Selasa, 29 Juni 2010

“Tip Memanggang Kue” plus 3 more

“Tip Memanggang Kue” plus 3 more


Tip Memanggang Kue

Posted: 29 Jun 2010 02:40 AM PDT

MEMBUAT kue relatif tidak mudah, apalagi bagi pemula. Maka itu, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut agar bisa menghasilkan kue yang diinginkan.

Pilih telur

Telur yang dibutuhkan untuk resep-resep kue yang dipanggang biasanya yang berukuran sedang sampai besar. Namun, jika memakai telur yang berukuran terlalu besar, hanya akan membuat kue Anda mengempis ketika sudah dingin.

Alas kue

Lembaran-lembaran alas kue berwarna gelap baik sekali untuk memanggang kentang bakar atau daging panggang. Sementara, lembaran-lembaran alas kue yang berwarna terang akan membantu agar panggangan kue tidak cepat hangus terbakar.

Gunakan air dingin

Kue kering akan lebih terasa garing dan renyah bila adonannya diuleni dengan air dingin. Sebaliknya, bila menguleninya dengan air hangat, kue jenis ini akan gampang remuk.

Irisan kacang dan buah

Saat menambahkan irisan kacang, kenari, atau buah-buahan ke dalam adonan kue, masukkan terlebih dahulu ke dalam kantung terigu, kemudian kocoklah sampai merata. Kalau sudah terselimuti tepung, irisan kacang atau buah-buahan tadi akan menyatu secara sempurna dengan adonan kue, sebelum dipanggang.

Muffin

Cetakan muffin dapat diisi lebih cepat tanpa banyak adonan tercecer ke mana-mana kalau saja Anda menggunakan sendok khusus untuk es krim.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Modifikasi Masakan ala Kedai

Posted: 28 Jun 2010 02:10 AM PDT

KEDAI mengangkat masakan Indonesia sebagai hidangan yang dibanggakan. Namun, restoran ini punya cara tersendiri. Beberapa makanan tersebut dimodifikasi sehingga menghasilkan cita rasa yang unik.

Masakan Indonesia memang tidak pernah habisnya untuk dieksplor demi mendapatkan cita rasa yang baru. Itulah yang dilakukan oleh restoran Kedai yang bertempat di Jalan Benda Raya No 89,Kemang, Jakarta Selatan ini.

Ada-ada saja ide yang didapat restoran yang sudah berdiri dua tahun silam ini dalam mengolah makanannya. Ambil contoh ketoprak, makanan khas Betawi yang biasa untuk sarapan ini ternyata tampil berbeda. Bukan menggunakan kacang tanah namun kacang mede sebagai bumbunya. Terang saja rasanya lebih gurih.

Kedai juga memiliki aneka nasi goreng, lagi-lagi dengan olahan yang tidak biasa. Di antaranya nasi goreng jumat kliwon. Percaya deh, namanya tidak seseram rasanya, bahkan mantap. Nasi ini menggunakan cabai hijau besar sebagai bumbu dasarnya dan disajikan dengan teri medan serta kering tempe. Karena yang digunakan cabai besar, maka jangan khawatir rasanya akan "menggigit".

Yang paling khas adalah nasi panggang kebuli. Sebenarnya namanya saja nasi kebuli, padahal ini adalah nasi goreng biasa yang ditambahkan bacon, tuna, atau udang di bagian atasnya dan permukaannya ditutupi dengan keju. Nasi ini lantas dipanggang selama 15 menit dalam suhu 30ºC. Sebelumnya nasi ditempatkan pada sebuah piring tahan panas dan langsung dimasukkan ke dalam oven. Jadilah nasi ini garing dan sedikit asin dari keju yang juga turut dipanggang dan tak kalah crunchy-nya. Two thumbs up!

Masih seputar olahan nasi, ada nasi goreng rabu pahing. "Nasi ini menggunakan terasi dan udang, banyak di antara customer yang suka," kata Penanggung Jawab Kedai Ferizal.

Di tangan chef Kedai, tempe yang hanya makanan biasa dan tak istimewa, bisa naik kelas. Pasalnya, tempe ini disajikan sebagai bahan pengganti daging burger dalam menu yang bernama tempe burger.

Sebelumnya tempe dicampur dengan bumbu khusus lalu dipanggang dan dihidangkan di atas roti burger. Lengkap dengan saus bikinan sendiri dan dengan keripik kentang yang juga home made.

Tempe juga dijadikan sebagai sambal di sini, yakni sambal tempe buntel. Buntelannya tentu berisi sambal tempe yang pedas-pedas asam, lalu dipanggang dalam oven dan disajikan dengan nasi putih serta tumis kangkung.

Kedai juga terkenal akan bakwan malangnya. Menurut Feri, bakwannya sendiri langsung didatangkan dari Malang. Tapi benar lho, bakwannya besar, padat, dan gurih. Dagingnya sangat terasa.

Begitu pula siomaynya yang juga terasa ikan tenggirinya dan amat legit. Satu porsi cukup banyak, bisa untuk sharing. Keunikan juga ditampilkan pada nachos ala Kedai. Aslinya nachos menggunakan kentang, namun Kedai memakai kerupuk pangsit yang dituangi saus salsa.

Untuk minuman, Seputar Indonesia menyarankan the white trash. Es blend dengan serpihan biskuit Oreo, yang kental dengan rasa ice latte. Di atasnya diberi whipped cream, Astor, dan biji-biji kopi. Coba juga choc in chocolate alias minuman cokelat dengan es krim cokelat di atasnya. Teh tarik juga seru lho.
(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Variasi Cake Mini nan Menggoda

Posted: 28 Jun 2010 01:58 AM PDT

INGIN menikmati cake yang menyehatkan? Tak ada salahnya Anda mampir ke Takadeli Cake Boutique. Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, toko kue ini hadir dengan beberapa keistimewaan, seperti cita rasa cake yang berani diadu serta keragaman variasi produk dan tampilannya yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk mencoba.

Meski termasuk "pemain" baru di ranah kuliner Ibu Kota, Takadeli mempunyai modal yang kuat untuk terus maju. Sebab, toko kue ini sebelumnya sudah memiliki cabang di sejumlah daerah di Indonesia, antara lain Ambon, Batam, dan Pekanbaru.

Menurut founder sekaligus pemilik Takadeli, Kelvin, Jakarta adalah barometer bisnis dan gaya hidup orang Indonesia. Itu pula yang dipikirkan Kelvin saat ingin mendirikan cake shop ini di Ibu Kota. Dengan visi go national, pemilik Takadeli beranggapan bahwa menancapkan kuku di Jakarta merupakan sebuah keharusan.

"Kami tidak mau tanggung-tanggung untuk go national. Kami harus masuk Jakarta dulu dan sekali masuk Jakarta, berarti semuanya mesti bagus," kata Kelvin.

Karena itu, cake yang ditawarkan Takadeli tak boleh sekadar menarik dipandang dan lezat saat dimakan. Cake buatan toko ini juga harus cukup menyehatkan. Tak ayal, bahan-bahan yang digunakan mesti berbeda dari jenis bahan cake biasa. Menurut Kelvin, biasanya bahan cake menggunakan butter cream atau mentega putih. Namun, di Takadeli, cake menggunakan topping cream berbahan dasar susu cair sehingga produk yang dibuat lebih menyehatkan.

Menu yang patut Anda coba adalah yam cake. Cake yang dilapisi krim talas ala Takadeli ini cukup menggugah selera. Sementara, bagi para penggila durian, tidak boleh melewatkan kesempatan menyantap durian fresh cake yang dijamin mampu mengobati kerinduan Anda pada buah beraroma khas itu.

Takadeli juga menyediakan beberapa macam variasi cake mini buat para cake mania yang sekadar ingin memanjakan lidah tanpa perlu takut terlalu kenyang atau merasa enek. Saat ini cake yang tersedia ada 24 rasa yang dikemas ke dalam satu paket berlabel mini-mini cake (MMC). Adapun ke-24 cita rasa cake itu, antara lain chocolate truffle, pandan kaya, opera, orange cheese, mango cheese, prune bavarian, cappuccino green tea, fruit cake, dan tiramisu. MMC adalah cake mini dengan berbagai rasa yang dijual secara paket. Kemasan yang tersedia bisa pilih, yakni berisi 12 atau 24 buah.

"Ukurannya yang mini membuat orang tidak cepat merasa enek dan bosan dalam mengudapnya. Dengan harga Rp60.000 per kotak, Anda sudah mendapatkan 24 potong MMC yang terdiri atas 24 macam rasa," ujar Kelvin.

Variasi rasa yang beraneka ragam dan ukuran yang pas di mulut membuat MMC digemari sebagai camilan sehari-hari di rumah bersama keluarga, maupun disantap sambil nongkrong dengan orang-orang terdekat.

Selain MMC, Takadeli juga sudah menyiapkan strategi lain dengan menampilkan beberapa cake unggulan yang dinamai seasonal cake. Jenis cake ini khusus diluncurkan sesuai dengan ajang yang sedang dirayakan kebanyakan masyarakat, antara lain cake Idul Fitri, Christmas, Valentine, dan Imlek. Seasonal cake tentu bisa dijadikan alternative gift yang bergengsi bagi kerabat dan relasi.

Jangan lupa, bagi para penggila cake, ada promosi buy 1 get 1 free untuk produk mini cake selama masa promosi yang berakhir pada Juni 2010.(Koran SI/Koran SI/ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Indokocir

Posted: 27 Jun 2010 11:05 PM PDT

JIKA Anda penggemar mie kocok dengan kuah panas dari kaldu kaki sapi yang berasa lemaknya dan diberi toping potongan kikil kecil, resep berikut bisa menjadi alternatif pilihan.

Dengan rasa yang panas dan segar, indokocir mampu membuat lidah dan dahi berkeringat.

Bahan:

1 bungkus Indomie Rasa Soto Mie
50 gr udang jerbung, dipotong
50 gr tauge, diseduh
2 batang daun bawang, dipotong-potong
1 butir telur rebus
100 gr ayam rebus suwir
50 gr emping melinjo
1 sdm bawang goreng
250 ml santan kental dari ¼ butir kelapa
 
Cara Membuat:

1. Rebus Indomie Rasa Soto Mie dalam air mendidih sampai matang. Tiriskan.
2. Untuk kuahnya: rebus santan dan bumbu Indomie Rasa Soto sampai mendidih. Sisihkan.
3. Tata Indomie Rasa Soto Mie, taoge, daun bawang, dan ayam suwir dalam mangkuk.
4. Tuangkan kuah santan, telur, emping, dan bawang goreng. Sajikan.

(Resep kreasi Yati, Perum Bumi Cirebon Adipura, Pamengkang Mundu, Cirebon)(nsa)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: