Kamis, 11 November 2010

Rasa & Bentuk Unik Mendoan di Festival Mendoan pasti siip

Rasa & Bentuk Unik Mendoan di Festival Mendoan pasti siip


Rasa & Bentuk Unik Mendoan di Festival Mendoan

Posted: 10 Nov 2010 11:36 PM PST

MENDOAN telah dikenal lama sebagai penganan khas Banyumas. Untuk meluaskan pencinta mendoan, pemerintah daerah setempat mengadakan festival mendoan hingga didapatkan rasa dan bentuk mendoan yang unik.

Peserta beradu kebolehan mengolah tempe kedelai menjadi mendoan yang unik. Agar suasana bertambah meriah, festival yang diselenggarakan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jawa Tengah tersebut diiringi musik calung banyumasan dan klotekan lesung.

Kriteria penilaian adalah mendoan harus berbentuk unik dan bercita rasa tinggi namun tidak meninggalkan rasa aslinya. Dengan kemampuannya, beberapa peserta membuat mendoan dalam bentuk geometri, seperti bulat, segitiga dan segiempat, serta bentuk mendoan gulung. Tak ketinggalan, bentuk mendoan bintang dan bentuk hati.

Untuk rasa, tak sedikit peserta membuat mendoan dengan aneka rasa seperti mendoan isi daging, isi sayuran, hingga isi rasa coklat. Bumbu-bumbu olahan disiapkan juga hiasan untuk pemanis tampilan mendoan saat sudah matang.

Salah satu peserta menuturkan, mendoan berbentuk geometri buatannya tak hanya nikmat disantap, tapi juga bisa menjadi alat pendidikan bagi anak-anak untuk mengenal bentuk.

"Bentuk geometri saya buat agar mendoan juga bisa dijadikan ajang belajar anak-anak untuk mengenal bentuk-bentuk geometri sambil makan mendoan," ujar Edwi Setyaningsih dan Eni Hidayati pada festival mendoan di Taman Pintar Lokawisata Baturaden, Banyumas, belum lama ini.

Festival mendoan sendiri dimaksudkan agar mendoan dapat lestari dengan inovasi bentuk dan rasa. Juga, makin memperkenalkan mendoan sebagai makanan khas Banyumas.

"Maksud dari acara ini adalah untuk mengembangkan pengenalan mendoan dalam inovasi bentuk dan rasa agar mendoan sebagai salah satu makanan khas asli banyumas lebih dikenal lagi," jelas Sudarsono selaku panitia festival mendoan.

Sederet hadiah dipersiapkan panitia bagi peserta yang berhasil membuat kresai mendoan terunik.(Saladin Ayyubi/Global/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: