Selasa, 07 September 2010

Khazanah Kuliner Melayu di Kedai Hulubalang pasti siip

Khazanah Kuliner Melayu di Kedai Hulubalang pasti siip


Khazanah Kuliner Melayu di Kedai Hulubalang

Posted: 06 Sep 2010 11:11 PM PDT

KEDAI Hulubalang berusaha mengembalikan kembali kejayaan kuliner Melayu yang mulai digerus zaman. Tentunya dibalut dengan cita rasa lebih modern dan harga yang tak menguras kantong.

Makanan Melayu sejatinya memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Namun, karena gempuran dunia Barat yang semakin menjadi-jadi di segala bidang, termasuk dunia kuliner, ragam hidangan seputaran negara Asia tersebut seperti ditinggalkan. Karena itu, perlu upaya lebih dari para pengelola tempat makan agar masakan Melayu tak semakin tenggelam.

Usaha kembali memopulerkan menu tradisional tersebut coba dilakukan oleh Kedai Hulubalang. Restoran yang baru membuka outlet pertamanya pada 17 Juli 2010 lalu di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan itu, menghadirkan beragam racikan menu-menu autentik asal Melayu dan negara Asia lainnya.

Meski begitu, olahannya tetap disesuaikan dengan cita rasa modern dan selera masyarakat yang terus berkembang.

"Restoran kami menyajikan menu masakan Melayu seperti dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan India. Kami memang berupaya memopulerkan kembali masakan dari Melayu agar dikenal masyarakat luas, tetapi disesuaikan dengan cita rasa masa kini," kata executive chef yang juga salah seorang pengelola Kedai Hulubalang, Chef Lucky.

Lucky yang telah lama bergelut di dunia kuliner Melayu dan Jepang mengaku ingin menjadikan Kedai Hulubalang sebagai tempat makan yang enak, nyaman, dan terjangkau dengan kantong.

Hulubalang berasal dari bahasa Melayu yang berarti 'prajurit'. Diharapkan, restoran ini menjadi yang terdepan di khazanah masakan Melayu, seperti seorang prajurit ketika di medan perang.

"Dengan porsi besar dan rasa yang nikmat, makan di Kedai Hulubalang juga tidak menguras dompet karena harganya sangat terjangkau," tuturnya.

Meski baru sekitar dua bulan beroperasi, restoran ini sudah mencuri hati penikmat kuliner. Itu tak terlepas dari kualitas menu yang tersaji,juga suasana tempatnya yang demikian cozy. Dengan rancangan desain interior minimalis bernuansa cokelat dan deretan kursi empuk, Kedai Hulubalang mudah menjelma menjadi tongkrongan baru pengunjung di Plaza Semanggi.

"Sehari rata-rata kami dikunjungi 150 orang tamu, dengan kapasitas kursi mencapai 90 orang. Kalau weekend atau hari libur bisa lebih banyak dari itu. Tamu bisa memilih ruangan yang di dalam yang boleh merokok, atau di luar ruangan dekat dengan jalur jalan pengunjung mal," sebut Lucky.

Biasanya, Lucky menyebutkan, para pengunjung Kedai Hulubalang mayoritas para mahasiswa dan karyawan kantor dari sekitar lokasi mal.Namun,pengunjung dari kalangan keluarga juga sering menikmati waktu makan bersama di sini, terutama pada Sabtu, Minggu, dan hari libur.

"Tetapi sebenarnya semua kalangan memang menjadi target pasar kami," katanya.

Pelayanan di sini juga dijamin cepat dan bersih. Lucky menegaskan, pengunjung di tempatnya tidak akan menunggu lama untuk menikmati hidangan yang telah dipilih.

"Yang pasti, untuk minuman akan kami keluarkan terlebih dahulu sembari menunggu. Baru setelah itu nasi, lalu lanjut masakan utama yang sudah dipesan," katanya.

Menu andalan di sini di antaranya nasi goreng belacan yaitu nasi goreng yang diberi bumbu sambal belacan atau yang dikenal juga dengan terasi.

Seperti kita tahu, terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan atau udang renik yang difermentasikan, berbentuk seperti pasta dan berwarna hitam dan cokelat, atau kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan.

Terasi memiliki bau yang tajam dan rasa yang gurih. Biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia. Dengan tambahan racikan udang, ayam, dan sayuran hijau, menu ini tergolong lengkap. Rasanya gurih dan nikmat, pantas saja menjadi menu favorit di Kedai Hulubalang.

Ada juga mee goreng India yang terbuat dari mi kuning besar yang diracik khas India yang berasa pedas dengan campuran cabai lebih banyak.

"Porsinya juga besar.Memang hampir semua menu kami dijual dengan porsi besar," kata Lucky.

Jangan lupa juga mencicipi udang gandum yaitu udang peci goreng dengan taburan sereal gandum atau oatmeal, yang biasanya di dunia Barat sering kali dijadikan sarapan bersama susu segar.

Tersedia juga di Kedai Hulubalang menu sapi masak mangga, yakni daging sapi jenis sirloin yang ditumis dengan bumbu khas Kedai Hulubalang. Tidak lupa tambahan irisan mangga muda segar yang membuat masakan ini menjadi lebih spesial.

Semua masakan di restoran ini dibanderol dengan harga sangat murah mulai Rp9.000 hingga Rp34.000. Sementara untuk dessert, tempat makan ini menyediakan menu semacam es campur istimewa, di antaranya es cendol penang, es kacang penang, cheng teng (campuran agar-agar, leci, ubi rebus, longan dengan sirup gula), dan es puter.

Untuk minuman, bisa dipilih teh tarik, air mineral, jus buah segar, es cappucino, susu cokelat, kopi susu, cola, es lemon tea, dan lain-lainnya.

Di Kedai Hulubalang juga terdapat Paket Hulubalang Combo berisi 2 telur setengah matang, 1 roti kaya dan bisa dipilih kopi atau teh. Dengan hanya Rp20.000, menu ini pas untuk menemani Anda nongkrong sambil bersenda gurau bersama teman kala sore hari.

Ada juga Paket Hulubalang Duo seharga Rp50.000 yang terdiri atas 1 ayam kung pao, 1 kacang panjang garing, 2 nasi putih, dan 2 es teh. Kedai Hulubalang buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.(Koran SI/Koran SI/nsa)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: "Peace Envoy" Blair Gets an Easy Ride in the Independent.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: