Rabu, 15 Desember 2010

“Laris Manis si Ikan Salai” plus 1 more

“Laris Manis si Ikan Salai” plus 1 more


Laris Manis si Ikan Salai

Posted: 15 Dec 2010 01:44 AM PST

IKAN salai merupakan salah satu kuliner populer di Sumatra Selatan (Sumsel). Saking enaknya, penganan tradisional ini mampu diolah menjadi beraneka ragam menu, mulai sambal hingga bubur, dari asam pedas sampai nasi goreng.

"Banyak menu masakan bisa dibuat dari ikan salai. Umumnya, orang Sumsel mengenal pindang ikan salai, asam-pedas salai, gulai salai, sambal ikan salai, sayur salai, dan banyak macam lagi," kata Ernawati, pengusaha ikan salai dari Muara Enim kepada okezone saat mengikuti festival kuliner di Plaza Benteng Kuto Besak, Palembang, belum lama.

Untuk membeli ikan basah, Erna butuh modal yang tak sedikit. Biasanya, ia membeli ikan basah dari nelayan setempat.

"Membeli ikan basah, kita butuh modal minimal antara Rp500 ribu-Rp10 juta. Kalau modalnya tidak besar, biasanya kita rugi sendiri. Lantaran membeli kayu bakar juga harus dihitung sebagai biaya produksi," ujarnya.

Proses membuat ikan salai dimulai dari menyiangi, kemudian isi perut ikan dikeluarkan, dibelah tapi tidak sampai terpotong dua, berlanjut ke pengasapan. Di bawah tempat pengasapan, kayu bakar telah disiapkan sembari menjaga nyala api supaya ikan yang diasap bisa kering sempurna.

"Membuat ikan salai perlu waktu dua hari dua malam untuk mengasapnya. Dari bahan 100 kilogram ikan basah, bisa jadi salai cuma sekira 25 kg," kata wirausahawan yang punya gerai penjualan ikan salai di Jalan Musi 2, Palembang ini.

Menurut Ernawati, banyak jenis ikan yang bisa diproses jadi ikan salai, seperti ikan gabus, seluang, baung, dan ikan lais. Satu paket ikan salai aneka rupa yang dibungkus dalam kemasan plastik seberat 0,25 kg dijualnya seharga Rp23 ribu.(ftr)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sajian Berbeda di Hari Istimewa

Posted: 14 Dec 2010 07:29 PM PST

NATAL segera tiba. Sajian istimewa akan terhidang di hari yang juga istimewa itu. Jika Anda bingung memilih menu untuk sajian Natal, mengapa tidak mencoba yang agak berbeda, yakni hidangan Italia?
 
Boleh jadi, Anda tak pernah berpikir untuk memasukkan santapan bergaya Italia ke dalam "daftar" menu Natal di rumah. Khusus tahun ini, mengapa tidak mencobanya? Menurut Executive Chef Pizza Marzano Endang Sunardi, Anda bisa kok menyiapkan sajian Natal dengan cita rasa Italia yang istimewa meski bahan yang digunakan sederhana dan mudah didapat. Ambil contoh, buat saja pizza seperti yang biasa terhidang di gerai Pizza Marzano. Di gerai tersebut, ada menu pizza bernama english breakfast. Ini termasuk menu reguler di outlet yang telah memiliki cabang di 16 negara.
 
Menurut Endang, english breakfast adalah menu yang cukup difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, menu ini pernah menjadi menu tiga besar terfavorit selama satu bulan di Pizza Marzano. Yang unik dari menu ini adalah "kehadiran" telur di tengah-tengah adonan berbentuk bulat itu. "Selain unik, adanya telur di tengah pizza menjadi alasan mengapa menu ini difavoritkan di sini," sebut Endang. Telur ayam harus dibuat secara utuh dengan tingkat kematangan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Boleh matang maupun setengah matang.
 
Adapun untuk tambahan topping lain, menu ini menggunakan jamur champignon, jamur portobello, beef bacon, dan yang pasti keju mozzarella. "Rata-rata pengunjung Pizza Marzano minta dimatangkan sehingga telur menyatu dengan pizza," ujar sang chef. Selain pizza, satu lagi makanan yang khas dari Italia, yakni pasta. Di Pizza Marzano, pasta dibuat beragam dan dengan rasa yang pasti disukai oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya fettuccini salmon. Di sini pasta yang digunakan adalah dry pasta yang diimpor dari Italia.
 
Sementara untuk pelengkap, pasta diolah bersama ikan salmon asap yang diimpor dari Norwegia, lalu dicampur dengan krim, asparagus, dan bawang bombai merah. Sementara, di kategori makanan penutup, khusus untuk menyambut Natal yang spesial kali ini, Pizza Marzano mengeluarkan hidangan bernama chocolate christmas pizza. Walaupun adonannya sama, pizza satu ini tidak bercita rasa asin, melainkan manis. Bentuknya juga tidak bulat, tapi oval atau setengah lingkaran. Topping yang digunakan yaitu walnut, dark chocolate block, chocolate cake atau brownies home made, stroberi, dan anggur.
 
"Cokelat blok yang ada di atasnya ditaburkan ketika adonan matang dan masih panas sehingga cokelat bisa dibiarkan meleleh dengan sendirinya," imbuh Endang. Selain itu, ada hidangan penutup berlabel apple tortino alla mode. Adonan pizza pada menu ini dilapisi apel yang bersauskan karamel dan coffee ice cream. Jadi, pada hari Natal nanti, Anda tidak harus meng-order cake lagi. Untuk menghilangkan kebosanan, Anda boleh mengganti cake dengan kreasi hidangan penutup dari Pizza Marzano tersebut.
 
Berkaitan dengan suka cita perayaan Natal, kali ini Pizza Marzano juga menciptakan menu andalan untuk akhir tahun. Dimulai dari starter, main course, hingga dessert, plus aneka minuman dengan cita rasa istimewa. Endang menyebutkan, menu pembuka yang bisa dinikmati, di antaranya tricolore bruschetta, yaitu bruschetta dengan topping sun-blushed tomato yang menggunakan balsamic dan olive oil, lalu diberi sentuhan akhir berupa fresh mozzarella dan pesto genovese. Semplice salad menjadi menu baru dari "kategori" salad yang menyajikan balsamic dan dressing madu, fresh mozzarella, bawang bombai merah, tomat cherry, dan ciabatta bread.
 
Dua kreasi pizza, yaitu sienese dan pollo pesto akan menambah semarak perayaan Natal Anda. Pollo pesto mengandung bahan baku ayam barbeque, mozzarella, dan pesto genovese sebagai sentuhan akhir di atas pizza. "Warna bahan yang digunakan untuk menciptakan pizza ini sungguh sarat nuansa Natal. Paduan warnanya putih, hijau, dan merah," sebut Endang.
 
Adapun sienese adalah pizza dengan paduan saus bechamel, mozzarella, mascarpone, grana padano, spinach, dan smoked chili powder. Kelembutan tekstur dan rasa yang creamy bakal Anda temukan pada menu ini sejak gigitan pertama.
 
Selain pizza, masih ada dua menu pasta yang diciptakan khusus untuk Natal kali ini, yaitu lasagna al forno dan little italia. "Menu baru dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru hadir sejak 22 November 2010 hingga pertengahan Januari 2011," timpal Asisten Marketing Manager Pizza Marzano Indonesia Enny Gunation.
(SINDO//tty)


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read our FAQ page at fivefilters.org/content-only/faq.php
Five Filters featured site: So, Why is Wikileaks a Good Thing Again?.



image

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: