Rabu, 14 Juli 2010

“Sambal Goreng Ikan Ekor Kuning” plus 3 more

“Sambal Goreng Ikan Ekor Kuning” plus 3 more


Sambal Goreng Ikan Ekor Kuning

Posted: 14 Jul 2010 03:59 AM PDT

BENTUK ikan ini memang tidak besar. Meski kecil, rasanya sangat renyah saat Anda menggorengnya. Untuk variasi lain menu ikan ekor kuning, cobalah mengolahnya dalam sajian sambal goreng.

Bahan:

1 ekor ikan kuning
1 bh tomat, potong jadi 4 bagian
5 bh cabai merah
3 bh bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
1 btg serai
6 btr kemiri
3 sdm air asam
Minyak goreng secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Bersihkan ikan ekor kuning, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis.

2. Panaskan minyak goreng. Goreng ikan hingga matang dan kering, angkat, sajikan.

3. Haluskan semua bumbu kecuali jahe, lengkuas, dan serai.

4. Panaskan 1 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ikan kakap, serai, lengkuas, jahe, dan air asam. Aduk rata.

5. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mendidih. Angkat. Sajikan.

Resep disarikan dari buku 25 Resep Sambal Goreng Ikan oleh Dapur Kirana
(ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Sambal Goreng Ikan Tuna

Posted: 14 Jul 2010 03:53 AM PDT

IKAN tuna memiliki kandungan yang sangat baik sebagai sumber protein bagi tubuh, juga kecerdasan otak. Mengolah ikan tuna tidaklah sulit. Tapi jika Anda butuh variasi menu berbahan ikan tuna, coba saja menu sambal goreng ikan tuna.

Bahan:

300 gr ikan tuna
2 bh cabai merah besar, iris serong
1 lbr daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
500 ml santan
2 bh cabai merah, haluskan
3 bh bawang putih, haluskan
¼ sdt terasi
½ sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara Membuat:

1. Goreng daging ikan tuna setengah matang, angkat, tiriskan.

2. Tumis cabai merah iris, bumbu halus, terasi, garam, gula pasir, daun salam, dan lengkuas hingga harum.

3. Masukkan daging ikan tuna. Tambahkan santan. Aduk hingga santan mendidih. Angkat. Sajikan.

Resep disarikan dari buku 25 Resep Sambal Goreng Ikan oleh Dapur Kirana
(ftr)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modifikasi Hidangan Tradisional

Posted: 14 Jul 2010 03:51 AM PDT


Nama Nasi Goreng Kemang mungkin sudah tidak asing lagi bagi anak muda, khususnya yang berdomisili di Jakarta Selatan. Restoran yang terletak di jalan Kemang Utara 1 No 5E ini memang sudah menjadi jaminan mutu untuk mengobati perut yang lapar atau sekadar nongkrong. Salah satu menu andalannya sudah pasti nasi goreng, tepatnya nasi goreng hijau. Meski bernama nasi goreng hijau, namun penampilan nasi goreng ini tidak terlalu kentara berwarna hijau.

Menariknya, nasi goreng disajikan bersama teri medan yang digoreng garing bersama kacang, juga ada ayam bakar kecap. Tambah mantap dengan kehadiran kerupuk udang dan acar. Pantas saja banyak orang yang balik kembali karena kelezatan nasi goreng ini. Selain nasi goreng ini, ada juga nasi goreng kampung, nasi goreng seafood Thailand, dan nasi bakar kemangi.

Olahan nasi bukan satu-satunya menu yang dijagokan tempat ini. Anda juga harus mencoba rawonnya. Keistimewaan rawon ini adalah alih-alih menggunakan daging, rawon ini malah menggunakan buntut dan banyak pengunjung yang suka. Daging buntutnya sendiri ketika dipotong tidak berpisah dengan tulang buntutnya.

Menurut Operational Manager Nasi Goreng Kemang Dody Hermawan, sebenarnya inilah daging buntut yang diolah dengan sempurna. "Saya masak cukup lama dengan api kecil, jadi dagingnya enggak lepas dari tulangnya, bumbunya juga lebih meresap," ungkap Dody.

Sepertinya menyantap rawon ini akan cukup mengenyangkan, selain semangkuk besar rawon juga disediakan telur asin, kerupuk udang, sambal, dan taoge pendek. Sedapnya…

Dody masih mempunyai menu lain yang juga telah melalui proses modifikasi, yakni tongseng. Terdengar biasa saja? Pikir lagi. Nah, bila biasanya iga sapi disajikan dengan dibakar atau untuk konro, di sini Anda dapat mencicipi iga sapi dalam tongseng. Wow kejutan yang baru bukan? Kuahnya sangat kental dengan berbagai bumbu yang menjadikan tongseng ini makin lezat. Uniknya lagi, tongseng tidak diberi tambahan kecap sehingga berwarna kuning bukannya kehitaman. "Tergantung selera, kalau mau pakai kecap bisa menambahkan sendiri," imbuh Dody.

Gagasan segar tersebut bukan hanya tercermin dari makanan saja, namun juga racikan minumannya. Coba saja fantastic four, mocktail dengan sirup stroberi di bagian bawah gelas, soda, dan blue coral. Aduk dulu sebelum diminum warnanya pun berubah, dari biru muda menjadi ungu. Yang segar lainnya ada Oreo coffee freeze, kepingan biskuit Oreo yang telah dihancurkan membuat minuman yang dicampur dengan sedikit kopi ini agak crunchy.

Ada pula minuman yang menyehatkan, green popeye. Minuman ini perpaduan mango smoothies dengan pok choy yang membuat warna minuman ini hijau. Tetapi rasa daun pok choy sendiri tidak berasa malahan, seperti meminum jus jambu. Penasaran? Coba saja sendiri.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memadu Menu Barat & Timur

Posted: 14 Jul 2010 03:44 AM PDT


Anda penggemar menu Western dan sekaligus hidangan khas Asia? Mungkin Excelsior Café and Restaurant bisa menjadi pilihan yang pas. Pasalnya, di kafe dan restoran yang satu Anda bisa menikmati keduanya. Resto ini memadukan dua unsur tema Timur dan Barat dalam satu tempat. Asyiknya lagi, kedua tema tersebut dihadirkan dalam nuansa yang elegan.

"Intinya sih kenyamanan di tempat elegan, karena kata excelsioritu memiliki arti elegan," tutur pemilik Excelsior Café and Restaurant, Anthony Kurniadi.

Gaya elegan yang merupakan perpaduan dua unsur, Timur dan Barat dimulai dari desain interior.
Elegan yang berarti juga pada kemewahan menjadi satu simbol dalam restoran yang sudah hadir sejak Desember 2009 ini.

Kesan elegan bisa dilihat dari tirai yang menjulang panjang bergaya Victoria yang menghiasi seluruh jendela dengan warna merah marun. Selain itu, langitlangit di bagian depan ruangan dibuat dengan aksen yang modern dan dihiasi dengan lampion-lampion plastik berwarna putih.

"Bahkan dari luar saja sudah terlihat unsur elegan yang kami letakkan dalam pemasangan tirai," ungkapnya.

Unsur Timur dan Barat memang sengaja dipisahkan di sini. Pada sisi kanan Excelsior Café and Restaurant menyajikan nuansa Timur. Sedangkan nuansa Barat bisa ditemui di sebelah kiri. Unsur Timur sangat kental didominasi nuansa oriental.

"Kami menyebutnya sebagai oriental dan Western area," jelasnya.

Adapun dominasi warna yang dipilih untuk bagian oriental ini adalah warna putih tulang lengkap dengan sajian makanan khas oriental. Uniknya, menu pada sajian oriental dipajang di atas dindingdinding dapur yang berkonsep open kitchen dengan pemandangan bebek yang tergantung di dalamnya. Menu-menu lengkap ditulis dengan menggunakan kapur berwarna-warni yang semakin menarik mata para pengunjung.

Dikatakan oleh Marketing Excelsior Café and Restaurant, Maya Sari Dewi, bahwa menu berbahan dasar bebek menjadi salah satu makanan yang difavoritkan di sini. Selain itu, menu oriental yang menjadi favorit adalah udang goreng telur asin, kwetiau siram seafood, dan sapi iris, paha ayam goreng ala Thailand yang khas dengan rasanya yang segar.

China memang khas dengan menu herbalnya. Nah, di sini menu herbal juga tidak ketinggalan untuk disajikan. Sebut saja ayam rebus obat China. Menu ini dipercaya sebagai menu yang cocok dipilih bagi mereka yang merasa sedang flu atau tidak enak badan. Kandungan herbal dalam menu tersebut membuat badan lebih fit.

Sementara di bagian Western area, yang terdapat di sebelah area bar tampak didominasi warna merah. Area dengan ruangan yang dilengkapi dengan foto-foto tempo dulu ini memang lebih memberi kesan santai. Lihat saja peletakan sofa di setiap sudut ruangan juga bangku-bangku taman yang terdapat di dalamnya.

Sesuai dengan areanya, menu ini juga menyajikan menu Western yang menggoda selera. Sebut saja lasagna, chicken wing ala Western dipadukan dengan saus barbeque, dan excelsior sirloin steak dengan daging yang bertekstur empuk.

"Selain sajian Western dan oriental, Excelsior Café and Restaurant juga menyajikan aneka bakeryyang semuanya home made dengan menu yang lengkap, seperti aneka cake yang dipajang di etalase bakery," jelas Maya.

Restoran yang berdiri di atas tanah seluas 1.000 m2 ini,memang memiliki area yang luas.Area tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu area kafe, restoran, lounge, function area, dan area outdoor. Area oriental menjadi area terbesar di ruangan ini. Secara keseluruhan, restoran ini memiliki total kapasitas hingga 500 orang jika menggunakan area belakang Excelsior Café and Restaurant.

"Saking luasnya, area Excelsior Café and Restaurant pernah dipakai untuk acara fashion show dari brand terkenal," tutur Maya.

Tertarik untuk merasakan gaya elegan dengan hidangan yang tidak perlu lagi dipertanyakan rasanya? Segera singgahi Excelsior Café and Restaurant. Dengan berkunjung ke satu tempat, maka Anda akan mendapat kepuasan menyantap hidangan ala barat dan timur.
(Koran SI/Koran SI/tty)


Five Filters featured article: Headshot - Propaganda, State Religion and the Attack On the Gaza Peace Flotilla. Available tools: PDF Newspaper, Full Text RSS, Term Extraction.



image

Tidak ada komentar: