang menambah segar seluruh ruangan. Meski tidak banyak, upaya Fitriani untuk mendukung kampanye "Go Green" ke dalam bisnis restorannya sudah tampak. Itu bisa dilihat dari buku menu, warna logo, serta seragam karyawannya yang menggunakan unsur hijau.

"Sekarang memang belum banyak tanaman hijaunya.Pelan-pelanlah. Saya kan harus memberi contoh kepada sesama teman di organisasi Kadin soal penghijauan. Syukur-syukur kalau sudah ada banyak teman yang memberikan keindahan tanaman hijau di setiap sudut usahanya," tutur penggemar meditasi itu, bersemangat.

Di tempat ini juga tersedia fasilitas Wi-Fi gratis serta peralatan proyektor bagi yang ingin melakukan presentasi. Kapasitas Sapo Garden bisa mencapai 100 orang. Untuk area dibedakan, yang di luar bagi yang merokok (smoking), sementara yang di dalam untuk pengunjung yang tidak merokok (non smoking).

Selain menyajikan menu sapo yang berasal dari China, restoran ini juga menyediakan masakan lain semisal dim sum, berbagai olahan mi, kwetiau, nasi, sup, sayuran, seafood, daging, ayam, dan bebek. Semua menu ditanggung lezat dan mengundang selera.

Dari segi pelayanan, Sapo Garden sangat mementingkan keramahan dan kecekatan para pegawainya. Fitriani menjanjikan pengunjung bakal merasa puas dengan senyum dan kehangatan staf di sini.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Kehangatan Sapo dan Hidangan Lain

Posted: 16 Jun 2010 01:18 AM PDT

DITILIK dari namanya, Sapo Garden memang mengunggulkan makanan sapo. Sapo atau claypot cooking adalah teknik memasak dengan panci keramik atau claypot (tanah liat) yang sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno, namun kini lebih populer di negara-negara Asia seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, China, Jepang, Korea, termasuk Indonesia.

Teknik memasak sapo membuat masakan menjadi lebih lezat karena bumbu meresap dan hangat lebih lama. Jadi, ciri khasnya selain rasa yang nikmat, juga kehangatan yang berasal dari claypot. Menurut pemilik Sapo Garden, Fitriani Hamzah, sapo di tempatnya memiliki banyak variasi menu.

"Variasi jenis sapo di sini banyak. Pengunjung bisa memilihnya sesuai kesukaan. Semua merupakan racikan dan buatan chef andal kami. Pokoknya tidak mengecewakan," ujar Fitriani.

Sapo yang bisa dipilih antara lain sapo tahu jepang, sapo tahu sze chuan, sapo tahu cakwe bakso udang, sapo sayur jamur, sapo tahu daging sapi, sapo brokoli, sapo ayam sze chuan, sapo kakap sze chuan, sapo bistik sapi ala Hong Kong, sapo cumi cabai hijau, dan sapo tahu seafood.

Yang jadi favorit di sini adalah sapo tahu seafood. Bagi Anda penggemar cumi, udang, ikan kakap, dan daun bawang yang dicampur dengan tofu alias tahu Jepang, pasti menyukai menu satu ini. Tofu-nya berasa gurih dan lembut di lidah. Campuran berbagai seafood yang segar dan bumbu pilihan membuat masakan ini layak digemari.

Tak hanya sapo, menu lain yang wajib dicoba adalah brokoli jamur, yaitu brokoli yang direbus dengan jamur hitam. Ada juga lidah sapi cabai rawit atau nasi goreng ikan asin. Tiga masakan tersebut merupakan menu khas Sapo Garden yang tidak akan ditemui di manamana.

"Rasanya khas dan unik. Wajib dicoba," imbuh Fitriani.

Untuk menu sarapan, Sapo Garden menyediakan bubur sapo. Rasanya bisa dipilih, di antaranya bubur polos, ayam, ikan, kepiting, bebek, dan seafood. Anda juga boleh menambah bahan additional, seperti cakwe, telur asin, kepiting stik, bakso, atau udang. Sementara menu dim sum ragamnya, antara lain hakau, kaki ayam tausi, bakpao ayam, somay, pangsit mayones, lumpia, dan ekkado. Dari daftar menu minuman, terdapat beragam jenis pelepas dahaga mulai jus, smoothies, kopi, teh, soda, dan milkshake.

Fitriani mengatakan, untuk mendukung langkah hidup sehat, beras yang dipakai di restorannya adalah beras organik, yang ditanam di tanah ramah lingkungan tanpa paparan pestisida sama sekali. Di masa mendatang, Fitriani bakal menerapkannya untuk semua bahan sayur dan buah-buahan.

"Kalau sekarang, sayur dan buah-buahan organik harganya masih terhitung mahal," katanya.

Berbicara harga, masakan di Sapo Garden tergolong terjangkau, berkisar antara Rp20.000– Rp50.000.Meski relatif murah, dari segi kualitas, masakan di sini bisa diandalkan. Apalagi dengan pelayanan yang maksimal, tentu saja Sapo Garden juaranya. Fitriani menargetkan bisa membuka sejumlah cabang di tempat lain pada tahun ini. Sekarang pihaknya tengah melakukan survei lokasi dan persiapan dana.

"Sudah ada rencana untuk membuka banyak cabang di tempat lain. Lokasinya masih dicari, kemungkinan di dalam mal yang baru buka. Target saya, tahun ini bisa buka dua (outlet) lagi. Pokoknya saya ingin usaha ini berkembang terus," tandasnya.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: