Sabtu, 04 Desember 2010

Cita Rasa Autentik Kuliner Italia pasti siip

Cita Rasa Autentik Kuliner Italia pasti siip


Cita Rasa Autentik Kuliner Italia

Posted: 03 Dec 2010 09:05 PM PST

TAK hanya menyajikan beragam hidangan autentik Italia, A Tavola Italian Gourmet & Resto juga menjual bahan makanan asli sana. Tidak berlebihan jika tempat makan ini menyandang predikat sebagai satu-satunya under one roof Italian restaurant di Jakarta.

A Tavola Italian Gourmet & Resto yang berlokasi di Jalan Kemang Selatan Raya No 125, Jakarta, berdiri sejak April 2005. Meski berusia lebih dari lima tahun, restoran ini masih menjadi favorit pengunjung, terutama pencinta masakan Italia.

Nama A Tavola diambil dari bahasa Italia yang berarti sebuah meja. Atau bisa juga diterjemahkan secara lebih spesifik sebagai segala sesuatu yang dihidangkan di atas meja. Dengan pemilihan nama ini, bisa dibilang pihak restoran ingin menonjolkan dan memperkenalkan kebudayaan Italia, khususnya dalam hal kuliner kepada khalayak umum.

Diketahui, penduduk Italia menganut prinsip slow food philosophy soal makanan. Artinya, filosofi untuk menikmati makanan secara perlahan-lahan. Karena itu, kafe ataupun restoran di sana cenderung berukuran mungil. Maksudnya, agar setiap pengunjung bisa akrab satu sama lain dan nyaman untuk berlama-lama ada di tempat tersebut.

Menikmati makanan sambil bercengkerama dengan sahabat seraya ditemani iringan lagu Italia nan lembut dan romantis adalah ritual yang tidak bisa dilepaskan dari warga negara dengan ikon menara miring Pisa itu. Seperti juga A Tavola yang hanya berkapasitas tidak lebih dari 30 orang. Walaupun tergolong kecil, tempatnya tidak berasa sumpek, malah terkesan hangat. Sebuah kehangatan yang dipancarkan secara khas oleh orang-orang Italia.

"Meski kecil, tempat kami nyaman dengan pelayanan lebih kekeluargaan," kata pengelola A Tavola Italian Gourmet & Resto, Donny Dewanto.

Pengenalan budaya Italia juga terlihat dari desain ruangan restoran ini. Di dindingnya terpampang aneka lukisan art work yang menggambarkan ciri khas kota-kota di sana. Untuk tempat duduknya, A Tavola menggunakan bangku berbahan dasar rotan yang memberikan kesan santai dan teduh. Meski cita rasanya orisinal, menu di A Tavola ternyata cocok bagi lidah orang Asia. Karena itu, tidak heran jika restoran ini tak hanya dikunjungi ekspatriat warga Italia, tetapi juga turis mancanegara lain, termasuk orang Indonesia.

"Saat pertama kali dibuka, tamu yang datang memang banyak dari kalangan ekspatriat. Tapi, makin ke sini banyak juga warga negara lain dan orang Indonesia. Bisa dikatakan seimbang," ujar Donny.

Berbicara soal menu, Donny menjelaskan, ATavola menyajikan ragam hidangan autentik khas Italia, mulai makanan pembuka hingga penutup. Makanan yang sudah populer seperti pasta dan piza tersaji istimewa di sini. Salah satu unggulannya adalah tagliata di manzo. Ini adalah daging sirloin empuk yang dipotong tipis dan diberi bumbu Italian herbs, lalu dipanggang. Setelah setengah matang, kemudian daging dikeluarkan. Setelah itu dilumuri keju mozzarella dan jamur, dan dipanggang kembali.

"Kami menggunakan daging impor dengan kualitas terbaik. Satu lagi, dagingnya mengalami dua kali pemanggangan," imbuh Donny.

Bisa ditebak hasil akhirnya, daging berasa lembut dan lumer di mulut. Keju yang meleleh dan tambahan jamur di atasnya membuat masakan ini begitu spesial. Wajib dicoba.

"Di sini terdapat ravioli isi jamur, bayam, daging sapi, dan tuna," sebut Donny.

Yang paling digemari adalah ravioli con burro e salvia yaitu pasta ravioli berisi bayam dan ricotta cheese. Lalu disajikan dengan butter, grana padano cheese, juga sage, semacam bumbu khas Italia. Rasanya sungguh nikmat! Ada lagi spaghetti alla putanesca yang menggunakan campuran tomato sauce, buah capers, dan black olive.

Untuk piza, A Tavola menyediakan rasa pizza al pesto yang berisi daging ayam, tomat, paprika, daun basil, dan grana padano cheese. Untuk hidangan pembuka, Anda bisa memilih aneka jenis antipasti seperti bruschetta, salad, atau sup. Tersedia juga aneka cheese dan salame platters dengan variasi jenis sangat beragam berasal dari seantero Italia, yang bisa dinikmati bersama wine pilihan. Sebagai pelepas dahaga, restoran ini menyajikan beragam kopi, teh, fruit juice, dan lime squash.

Semua menu tersebut ditawarkan dengan harga cukup terjangkau berkisar antara Rp17.000-Rp180.000. A Tavola Italian Gourmet & Resto tidak hanya menyajikan hidangan lezat karena juga menjual beragam bahan makanan asli Italia yang paling lengkap, seperti daging salame, keju, olive oil, saus tomat, jamur,dan wine.

Bahkan, tiap kurun waktu tertentu, tempat ini juga mengadakan kegiatan cooking class. A Tavola buka setiap hari pukul 11.00–23.00 WIB. Namun, jam operasi ini bersifat fleksibel karena disesuaikan dengan ramai-tidaknya tamu. Fasilitas lain yang tersedia di sini di antaranya free Wi-Fi, area bebas merokok, serta free delivery untuk daerah Kemang dan sekitarnya.(Koran SI/Koran SI/ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured article: Beyond Hiroshima - The Non-Reporting of Falluja's Cancer Catastrophe.



image

Tidak ada komentar: